Friday, January 23, 2009

TIP UNTUK SISWA DAN GURU


TIP MENGHADAPI UJIAN NASIONAL 2009
Oleh : Iwan Sumantri, S.Pd
Kenaikan standar nilai minimal Ujian Nasional diharapkan menjadi langkah awal peningkatan mutu pendidikan dibutuhkan strategi dalam menghadapi UN.
Untuk itu berbagai persiapan perlu dilakukan guna mempersiapkan siswa menghadapi UN, baik oleh guru maupun oleh siswa. Berikut ini penulis mencoba merekomendasikan TIGA hal yang mesti dipersiapkan siswa agar mereka tidak hanya mampu mencapai nilai rata-rata 5,50 yang disyaratkan sebagai penentu kelulusan tetapi juga mampu meraih nilai di atas itu.
Ketiga rekomendasi itu adalah sebagai berikut:
PERTAMA:
Persiapan materi pelajaran yang diujikan. Menguasai materi pelajaran yang diujikan merupakan syarat penting bagi setiap siswa agar mendapatkan nilai yang tinggi.
KEDUA:
Persiapan fisik. Kesehatan seseorang sangat mempengaruhi kualitas kerja/Aktifitas.
Siswa yang sehat akan dapat mengerjakan UN dengan lebih baik.
KETIGA:
Persiapan Psikologis. Persiapan psikologis yang harus dilakukan adalah berdoa (tawakal), menghindari konflik, menumbuhkan percaya diri, dan sitra positif. Diperlukan juga kesaradan bahwa setiap manusia mempunyai kekuatan dan kelemahan, karena hal tersebut dapat membantu mengurangi ketegangan.
Sedangkan guru harus dapat mengelola proses belajar mengajar (PBM) yang menyenangkan bagi siswa sehingga siswa menjadi termotivasi untuk mendalami materi pelajaran. Guru memfasilitasi siswa dalam memahami dan memaknai materi pelajaran yang didapatkannya. Dengan demikian persiapan guru adalah membantu siswa dalam persiapan materi dan persiapan psikologis untuk memahami UN.

No comments: