Thursday, March 12, 2009

PUTARAN AKHIR PKM DEPOK 1


Akhir PKM Depok 1 Yang Menyenangkan dan Sekaligus Menyedihkan ! Oleh: Iwan Sumantri, S.Pd

Usai sudah kegiatan PKM Kelompok kami DEPOK 1. Dari 3 putaran PKM yang sudah kami lakukan, Kamis, 12 Maret 2009 adalah hari terakhir kelompok kami melakukan PKM lewat Lesson Study. Masing-masing anggota ( Pak Karso, Pak Agus Achmad, Pak Imam, Pah Ahmad Agus S ) sudah menempuh 3 kali putaran mulai dari PLAN, DO dan SEE. Khusus untuk penulis kegiatan akhir untuk implementasi RPP dan observasi serta Refleksi hari Rabu, 11 Maret 2009. Implementasi RPP dan Observasi penulis dilaksanakan dikelas 9A dengan materi pelajaran SEGI EMPAT dengan model pembelajaran type JIGSAW. Banyak hal yang penulis dapatkan dari implementasi dan observasi tersebut. Sesuai dengan RPP yang penulis buat kegiatan KBM berjalan dengan lancar sesuai dengan skenario pembelajaran yang dibuat, hanya dalam hal pengaturan waktu yang masih perlu diperhatikan. Dan yang paling berkesan untuk penulis pada pertemuan ketiga tersebut, penulis mencoba melakukan observasi melalui peserta didik dengan meminta komentar-komentar mereka sekitar pembelajaran yang sudah penulis lakukan untuk peningkatan pembelajaran berikutnya, dan inilah uangkapan tulus anak-anak 9a sekitar PBM yang penulis lakukan, yang menurut penulis sangat bermanfaat dan berharga sekali dan juga mungkin buat anggota kelompok kami DEPOk 1.

Inilah Komentar Tulus Anak-anak 9A yang bisa penulis rangkum tanpa ada sensor :

* Semoga lebih baik dalam mengajar, semoga sampai di rumah dengan selamat!

* Bapak Menyenangkan!

* Enak belajar sama bapak, matematika jadi menyenangkan, cara mengajarnya beda!

* Belajar dengan bapak menyenangkan, tapi materinya itu-itu aja Bosan BOS! Kapan ke Jogja lagi?

* Selama bapak mengajar, saya sangat senang sekaligus dapat menambah pengalaman. metode yang digunakan oleh bapak b'beda dg metode yg digunakan oleh guru-guru yg lain. Tp saya sangat berterima kasih bisa dijarin bapak 3 kali. Semoga Bapak tetap sukses dalam berkarir.Good Luck.... Love Mathemathiic..

* Menyenangkan, lucu, mudah menangkap pelajaran, Semoga lebih sukses

* Asik siih, soalnya cara belajarnya lebih sru dan unik begitu deh. Kadang-kadang saya merasa tambah bingung karena tak biasa dengan metode yang biasa. Makin kreatif Pak! "men ora garing" doakan kami anak-anak depsa (yg rame-nya pol) spy lulus dg nilai yang apik. semoga sukses!!

* Asik ngajarnya, tapi cerewet!

* Ngajarnya menyenangkan juga sambil humor!! Tapi jangan mudah marah kalau murid pada rame

* Asyik kalao nagjarnya, tapi kalo bisa misal ngasih soal sama anak2 waktunya jangan sedikit

* Saya sangat setuju dengan metode pembelajaran bapak, karena metode diskusi seperti itu belum pernah ada di sekolah kami.

* Pak tuh kalau ngajar enak... truz juga seru... kalau ngajar jangan cepet-cepet pak! kalo ke jogja lagi jangan lupa kesini

* Enak dan menyenangkan! kalu ke Jogja jangan lupa bawa Ping-ping dari bandung

* Bagus pak cara mengajarinya, lebih enak praktek daripada teori!

* Pelajarannya mudah, dan menyenangkan, tetapi kalau ngajar jangan cepat-cepat, nanti ada yg tidak bisa mengikuti

* Belajar dengan bapak saya mendapatkan hal yang belum saya dapatkan sebelumnya, sekarang menjadi paham. Kalau memberikan tugas jangan dengan waktu yang sedikit atau minimal

* Bapak ngajar baik dan jelas. Kekurangannya adalah waktu saat mengerjakan LKS terlalu cepat dan alat peraganya lebih canggih lagi. Saya menyarankan supaya pake Laptop dan peke OHP!

* Menurut saya diajar dg bapak itu menyenangkan dan lumayan seru!

* Kalau bapak sedang mengajar diusahakan lebih tegas lagi!

* materi yg dijelaskan dapat diterima dan cukup jelas, menarik karena diselingi permainan. Waktu untuk tes terlalu singkat, usahakan pembagian waktu antara penjelasan/pendahuluan materi dengan tes diseimbangkan dan disesuaikan

* Kesan saya selama diajari bapak Ajaib. soalnya mentode ngajarnya beda, ada aja yang baru. Kerja kelompoknya juga gak gitu-gitu aja... Super deh! Orangnya juga, beuh... baik bangte. Gak marah-marah, gak bikin bosan, soalnya gak cuma dijelasin, trz ngerjain soal mpe'pusing.... sambil maen kartu gitu Plus ada hadiahnya lagi. Jangan kapok datang kesini ya??? terusin cara ngajar bapak, yang aneh bgt, tapi seru... and besok klau datang ajarin bahas sunda sana, sekalian bawa oleh-oleh makanan dari jawa barat!

* Saya rasa metode mengajarnya santa menyenangkan, pokoknya sae atuh... membuat anak-anak 9a ngerti tentang materi yang dijarkan, oiia saya ucapkan terima kasih ... sudah memberi cara pengajaran yang fresh...

* Selama 3 hari diajar sama bapak, rasanya cukup menyenangkan. Tidak terlalu membosankan, santai tapi serius jadi siswa2 9a tidak terlalu tegang, juga kreatif dalam membuat permainan yang berhubungan dg matematika. semoga dapat mengajar lebih baik dan dapat memperoleh p[restasi selama mengajar, dan semoga menjadi contoh yang baik dan menginpirasi siswanya untuk belajar lebih giat lagi sehingga dapat menjadi siswa yg berprestasi juga?

* Cara mengajarnya sangat baik, dengan menggunakan diskusi-diskusi agar murid-muridnya aktif. Cara mengajarnya juga menyenangkan dan tidak terlalu tegang, tetapi menurut saya waktu yg diberikan terutama dalam mengerjakan tugas individu terlalu sedikit, sehingga terkesan tergesa-gesa dan tidak dapat mengerjakan dg baik, sebaiknya lebih diatur dengn baik lagi

* Cara mnengajarnya dan metode pembelajarannya sangat baik,..... bapak itu seru,...lucu, agak sedikit cerewet, tapi tetetp seru ....!

* Bapak orangnya baik, dlm mengajar juga asik, karena menggunkanan alat perga dalam mengajar, berbeda dgn guru-guru yang lain. Bapak bisa membuat pelajaran matematika menjadi tidak membosankan, bapak orangnya juga lucu....jangan lupa doakan kami semua lulus 100%

* Dengan metode pembelajaran sep[ertyi ini pelajaran menjadi tidak menegangkan, menjadi lebih santai dan asik, sehingga matematika yang dianggap sulit menjadi lebih mudah

* Bapak itu ngajarnya asik, metodenya seru abiiezz...apalagi kalu ngomongnya pakai logat2x batak! aneh tapi lucu!

* Enak diajak bercanda, tapi kadang-kadang juga tegas. Enak kok... sukses terus ya...!

* kalau ngajarnya asik, enak. Kalau bisa ngajarnya juga pakai bahasa sunda biar kita-kita tahu bahasa sunda

* Selama bapak mengajar di 9A, banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan. Cara mengajar bapak dengan alat peraga sangat memudahkan saya untuk lebih memahami dan mengerti lagi tentang metode matematika yang rumit. selain itu cara mengajar dengan permainan dan diskusi bisa mengurangi kebosanan dalam pelajaran matematika, dan itu sangat mengasyikannn...!

* Sii... bapak teh...asiik pisan eeuuyyy..... sukses buat bapak

Itulah lah ungkapan tulus anak-anak kita, yang bisa jadi bahan masukan yang berharga buat kita, khususnya penulis . Ternyata anak kita haus akan hal-hal yang baru, yang inovatif yang mengajak pada kita agar kita dalam mengajar tidak MONOTON... Tradisional.....

Terimakasih anak-anakku khususnya siswa kelas 9A, kalian telah memberikan masukan yang berharga buat penulis, semoga ungkapan tulus kalian menjadi motivator penulis (Bapak) untuk bisa lebih baik dari hari-hari di SMP Negeri 1 Depok. Doa Penulis (Bapak) semoga kalian semuanya LULUS 100% di UN 2009 nanti dengan nilai yang memuaskan !!! Sukses selalu !

7 comments:

Achmad Agus S, S.Pd. said...

Pak iwan kreatif juga ternyata. hidup PKM depok 1

IWAN SUMANTRI said...

Makasih pak Agus,ini berkat kerjasama kelompok Depok 1,kita manfaatkan blog ini untk ajang b3rbagi ilmu

Euis Kurniawati said...

Alhamdulillah kami di Depok 5 juga sudah selesai melaksanakan PKM putaran ke-3 hari Kamis 12 Maret kemarin. Tapi belum sempat saya postkan, saya lagi males nulis nih pak Iwan. Lagi ngumpulin semangat dulu, he...he...

Mulyati said...

Wah ternyata ungkapan polos dari anak-anak nambah semangat kita ya pak

Sairan said...

Kang, aku kangn ne! gimana se tadi siang ga datang !
Senyummu adalah pelangiku
Tangismu adalah mata airku
dan seterusnya ...
Salam tuk keluarga ya!!!!

IWAN SUMANTRI said...

Bu Euis, Bu Mul, Pak Sairan makasih atas komentarnya, buat bu euis ayo bu semangat lagi biar kita ngeblog lagi, buat bu Mul mana cerita bersambungnya, Mas Sairan makasih atas kekangenannya, ayo semangat lagi ngeblognya !!!

Achmad Agus S, S.Pd. said...

Ok pak iwan selamat ngeblog juga. met ketemu selasa mendatang.