Thursday, October 13, 2011

GURU "GO BLOG"?



Guru “GO BLOG” ? 
Oleh : Iwan Sumantri, S.Pd  ( Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)
                       
Rasa-rasanya jika guru tak mengenal ICT/TIK atau Internet, kita akan menjadi guru yang tertinggal dan “JADUL”. Coba bayangkan anak-anak kita sudah jauh mengenal dan mampu ber TIK/ICT lewat dunia maya. Kita Guru….email aja tak punya, FB…apa itu FB? Twitter apa lagi? (Bahan renungan untuk GURU !)
Mari Mulai Sekarang kita Jadi Guru “GO BLOG”. Berikut sedikit pengetahuan untuk guru ber”go blog” “
Bagi guru yang gemar mencari informasi di internet tak ada salahnya sekarang mulai belajar membuat blog. 




Dengan membuat dan memiliki blog kini guru tidak sekedar mencari informasi tapi juga bisa berbagi informasi dengan pengguma internet lain yang mencari informasi di internet. Dan asyiknya lagi ternyata memiliki blog banyak manfaatnya selain untuk media sharing informasi pemilik blog juga bisa mencari uang sampingan dari blog yang di milikinya. Membuat blog relatif mudah untuk di pelajari bahkan untuk orang yang tidak mengerti bahasa pemograman sekalipun dan hanya dengan 3 langkah yang sangat mudah siapapun bisa membuat dan memiliki blog. Jadi tunggu apa lagi mari Guru “Go Blog”.
Guru “Go Blog”, Ya…seharusnya Guru di abad kemajuan teknologi ini sudah “Go Blog”. Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah web portal bagi perusahaan (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog).
Blog bisa juga di jadikan media pembelajaran, seperti hal nya yang penulis lakukan dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Penulis manfaatkan kemampuan peserta didik yang sudah mengenal dan bisa berkomunikasi lewat dunia maya serta di tunjang sarana prasarana ICT sekolah yang memadai.
Penulis coba Blog di gunakan sebagai media pembelajaran dengan memberikan tugas PR di jawab lewat blog (http://iwansmtri.blogspot.com), hasil presentasi pembelajaran penulis uploadkan ke blog, soal-soal latihan UN, bank soal, bahan belajar serta segala aktifitas KBM biasanya penulis simpan di blog PBM Matematika Iwan Sumantri.

Penulis berharap dengan Blog sebagai media pembelajaran, setidaknya mengurangi kebiasaan para siswa ber FaceBook kan (OL) bisa dikurangi dan dampak negative penggunaan internet sedikit bisa teratasi khususnya para siswa SMPN 3 Cibadak.
Penulis setuju dengan  pernyataan yang diungkapkan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Satria Dharma saat mendeklarasikan gerakan nasional "Guru Melek Internet" di acara Kuliah 3000 Guru di Surabaya, Sabtu (7/5/2011), “ Wawasan para guru harus terus ditingkatkan, terutama saat ini dalam penguasaan internet sebagai media pembelajaran di sekolah. Harus ada lompatan besar guna meningkatkan kualitas guru untuk mengatasi ketertinggalan pada era digital saat ini”.
Untuk itulah penulis mencoba membuat blog sebagai Media Pembelajaran yang bisa membantu proses belajar mengajar matematika. Mudah-mudahan para guru, khususnya guru matematika “ GO BLOG” mulai saat ini.

Mau Bikin Blog, silahkan klik disini 

Catatan :
Blog dan web yang penulis kelola:

1 comment:

Tri Samsul said...

Terus tingkatkan kemampuan IT nya bapak ibu guru ku tercinta...
Siswa juga ikut Go Blog...