Saturday, February 26, 2011

MENDIKNAS KE SMPN 3 CIBADAK

 KUNJUNGAN MENDIKNAS BAPAK M.NUH KE S3 CITA IDOLA
Oleh : Iwan Sumantri, S.Pd

Disela-sela Kegiatan Belajar Mengajar, tanpa di kabari sebelumnya,Sekolah Kami SMPN 3 Cibadak, pada hari Sabtu, 26 Pebruari 2011 pukul 12.30 sd 14.00 kedatangan Pak Menteri Pendidikan Nasional RI Bapak Muhammad Nuh. Bisa dibayangkan situasi dan kegembiraan Sekolah Kami kedatangan seorang Menteri di tengah-tengah sekolah yang baru lahir tahun 1999. 
Dalam Kunjungannya Pak Menteri langsung berdialog dengan anak-anak S3 Cita Idola. Beliau banyak tanya jawab dan berdialog langsung terutama dengan siswa-siswi kelas 9. Beliau menanyakan sekitar kesiapan anak-anak di UN 2011. Dengan gaya kebapaan beliau bertanya kepada siswa sekitar nama siswa, pekerjaan orang tua, cita-cita setelah lulus UN. Bisa dibayangkan seorang siswa di tanya oleh seorang menteri yang spontanitas. Mereka terasa mimpi bisa berdialog dengan Pak Menteri.

Diakhir dialog pak Menteri memberikan 3 tips untuk jadi anak sukses, yaitu :
1. Berbakti pada Orang tua
2. Rajin Shalat Malam
3. Selalu Belajar
Setelah berdialog dengan para siswa kelas 9, Pak Menteri juga berdialog dengan Bapak/Ibu Guru SMPN 3 Cibadak. Beliau menanyakan bagaimana kesiapan menjelang UN, sekitar sertifikasi,dan hal lain yang ada hubungannya dengan pendidikan.
Beliau juga sempat melihat fasilitas yang di miliki oleh SMPN 3 Cibadak seperti Lab Komputer, Ruang Fitnes, dan shalat dhuhur berjamaah di Mesjid baru SMPN 3 Cibadak yang dibangun dari hasil Infaq dan Sadaqoh keluarga besar SMPN 3 Cibadak.
Banyak hal yang bisa diambil hikmah dari kedatangan Pak Menteri tersebut, diantaranya:
  • 1. Mendiknas ternyata mau berkunjung ke daerah-daerah tanpa protokoler, apa adanya, sehingga tak mensusahkan sekolah yang dikunjunginya
  • 2. Pak Mendiknas benar-benar bermasyarakat dengan para siswa dan guru-guru yang ada di sekolah. Sosok Pejabat yang peduli pada yang dibawah
  • 3. Mau mendengar dan melihat sekolah di daerah secara langsung tanpa ABS
  • 4. Jadi Tauladan buat para pejabat lainnya, terutama buat anak-anak sang generasi penerus
  • 5. Mau menerima langsung masukan dan saran dari bawah secara langsung
  • 6. Benar-benar menjalankan ajaran Ki Hajar Dewantara, Ing ngarso Sung Tulado, Ing Madya Mangun Karsa, Tutwuri Handayani

Demikian sekilas tentang kedatangan Pak Mendiknas yang mendadak dan mengejutkan kami semua. Terimakasih Pak Menteri, mudah-mudahan kunjungan Bapak membawa semangat dan motivasi kami di dunia pendidikan.
Pak Menteri sedang dialog dengan salah seorang siswa

Bertanya pada seorang siswi tentang cita-cita

Dialog penuh keakraban sang menteri

Pak Menteri sedang memberikan arahan pada siswa kelas 9

Mengisi Buku Tamu

Di Ruang Kepsek, ramah tamah dengan guru-guru s3 cita idola


Pak Menteri Sedang ngmabil air wudhu

Sedang Dialog dengan Kepala Sekolah

Foto bareng Pak menteri dekat mobil RI 13

Saat keluar dai Mesjid S3 Cita Idola

Saat dialog dengan para guru, penuh kekelurgaan

No comments: