Monday, August 16, 2010

SEBAIKNYA ANDA TAHU

PECAHAN

Oleh : Iwan Sumantri (Ensiklopedia Matematika dan Peradaban Dunia)
Pecahan biasa kita temukan dalam Matematika,sains, dan alam. Pecahan telah digunakan sejak jaman Mesir Kuno. Pada tahun 1202 seorang ahli Matematika Italia, Fibonacci, menjelaskan sebuah sistem bilangan pecahan yang rumit untuk digunakan dalam perubahan mata uang. Ia juga menciptakan tabel-tabel konversi dari mulai pecahan-pecahan biasa, seperti 3/8 sampai dengan pecahan yang pembilangnya selalu 1 seperti 1/8. Pecahan-pecahan desimal , sepersepuluh, seperseratus, dan seperseribu, menjadi hal yang biasa digunakan, hanya setelah Simon Steven (1548-1620), seorang ahli matematika asal Bruges,Belgia, menerbitkan karyanya yang berjudul De Thiende (The Tenth) pada tahun 1585, dan koma desimal muncul belakangan. Sejak itu penggunaan desimal menjadi tersebar luas dalam matematika dan dalam kehidupan sehari-hari, sementara perhitungan-perhitungan dengan pecahan-pecahan biasanya berkurang secara drastis.

Persoalan !
Coba tuliskan pecahan-pecahan lainnya yang sama dengan 1/2, dengan menggunakan semua angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9 ( Contoh jawabannya adalah 6729/13458, setidaknya ada enam jawaban yang mungkin)
Coba permainan tersebut sekali lagi, kali ini gunakan angka-angka tadi untuk mencari pecahan-pecahan yang sama dengan 1/7) Selamat MENCOBA !!!

No comments: