Sunday, January 29, 2012

Eksis dengan Internet Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa

Eksis dengan Internet Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa
Oleh : Iwan Sumantri (Guru SMPN 3 Cibadak)


Axis Blog Writing Competition 2012
Sekarang ini kemajuan teknologi semakin pesat dan melaju seperti kilat, susah untuk di ikuti, manakala kita diam dan tak peduli. Termasuk dunia maya dunianya internet. Tahukah anda orang yang buta huruf di abad milinium sekarang ini? Orang yang buta huruf di zaman sekarang ini adalah orang yang tak bisa membaca dan menulis itu salah besar. Dizaman sekarang yang serba maju dan komplek ini,pengertian orang yang buta huruf telah bergeser maknanya, orang yang buta huruf adalah orang yang tak bisa berbahasa inggris dan tidak bisa internetan. Jadul dan kurang gaul rasanya jika di zaman FB-an,Twitter-an, Blog, google doc dan lainnya , apalagi seorang guru tidak mengenal ICT/TIK yang di dalamnya ada INTERNET. Lihat anak-anak dan siswa-siswa kita, berapa ratus bahkan ribuan anak sekolah sudah mahir dan trampil dalam menggunakan internet.Malahan diantara mereka sudah bisa menciptakan anti virus,membuat game sendiri,dan aneka kegiatan di internet. Mereka lebih tahu dan piyawai serta lebih bisa, di bandingkan guru nya, ini realita di lapangan. Bandingkan prosentasi siswa dan guru yang bisa internetan. Disekolah saya saja, lebih banyak siswa dibanding guru yang bisa mengakses dan bergelut dengan internet. Tantangan besar kedepan bagi guru di era reformasi dan zaman syarat teknologi ini, khususnya saya, seorang guru Matematika, yang notabene bergelut dengan angka-angka setiap harinya.



Di era globalisasi millenium dan syarat infomasi sekarang ini, internet menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan. Internet memberikan banyak kemudahan-kemudahan dan manfaat untuk kita. Kita bisa membaca dan melihat informasi berita-berita update dengan mudah melalui internet, kita tinggal berkunjung ke google misalnya,  apa yang kita inginkan, semuanya tersedia. Apala lagi seorang guru profesional yang disyaratkan harus memilki pengetahuan yang lebih di banding dengan siswanya melalui ICT/Internet.

Kita bisa mengadakan proses belajar mengajar melalui internet, kita bisa berkomunikasi melalui jejaring sosial melalui internet, kita bisa mencari materi-materi reverensi pelajaran  atau sekolah melalui internet, bisa berkirim surat elektronik dengan mudah dan cepat gara-gara internet, banyak hal-hal positif yang bisa di akses melalui internet. 

"Eksis dengan Internet untuk mencerdaskan Anak Bangsa? " Ya, inilah impian dan kegiatan nyata yang saya lakukan selaku guru matematika sekarang ini. Kenapa Axis tidak mencoba gebrakan "Eksis dengan Internet untuk mencerdaskan Anak Bangsa?  Setelah  Axis yang pro rakyat dengan paket Axis pro unlimited sehingga rakyat bisa tetap eksis menikmati internet yang murah merakyat mudah dijangkau oleh lapisan masyarakat.

Di sekolah internet sudah menjadi media yang wajib di akses oleh setiap warga sekolah. Guru dan siswa wajib sekarang ini untuk mengakses internet. Ini lahan dan sumber yang menjanjikan bagi Axis untuk tetap Eksis di dunia pendidikan dan menggandengnya menjadi sahabat dalam menjelajah dunia maya.Dilihat dari dunia bisnis Guru dan Siswa sumber bisnis yang menjanjikan.

Saya seorang guru matematika, sekarang ini sedang mencoba dan menggagas kegiatan pembelajaran Matematika selalu menggunakan internet, karena memang sekolah kami sudah dilengkapi sarara prasarana untuk bisa akses ke internet. Para Guru dan siswa yang ada di lingkungan sekolah, saya ajak "Go Blog" dengan internet.Ya...Go Blog bukan Goblok.

Selain itu, sambil belajar dan eksis dengan internet untuk mencerdaskan anak bangsa, saya mencoba dalam proses belajar mengajar di kelas selalu menggunakan internet . Saya buat istilah pembelajaran saya dengan sebutan “ Belajar Go Blog” , maksudnya setiap mengawali kegiatan belajar mengajar, saya selalu mengajak siswa untuk membuka blog PBM Matematika Iwan Sumantri. Di Blog itu, siswa bisa melihat dan mengakses keperluan siswa dan guru, selain itu siswa bisa mengirmkan tugas-tugas (PR)  ke blog itu melalui buku tamu, soal-soal persiapan UN dan hal lainnnya yang bisa di gunakan untuk proses belajar mengajar Matematika dan materi pelajaran lainnnya.

Sekarang ini, saya sedang mencoba membuat web mobile yang bisa di akses dengan HP secara cepat. Mereka bisa menghadirkan internet di HP masing-masing setelah habis belajar di sekolah. Seperti soal-soal On Line, bahan ajar, dan lainnnya yang bisa di download di HP nya masing-masing. Mereka bisa mengakses nya melalui http://iwansumantri.mywibes.com. Ini web mobile yang cepat bisa di akses melalui HP.

HP nya merek apa saja, yang jelas harus bisa internetan dan ada fulsanya. Nah, ini menurut saya lahan dan  nilai ekonomi yang harus di sambut dan di jemput bola oleh Axis, dengan pelayanannya yang cepat,murah, akurat,dan merakyat. Selain itu itu, saya sedang membuat komunitas “Siswa S3 Cita Idola Go Blog”. Komunitas dimana para siswa belajar membuat, memiliki dan menggunakan blog masing-masing sebagai alat komunikasi di dunia maya. Ini juga lahan untuk Axis agar mereka cepat mengakses dunia maya nya. Axis agar bisa jadi Sahabat Siswa dan Guru Indonesia.


Saya berharap dengan Axis, eksis saya bisa tetap eksis di dunia pendidikan, guna mencerdaskan anak bangsa yang cerdas dalam memanfaatkan internet dan memilih Axis sebagai sahabat nya dunia pendidikan Indonesia.
Itulah Eksis saya dengan internet untuk mencerdaskan anak bangsa, bukan hanya sekedar ada lomba menulis di blog, tapi realita kenyataan di lapangan memang eksis dengan internet, sama hal nya dengan Axis yang selalu eksis dan peduli akan masyarakat termasuk dunia guru dan para siswa di Nusantara tercinta ini. Sukses buat semuanya!
Berikut bukti aktifitas saya yang Eksis dengan Internet Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa
SLIDE EKSIS DENGAN INTERNET UNTUK MENCERDASKAN ANAK BANGSA
( Untuk Menikmati Musiknya, Off dulu MP3 Paint My Love Michael Learn ..Kanan bawah)




Eksis Dengan Internet Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa  Slideshow: Iwan’s trip to Sukabumi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Sukabumi slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.


VIDEO AXIS UNTUK TETAP EKSIS DI INTERNET



VIDEO AXIS UNTUK TETAP HEMAT


SEJAK BAYI AXIS EKSIS TERUS







47 comments:

widikrisna said...

"Eksis dengan Internet untuk mencerdaskan Anak Bangsa? "
semoga visi ini bisa terealisasi ya. (amin)
Salam kenal

IWAN SUMANTRI said...

@Widikrisna: Ya..mudah-mudahan visi ini bisa terealisasi..dengan niat, semangat, dan usaha yang gigih...so pasti terlaksana di barengi dgn berdoa...Amin !

Urang Kampoeng said...

Hebat sob...terus lanjutkan n semangat...semoga semuanya bisa tercapai dengan indah.

Ricky Arbi Ismail said...

artikelnya mantap pak !
sukses terus, semoga menang !!

Not a Fairy Tale said...

waah ternyata ikutan juga. sukses juga ya :)

Deny Kurniawan said...

wah artikel yang bagus sukses ya :)

Raja_Jempol said...

WAH BERSAING SAMA PAK GURU NIH
Eksis Dengan Internet"
SELAMAT BERJUANG PAK DO'AIN SAYA MENANG NTAR AKU DO'AIN BAPAK MENANG JUGA HEHEHE

Kang Sukir said...

Salam kenal mas Iwan,,blog dan isinya salut,,mantab mas

goyang pattah-pattah said...

wah mank bener pak,nich mank dah jamanya eksis dengan internet dengan sesuatu hal yang positif dan menjadikan mafaat bagi kita. banyak hal yang bisa di wujudkan dalam menunjang ke eksisan kita di dunia internet termasuk dalam bidang pendidikan, hal itu bisa di wujudkan kw biaya internet bisa di jangkau oleh semua lapisan masyarakat. nah disini axis menjawab dan memberikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di era yang serba modern ini.

IWAN SUMANTRI said...

@Urang Kampoeng:terimakasih atas apresiasinya..mudah2n bisa tercapai
@Ricky Arbi: Makasih..slam mantap juga..mudah2an kita bisa menang...!
@ : Not A Fire Tale: Mencoba ikutan ..belajar bersaing dgn bloggger2 handal Nusantara!
@Deni K : Makasi Mas Deni...ya ini lagi belajar nulis..makasih apresiasinya!
@Raja Jempol:Persaingan Sehat...kita berdoa bersama...biar kita bisa menang...sukses buat semuanya!

dhenok habibie said...

semoga proyek web mobile nya sukses yaa kak.. dan visinya bisa terealisasikan :)

TORAYASURABAYA said...

Sama2 mensupport kawan ... :D

Rahadian said...

Bener juga pak, malahan aku tidak bisa hidup tanpa internet..

Anonymous said...

Bener pak, malahan aku tidak bisa di pisahkan dengan internet

Tq for information :)

By : Rahadian

femalebox said...

salam kenal juga pak, sukses ya untuk lombanya

drs.faldi destaman said...

smoga sukses artikelnya,,,,,

IWAN SUMANTRI said...

@Dhenok H : Maksih atas suportnya...Ya itu harapan kita semua!
@Torasurabaya: Terimakasih Suportnya!
@Rahadian: Ya...internet jadi sahabat kita yang setia..tapi jangan lupa dan terlena akan tugas kita masing-masing, berikan porsi sesuai kapasitas kita...!
@Anonim: Makasih komennya...so pasti internet selalu eksis
@Femalebox: Slam kembali...sukses buat semuanya!
@Drs.Faldi Destaman: Sukses buat kita Semua
@ Goyang patah-patah:Setuju...Axis sudah peduli terhadap masyarakat termasuk dunia pendidikan....sukses buat semuanya!

Amirul Ikhsan said...

Sama-sama mas, ini juga mantap kok tulisannya ...
Salam kenal juga yaa :)

Aphex Grunge said...

mantap sahabat artikelnya, salam kenal juga dari blog mwb. Mencerdaskan bangsa dengan internet adalah hal yang menarik.

http://wiephex.heck.in/eksis-dengan-internet.xhtml

krani said...

Wah Bapa Benar-benar Eksis dengan Internet untuk mencerdaskan anak Bangsa....semoga Pa Sukses....kami senang rasa nya ada guru eksis di dunia internet ..tak gaptek....!

Arif Tri Cahyadi said...

Good Luck My Hero... you are the best!" Sukses untuk semuanya ya' :D

Dear Me :)

IWAN SUMANTRI said...

@Amirul Ikhsan:Makasih atas apresiasinya!
@Aprex Grunge:Makasih atas komennya...sukses buat kita semua
@Krani :Ya..Guru Tak Gaptek..setuju!
@Arif Tri Cahyadi:Makasih...semangat buat semuanya! Eksis terus !

sharinx said...

wah iya ni bagus axiz

Mugniar said...

Salut pak. Saya selalu salut dengan guru yang mau belajar internet, terutama yang mau ngeblog dan membimbing murid2nya utk ngeblog juga. Semoga murid2nya mendapat banyak pelajaran berharga dan berkah melalui anda, pak.

Sukses kontesnya.
salam,

yogi said...

setuju pak iwan...orang buta huruf adalah yg tak paham internet dan bahasa inggris di masa sekarang...sebagian guru2 sekarnag pun sayangnya banyak yang tidak mau belajar internet dan english dengan alasan "sudah tua"....semoga pak iwan bisa jadi motivator khususnya untuk guru2 mengenai penggunaan teknologi ini

salam

yogi

Anonymous said...

setuju pak iwan...orang buta huruf adalah yg tak paham internet dan bahasa inggris di masa sekarang...sebagian guru2 sekarnag pun sayangnya banyak yang tidak mau belajar internet dan english dengan alasan "sudah tua"....semoga pak iwan bisa jadi motivator khususnya untuk guru2 mengenai penggunaan teknologi ini

salam

yogi

Zona Eksis said...

terimakasih tasa kunjungannya :)
amin semoga semuanya sukses :)

acizninja DeadcOde said...

Nice artikel, slamat mengikuti lomba dan smoga menang ;)
btw, klo berminat Tukaran Backlink Gratis Dengan Cyber4rt Blog

Informasi Kredit Terbaik Di Indonesia
Sewa Ruang Kantor Jakarta Murah

gevita said...

artikelnya bagus pa, kapan-kapan bisa mampir lagi di blog saya, terimakasih pa, salam kenal http://gevita-chrismadwi.blogspot.com/2012/02/sampai-z-tentang-axis-jika-ingin-ingin.html?showComment=1329446313175#c2557148324278185080

koleksi-sports said...

keren pak,,,Artikel "Eksis dengan Internet untuk mencerdaskan Anak Bangsa "
ya mudah-mudahan semuanya bisa bermanfaat dan tercapai,,
sukses untuk semuanya...

indra said...

semoga apa yang di niatkan berjalan dengan lancar amin, terima kasih kunjungannya...

waloetz said...

keren bang tulisanyya,,,

Bintaelmamba said...

keren inovasinya..
semoga maksud dn tujuan tepat pada targetnya ya pak. saya urun doa :)

siti_norhayati said...

salut noer ma bapak..tulisanya isa buat masukan kita smua...sukses sll buat pak Iwan,smoga ni isa dicontoh buat guru2 laennya...

Afl@sh said...

waaah... keren banget nih postingannya... moga sukses dengan lombanya,... jangan lupa mampir dan komen ke http://rhianzflash.blogspot.com/2012/02/eksis-dengan-internet-oke-readers.html

IWAN SUMANTRI said...

@shariX,@Mugniar,Mas Yogi,Zona Eksis, Acizninja DeadcOde,Gevita,Koleksi Sport,Indra,Koleksi Sport,Indra, Walooets,Bintael Mamba, Siti Norhayati,Aflash : Makasih atas suportnya, mudah-mudahan kita semua bisa eksis dan selalu sukses di bidang masing-masing.....

Sudarsono said...

wah mantep pak.,
sudah absen nih..

mugirahayu said...

waaah.. selalu ketemu dalam setiap kesempatan pa.. salam sukses! :)

prakas tejo prasetio said...

Salam kenal mas, ikutan nge-eksis juga achh,,disini banyak temennya.

Salam Blogger

http://infocumacuma.blogspot.com/2012/02/tarif-internet-axis-irit-lari-ngibrit.html

IWAN SUMANTRI said...

@Mas Sudarsono: Maksih...udah hadir...sudah di masukkan di daftar absennya...sukses buat semuanya!
@Bu Mugirahayu: Alhamdulilah...bu kita selalu ketemu di dunia maya...sukses buat semuanya!
@Mas Prakas Tejo Prasetio:Ya...ikut ngeksis ah,,,walau udah tua....banyak yang muda...jadi semangat nih !

ionlinerz corp said...

Nice artikel bro, lam kenal :shakehand

Mampir juga ya...

http://ionlinerz.blogspot.com/2012/02/eksis-dengan-internet-axis-blog-writing.html

setiyarakhmah said...

Eksis terus dengan Internet untuk mencerdaskan anak bangsa salaha tu solusi terbaik di jaman ICT ini !

ikhsan said...

memakai Internet adalah pertama tergantung niat.......

IWAN SUMANTRI said...

@ionlines corp: Maksih....bro..so pasti akan berkunjung ke blognya..silatirahmi di dunia maya
@Bu setiya: Makasih bu...mencerdaskan anak bangsa itu tugas dan kewajiban kita semua !
@Ikhsan:benar..gimana niatnya kita ber internetan...mudah2an niat kita salah satunya adalah mencerdaskan anak bangsa...sukses buat semuanya!

BLOG TIK ANDY PRIYATNA said...

good luck

ded's corner said...

Suatu inspirasi baru Pak buat saya yang sedang belajar menjadi salah satu guru yang "Go Blog" buat kemajuan pendidikan...!!

dedeh riska said...

wahh bagus banget nih postingannya..semoga tercapai yah niatan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa