Wednesday, October 6, 2010

SEBAIKNYA SISWA TAHU

Apakah FLOW itu?
Oleh: Iwan Sumantri ( Sumber: Active Learning)

FLOW adalah keadaan sadar yang didalamnya seseorang bisa betul-betul terbenam dalam sebuah aktivitas secara total melibatkan seluruh panca indra sehingga dia tidak merasakan waktu berlalu.
Untuk dapat merasakan FLOW seseorang harus mencurahkan energi mental dan emonsional tambahan. Kehidupanan yang dipenuhi dengan pengalaman FLOW yang menarik akan jauh berharga daripada kehidupan yang dihabiskan untuk menikmati kesenangan secara pasif.

Tujuan jangka panjang bagi siswa yang mengerti FLOW adalah mereka berkesempatan besar memenuhi semangat yang bisa mengarahkan mereka untuk mengusahakan tercapainya tujuan dan cita-cita . Siswa yang mengalami FLOW akan sanggup belajar sepanjang masa dan lebih mau mengambil kesempatan, teguh dalam menghadapi tantangan,sanggup mentasai ketakutan,kekhawatiran dan kesulitan. Dengan memanfaatkan kekuatan FLOW yang mereka miliki, siswa akan mampu menikmati kehidupan pribadi penuh dengan kecerdasan

FLOW bisa lebih mudah terealisasi manakala siswa mengalami kesenangan serius (serious fun). Pembelajaran aktif yang menekankan pada "kesenangan serius" dapat membantu siswa memusatkan perhatian, meningkatkan kesenangan belajar dan mampu mengatur suasana agar pengalaman FLOW tetap terjadi.

5 comments:

dinar said...

Pak...coba artikel yang lainnya

yosepa said...

Pak ini tugas saya halaman ...

Agum said...

Pak agum udah punya blog gimana menurut bapa?

arief muhammad r kls 9a.. said...

pak assalammualaikum pak. ini tugas halaman lks 47-49 tentang (peluang) mudah mudahan betul semua.......
1.a 11.b 21.
2.b 12.b 22.
3.b 13.d 23.
4.d 14.c 24.
5.d 15.a 25.
6.b 16.a
7.d 17.c
8.d 18.d
9.c 19.c
10.a 20.a

pak no 21 22 23 24 25 belum selesailain kali.

Regina Leila Ajni said...

TUGAS
UJI KOMPETENSI 3 Hal.38-39
1. C 11. C 21. 290 Orang
2. C 12. C 22. B
3. B 13. B 23. A
4. A 14. B 24. B
5. A 15. B 25. A
6. B 16. D
7. D 17. D
8. D 18. A
9. C 19. A
10.B 20. C

LEMBAR KERJA SISWA 1 Hal.42

1. a. Pengambilan nomor undian
b. Munculnya nomor 00141
2. a. 0,16
b. 75
3. a. 0,4
b. 0,6
4. a. 0,3
b. 0,5
5. a. 0,07
b. 0,5

UJI KOMPETENSI 4 BAG.II

1. Muncul Angka & Gambar
2. Mengambil sebuah motor
3. 44/80
4. 1/3
6. A,A,A,G,G,A,G,G
8. 3/6 , 1 , 4 , 6
9. 1 Kali