Monday, November 28, 2011

PERAN GURU DALAM MENCERDASKAN ANAK BANGSA

Saya Seorang Guru Yang " Go Blog"
Oleh : Iwan Sumantri, S.Pd ( Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)

44 tahun yang lalu penulis lahir dari keluarga tak mampu, dari keluarga yang yang tidak harmonis, orang tua kandung yang berpisah. Sejak kecil penulis di rawat, diasuh, di didik oleh saudara kakak dari bapa (uwa). 

Sejak kecil penulis hidup dalam keprihatinan serba pas-pasan. Sekolah dasar penulis selesaikan dalam waktu 5 tahun di sekolah swasta Taman Muda (istilah SD untuk Yayasan Tamansiswa) Lulus Tahun 1981. Melanjutkan ke SMP (Taman Dewasa ) dari tahun 1981 sd 1984. 

Tahun 1984 sd 1987 Penulis masuk ke STM Kota Sukabumi, sekolah yang penulis tidak harapkan, karena pada wakti itu penulis ingin sekali masuk SMA yang nantinya bisa melanjutkan kuliah, tapi keinginan tinggal keinginan, karena uwa (orang tua /wali murid) bersikeras agar masuk ke STM agar cepat kerja.

Tapi di balik keterpaksaan penulis tekuni sekolah di STM, dan alhamdulilah di STM Jurusan Listrik penulis mendapatkan beasiswa Supersemar dari pemerintah sehingga membantu sekali dalam menyelesaikan pendidikan di tingkat STM.Banyak hal yang bisa penulis dapatkan sewaktu di STM.  Pada Saat kelas 2 STM, penulis bisa ketemu dengan orang tua kandung penulis yang melahirkan penulis. 

Setelah Lulus dari STM penulis ingin sekali melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, tapi keinginan tinggal  keinginan, akhirnya pada tahun 1988 penulis di tawari untuk mengajar di SMP Tamansiswa Cibadak, sebuah Yayasan Sekolah Berbasis Nasionalis yang didirikan oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. 

Dari situlah awal penulis jadi Guru, mengajar Fisika dan Biologi. Inilah cita-cita penulis sejak kecil ingin jadi guru. Kenapa ingin Jadi Guru? Karena dengan jadi guru menurut penulis ada kepuasan batin dalam diri penulis, bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, walau itu hanya sekata, atau segores tulisan. 

Dari situlah penulis punya semangat untuk melanjutkan sekolah lagi dengan modal dari gaji guru/nafkah guru swasta. Penulis melanjutkan lagi belajar di PGSMTP tahun 1991, D2 UT tahun 1994, dan bisa menyelesaikan S-1 di UNPAS Bandung pada tahun 2002. Semua biaya pendidikan penulis dapatkan dari gaji/nafkah guru yang setiap bulannya penulis sisihkan. 

Alhamdulilah sekarang penulis sudah menjadi Guru PNS yang diangkat pada tahun 2005 dengan SK dari Pemda Kabupaten Sukabumi. Sekarang Penulis.  

Jadi Seorang Guru "Go Blog"? Dengan " Go Blog" banyak hal yang bisa penulis dapatkan, dengan memiliki blog pribadi penulis bisa berkesempatan mengikuti Diklat Mathematics Mobile Learning (MML) yang diadakan oleh P4TK Matematika Yogjakarta ( info bisa di lihat di sini ).

Penulis bisa jadi peserta sertifikasi Jalur Pendidikan di UNY tahun 2009 sd 2010 juga karena blog, jadi menurut penulis blog sangat berperan sekali dalam dunia pendidikan. Blog bisa jadi ajang mencerdaskan anak bangsa, kita bisa membelajarkan para siswa lewat blog dengan materi-materi yang kita ajarkan atau mengajak mereka ke dunia lain yang bisa mengubah pola pikir para siswa dari hal yang negatif tentang ICT/TIK ke pola pikir yang positif seperti halnya blog  http://www.wijayalabs.com/ dengan pesannya yang cukup menggugah setiap pengunjung "Menulislah setiap hari & buktikan apa yang terjadi".

Mencerdaskan anak bangsa tidak harus selalu hadir didepan kelas, tapi bisa dengan Guru dan Siswa "Go Blog"

Rasa-rasanya jika guru tak mengenal ICT/TIK atau Internet, kita akan menjadi guru yang tertinggal dan “JADUL”. Coba bayangkan anak-anak kita sudah jauh mengenal dan mampu ber TIK/ICT lewat dunia maya. Kita Guru….email aja tak punya, FB…apa itu FB? Twitter apa lagi? (Bahan renungan untuk GURU !)
Mari Mulai Sekarang kita Jadi Guru “GO BLOG”. Berikut sedikit pengetahuan untuk guru ber”go blog” “
Bagi guru yang gemar mencari informasi di internet tak ada salahnya sekarang mulai belajar membuat blog.

Dengan membuat dan memiliki blog kini guru tidak sekedar mencari informasi tapi juga bisa berbagi informasi dengan pengguma internet lain yang mencari informasi di internet. Dan asyiknya lagi ternyata memiliki blog banyak manfaatnya selain untuk media sharing informasi pemilik blog juga bisa mencari uang sampingan dari blog yang di milikinya. Membuat blog relatif mudah untuk di pelajari bahkan untuk orang yang tidak mengerti bahasa pemograman sekalipun dan hanya dengan 3 langkah yang sangat mudah siapapun bisa membuat dan memiliki blog. Jadi tunggu apa lagi mari Guru “Go Blog”.
Guru “Go Blog”, Ya…seharusnya Guru di abad kemajuan teknologi ini sudah “Go Blog”. Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layanan web yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah web portal bagi perusahaan (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog).
Blog bisa juga di jadikan media pembelajaran, seperti hal nya yang penulis lakukan dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Penulis manfaatkan kemampuan peserta didik yang sudah mengenal dan bisa berkomunikasi lewat dunia maya serta di tunjang sarana prasarana ICT sekolah yang memadai.
Penulis coba Blog di gunakan sebagai media pembelajaran dengan memberikan tugas PR di jawab lewat blog (http://iwansmtri.blogspot.com), hasil presentasi pembelajaran penulis uploadkan ke blog, soal-soal latihan UN, bank soal, bahan belajar serta segala aktifitas KBM biasanya penulis simpan di blog PBM Matematika Iwan Sumantri.

Penulis berharap dengan Blog sebagai media pembelajaran, setidaknya mengurangi kebiasaan para siswa ber FaceBook kan (OL) bisa dikurangi dan dampak negative penggunaan internet sedikit bisa teratasi khususnya para siswa SMPN 3 Cibadak.
Penulis setuju dengan  pernyataan yang diungkapkan Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Satria Dharma saat mendeklarasikan gerakan nasional "Guru Melek Internet" di acara Kuliah 3000 Guru di Surabaya, Sabtu (7/5/2011), “ Wawasan para guru harus terus ditingkatkan, terutama saat ini dalam penguasaan internet sebagai media pembelajaran di sekolah. Harus ada lompatan besar guna meningkatkan kualitas guru untuk mengatasi ketertinggalan pada era digital saat ini”.
Untuk itulah penulis mencoba membuat blog sebagai Media Pembelajaran yang bisa membantu proses belajar mengajar matematika. Mudah-mudahan para guru, khususnya guru matematika “ GO BLOG” mulai saat ini.
Sedikit mengingangatkan " Orang yang buta huruf di jaman sekarang bukan orang yang tidak bisa membaca dan menulis tapi orang yang buta huruf  dijaman sekarang adalah orang yang tidak bisa berbahasa Inggris dan tak mengenal ICT/TIK"

Mau Bikin Blog, silahkan klik disini 

Catatan :
Blog dan web yang penulis kelola:

28 comments:

Anonymous said...

wah pa tulisannya bermanfaat buat siswa...kronologis bapa jadi guru...menarik juga pa....mau ah jadi guru biar ada kepuasan batin kaya bapa.....sukses lah pa

Tri Samsul Rahman said...

Ceritanya hebat pak
Bisa memotivasi para Guru dan Siswa..
Semoga lebih Sukses pak dimasa yang akan datang

Tri Samsul Rahman said...

Siswa dan guru jadi termotivasi pak..
Semoga aja banyak yang baca artikel nya pak... semofga sukses

Tri Samsul said...

Tulisannya bagus pak...
Memotivasi guru dan siswa
Semoga banyak yang baca biar termotivasi...
Sukses lah pak

krani said...

Pa artikelnya bagus, menginspirasi calon calon guru :)

krani said...

wah,. pengen bikin blog kaya bapa, biar bisa bikin artikel kaya gitu.

Khairuddin said...

Inspiratif mas...berproses itu emang tidak mudah mas..keberhasilan selalu datang dari ketekunan, kerja keras dan pantang menyerah..Allah pasti berikan jalan...teruskan Mas Iwan..

Nadia D Oktaviana said...

semangat pak.ahuy:D

Rahadian said...

Mengajar adalah panggilan jiwa menurut rahadian...

Bagus pak kisah ini bisa membangkitkan kita-kita semua seorang pelajar, ternyata kesuksesan itu tidak di lihat dari status sosial melainkan dari tekad dan optimis pada satu titik asa,
Good luck :)

IWAN SUMANTRI said...

makasih buat anakku..terus belajar dimanapun tempatnya...sukses buat semuanya

Anonymous said...

Mengajar adalah panggilan jiwa menurut Rahadian....

kata-kata ini sangat bermakna bagi kita semua seorang pelajar, ternyata kesuksesan itu tidak di lihat dari status sosial melaikan dari tekad dan optimis pada satu titik asa..
Good luck pak :)

Anonymous said...

blog nya bagus.. saya jadi pengen jadi guru pak :)

Hammam PP said...

wah pa tulisannya menyentuh sekali...mudah2an harapan bapa untuk mencerdaskan anak bangsa bisa sukses pa...aminn!!

Rian AP said...

Blog dan isi yg ada didalamnya bagus pak, itu memotivasi sekali, semoga menjadi manfaat bagi semua orang.
sukses selalu pak, hibahkanlah hidup bapak pada dunia pendidikan, niscaya akan ada hadiah yg terindah pak. selamat berkarya.

Anonymous said...

Blog dan isi yg ada didalamnya bagus pak, itu memotivasi sekali, semoga menjadi manfaat bagi semua orang.
sukses selalu pak, hibahkanlah hidup bapak pada dunia pendidikan, niscaya akan ada hadiah yg terindah pak. selamat berkarya.

hamkani said...

Terus berkarya Pak. Mohon saran untuk blog saya. Salam kenal dan salam sukses.

siti_norhayati said...

noer suka tulisan2nya isa untuk motifasi para guru laennya n siswa.blog nya keren...smoga blog ini bermanfaat buat siswa siswi.sukses buat pak iwan...

my blog said...

so inpiratif pak...

sammy said...

bagus untuk inspirasi guru yg lain bravo pak Iwan , bravo guru.....

IWAN SUMANTRI said...

Terima kasih semuanya yang udah berkoment...mudah2 an kita semua bisa mencerdaskan anak bangsa, setidaknya kita dengan "GO BLOG" sudah berperan dalam mencerdaskan anak bangsa atau mencerdaskan diri sendiri tidak gaptek...sukses buat semuanya !!

Sri Winarni, S.Pd said...

Hebat sekali artikelnya P.Iwan,jadi bisa menghapus image masyarakat yang dulu cuma bisa ceramah dan menulis di papan tulis,tapi sekarang guru hebat juga tulisanya bukan cuma ada di papan tulis,tapi bisa muncul lewat dunia maya, marilah kita ber Go Blog ...

Endang Muhtadin said...

Great Teacher Inspires, Guru hebat menjadi inspirasi. I Think Pak Iwan is Inspiring teacher, Great Teacher. Blognya bagus sekali, tapi terlalu banyak konten sehingga kadang-kadang loadingnya lama.

tampilan 1 said...

Guru hebat hrus nge blog...tapi blognya harus mendidik dan mencerdaskan juga berkarakter bangsa lo...gk asal nge blog ya pak... lanjutkan!!! semoga sukses...aku ikut deh ide bpak

santi said...

Pak artikelnya hebat.. memberikan inspirasi kepada orang lain..

nanangwagir2 said...

Mr Iwan Go a Head !

Pengalaman adalah gru yang paling baik, dan guru yang paling baik adalah guru yang berpengalaman.
Mr Iwan sudah membagikan pengalaman terbaiknya, good luck!

Nanang HS - Malang East Java

Anonymous said...

pak...siplah artikelnya !!!

Yani S Kusmardana, SPd said...

Tulisan yang sangat menginspirasi.. good job sir!

Anonymous said...

ikut menyimak beritanya

click here
click here
click here
click here
click here
click here
click here
click here
click here
Pasang Ikaln Gratis
prediksi indonalo

click here
click here
click here
click here
click here
click here