Friday, January 16, 2009

DISIPLIN DAN DEDIKASI YANG TINGGI MENENTUKAN PRESTASI KERJA



DISIPLIN DAN DEDIKASI YANG TINGGI
MENENTUKAN PRESTASI KERJA
Oleh : Iwan Sumantri
Kemerdekaan bangsa Indonesia sudah 64 tahun, tetapi perjuangan untuk mengisi kemerdekaan harus tetap diteruskan. Perjuangan bangsa ini di wujudkan dengan melaksanakan pembangunan menyeluruh . terarah, terpadu dan berlangsung secera terus menerus sesuai dengan pola umum pembangunan jangka panjang yang dicanangkan dalam GBHN.
Program pembangunan tersebut pada dasarnya merupakan produk Orde Baru yang tidak bisa dipungkuri lagi bahwa pembangunan yang sedang berlangsung dan akan dilaksanakan berikutnya merupakan perwujudan hasil karya pemerintah Orde Baru.
Sesuai dengan tekadnya yang sungguh-sungguh telah berhasil menciptakan stabilitas nasional yang mantap dan dinamis yang sangat mendukung keberhasilan pembangunan, baik dibidang ekonomi maupun pemerintahan, sebagai upaya melaksanakan pembangunan dalam mengisi kemerdekaan melalui tahapan pembangunan yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan.
Dengan demikian kita sebagai bangsa yang berbudi luhur dan berkepribadian, sudah sepantasnya menghargai dan merasa memiliki hasil-hasil pembangunan yang telah kita capai dalam pembangunan ini. Menghargai dan merasa memiliki hasil pembangunan berarti kita harus menerima dengan sikap yang positif tidak melakukan peruksakan terhadap hasil-hasil pembangunan, memelihara dan menerima pembaharuan-pembaharuan yang dilaksanakan pemerintah saai ini, sehingga kita dapat menikmati dan merasakan hasil serta berpartisipasi serta turut memelihara hasil pembangunan.
Salah satu upaya serta turut serta memelihara hasil pembangunan adalah dengan disiplin dan dedikasi yang tinggi pada bidang kerja yang kita geluti, sehingga dengan disiplin dan dedikasi yang tinggi akan menentukan prestasi kerja yang kita lakukan.
Sikap disiplin yang baik dapat mendukung kegiatan pengawasan peraturan dan keamanan. Disiplin berarti hukuman bagi yang melanggar tata tertib. Maka dari itu dengan melaksanakan disiplin dan dedikasi seorang pegawai dapat melatih dirinya, dapat mendidik dirinya, untuk mentaati peraturan-peraturan.
Dengan mentaati peraturan-peraturan yang bersangkutan, dapat meningkatkan produktifitas kerja secara lebih efektif dan efesien. Dengan melaksanakan disiplin dan dedikasi yang tinggi berarti para pegawai dapat menjamin kelangsungan hidup dan kelancaran tata kerja. Apabila semua pegawai dapat menerapkan disiplin dan dedikasi yang tinggi dalam kerja, sudah barang tentu dapat memantapkan disiplin keberhasilan didalam produktifitas kerja sehingga akan lahir dan menentukan prestasi kerja.
Dari penjelasan uraian diatas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa disiplin dan dedikasi adalah ketaatan dan kesetiaan di dalam melaksanakan tugas dan kewajiban pekerjaan yang dibebankan kepada para pegawai.
Disiplin dan dedikasi bagi para pegawai mempunyai makna mengajak untuk melakukan kebiasaan yang baik, melalui penanaman berdasarkan kesadaran diri tanpa adanya suatu paksaan. Para pegawai yang melaksanakan disiplin dan dedikasi kerja yang baik, itu tandanya sudah mempunyai kesadaran dan keyakinan akan berusaha meningkatkan efesiensi dan efektif serta produktifitas kerja.
Seperti kita ketahui bahwa disiplin dan dedikasi yang baik itu adalah yang tumbuh dari rasa kesadaran diri sendiri. Sedangkan disiplin dan dedikasi yang dipaksakan dan merasa terpaksa, malahan akan menimbulkan disiplin mati, disiplin kaku. Jika seorang pegawai menjalankan disiplin dan dedikasi secara mati atau kaku, berarti akan menurunkan semangat kerja, karena dirinya merasa terpaksa serta mustahil akan melahirkan prestasi kerja. Adapun konsep dasar disiplin dan dedikasi yang tinggi antara lain adalah menyiapkan suasana kerja yang menyenangkan agar disiplin dan dediikasi dapat dikembangkan.
Dengan adanya suasana kerja yang menyenangkan berarti seorang pimpinan dapat mengambil tindakan terhadap pegawai yang melanggar peraturan disiplin.
Sikap kesediaan para pegawai untuk mentaati disiplin dan dedikasi yang tinggi pada pekerjaan perlu dibina terus menerus. Semangat kerja pada pegawai harus tumbuh dengan baik. Begitu pula pengembangan kepribadian, penghargaan,peningkatan karier dan penciptaan suasana lingkungan kerja perlu dikembangkan dengan baik. Disiplin dan dedikasi yang tinggi dari para pegawai akan tumbuh dengan baik, karena banyak dipengaruhi oleh lingkungan, tempat bekerja serta hubungan yang harmonis baik antara pegawai dengan pegawai maupun dengan atasannya.
Konsep disiplin dan dedikasi akan tertanam dengan baik, kalau para pegawai yang bekerja di lingkungan kantor mau menghargai setiap usaha yang dijalankannya. Dengan demikian semua konsep disiplin dan dedikasi akan dijalannya dengan dasar adanya hormat-menghormati, saling menghargai setiap usaha yang dijalankannya, bahkan bantu-membantu yang berhubungan dengan masalah pekerjaan, sehingga dengan disiplin dan dedikasi yang tinggi menentukan prestasi kerja seseorang dibidangnnya.

No comments: