Tuesday, February 14, 2012

BELAJAR MATEMATIKA DENGAN INTERNET, KENAPA TIDAK?

 Belajar Matematika dengan Internet, Kenapa Tidak?
 Oleh : Iwan Sumatri,S.Pd ( Guru Matematika SMP Negeri 3 Cibadak)

Berubah menjadi lebih baik adalah keinginan setiap orang termasuk saya selaku guru matematika di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Sukabumi. Pada kesempatan ini saya mencoba menulis artikel tentang Pemanfatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika di kelas semampu dan sebisa apa yang dapat saya lakukan dan sedang di laksanakan, dalam rangka mencerdaskan anak bangsa yang serba kompleks dan syarat dengan teknologi termasuk dalam pemanfaatan media internet.


Tahukah anda orang yang buta huruf di abad milinium sekarang ini? Orang yang buta huruf adalah orang yang tak bisa membaca dan menulis! Salah besar. Dijaman sekarang yang serba maju dan komplek ini, orang yang buta huruf adalah orang yang tak bisa berbahasa inggris dan tidak bisa internetan. Jadul rasanya jika di jaman FB,Twiter, Blog dan lainnya jejaring sosial , apalagi seorang guru tidak mengenal ICT/TIK yang di dalamnya ada INTERNET. Lihat anak dan siswa-siswa kita, berapa ratus bahkan ribuan anak sekolah sudah mahir dan trampil dalam menggunakan internet. Mereka lebih tahu dan bisa di bandingkan guru nya, ini realita di lapangan. Bandingkan prosentasi siswa dan guru yang bisa internetan. Disekolah saya saja, lebih banyak siswa dibanding guru yang bisa mengakses dan bergelut dengan internet. Tantangan besar kedepan bagi guru, khususnya saya, seorang guru Matematika, yang notabene bergelut dengan angka-angka setiap harinya.

Belajar Matematika dengan Internet, Kenapa Tidak? Ya, inilah impian saya selaku guru Matematika yang selalu ingin maju selangkah dari para siswa.  Ketetapan hati. Itu adalah kebulatan tekat untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan yang sudah-sudah. Lazimnya yang baru ini lebih baik daripada yang dulu.

Tahun 2012,  tepat rasa untuk menetapkan  diri sendiri merubah dalam proses pembelajaran . Dengan penuh kesadaran dan keseriusan,  saya awali dengan perenungan yang mendalam dan doa yang khusyuk. Saya memohon perkenan Allah Swt agar saya diberi-Nya kemauan keras dan ketegaran iman untuk mengatasi kelemahan saya, agar  tak tergelincir oleh godaan untuk tidak menyimpang dari tugas dan kewajiban selaku seorang guru. Diawali dengan kegiatan proses pembelajaran matematika di semester genap, saya mencoba proses pembelajaran dengan memanfatkan internet sebagai media pembelajaran. Saya ajak para siswa di setiap PBM Matematika memanfatkan media ini dengan selalu berkunjung ke blog PBM Matematika Iwan Sumantri (http://iwansmtri.blogspot.com)


Berikut saya sampaikan proses pembelajaran matematika dengan memanfaatkan internet secara sederhana.


  • 1. Saya mengajar Matematika di kelas 9, yaitu di Kelas IXA,IXB,IXC,IXD,IXE dan IXF     dengan jumlah jam 24 jam/minggu. Disemester Genap, mulai 9 Januari 2012 yang lalu di program semester, saya buatkan proses pembelajarannya adalah bedah SKL dan pembahasan soal-soal UN, guna mempersiapkan para siswa untuk siap menghadapi UN 2012.Media pembelajaran yang saya gunakan adalah Powerpoint sederhana dengan Judul Persiapan Ujian Nasional ,23 sd 26 April 2012. Berisi tentang SKL dan contoh soal yang mungkin akan keluar di UN nanti ( Power Point terlampir)Para siswa diajak membedah SKL UN 2012 dengan prediksi soal yang mungkin akan keluar berdasarkan soal-soal UN terdahulu. Dengan harapan para siswa memiliki gambaran dan motivasi untuk bisa mengerjakan soal-soal UN nantinya.
  • 2.   Pada kegiatan PBM berikutnya, siswa juga di ajak ke blog ( Pembelejaran Matematika “Go Blog”) dengan on line berkunjung ke blog http://iwansmtri.blogspot.com , yang kebetulan sekolah kami sudah memiliki hotspot internet sekolah, yang setiap saat bisa on line. Blog ini para siswa bisa mengakses soal-soal UN, belajar matematika secara on line, dan juga sebagai media untuk mengirimkan tugas atau PR Matematika manakala guru matematika memberikan tugas PR, dengan mengirimkan tugasnya di menu Buku Tamu, sebelah kanan di blog PBM Matematika Iwan Sumantri. (sekedar informasi tugas siswa bisa di cek di lamat ini.(http://shoutcamp.com/archive_pbm_matematika_iwan_sumanntri.html). 
  • 3.     Belajar Matematika dengan HP, kenapa tidak?.Sekolah kami SMPN 3 Cibadak, para siswanya tidak boleh bawa HP, dengan pertimbangan dan pemikiran dari berbagai sudut pandang tentang penggunaan HP. Melihat realita ini, saya mencoba mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan HP, yang penggunaannya setelah mereka ada di rumah masing-masing. Kegiatan ini saya coba kembangkan setelah mendapat Diklat MML di P4TK Matematika tiga bulan yang lalu. Saya coba membuat web mobile sederhana dengan alamat http://iwansumantri.mywibes.com yang bisa di akses dan dimiliki oleh para siswa. Di Web ini ada, salah satu artikel yang wajib dan harus di kunjungi para siswa saat mereka di rumah memanfaatkan HP yang bisa internetan, yaitu menu latihan Soal-soal  UN 2012, Latihan Soal UN One On Line, Kumpulan Soal One di Blog. Disini para siswa bisa menguji kemampuan masing-masing dengan mengerjakan soal-soal UN tahun 2003 sd Soal UN 2008 untuk semua mata pelajaran yang di UN kan. Inilah latihan untuk para siswa mengukur kemampuan dan nilai para siswa untuk persiapan di UN 2012 nanti.


  • Itulah, secuil artikel yang bisa saya buatkan, sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan saya selaku guru matematika di daerah. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, dalam rangka menjadikan guru yang profesional, dan guru yang peduli akan kemajuan teknologi.

    Berikut sebagian foto kegiatan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan blog dan online di internet:


    Saat PBM Matematika dengan Media Blog
    Blog Juga Bisa Jadi Media Pembelajaran
    Saat Siswa Mencoba Membuka Web Mobile Lewat HP
    Belajar Matematika dengan Alat Peraga
    PBM Matematika Memanfaatkan Internet sekolah



4 comments:

Sri Winarni, S.Pd said...

Hebat P.iwan memberdayakan fasilitas yang sudah disediakan oleh sekolah digunakan untuk pembelajaran yang maksimal selain para siswa lebih semangat dalam belajar matematika siswa juga akan lebih pandai di ICT nya,biasanya pelajaran matematika dianggap sebagian siswa pelajaran yg menakutkan, tapi dengan melalui internet siswa akan lebih enjoy dan semangat,ayo rekan2 kita ikuti langkah P.iwan.

drs.faldi destaman said...

iya tuh memang bnar,,,,,
kta sharusnya blajar itu bkan hnya d bku saja,,,,, tpi bsa lwat internet,,,,,,

dimas said...

Metode yang sangat menarik, baik bagi siswa maupun guru. Tapi kendalanya tdk semua sekolah bisa mengetrapkan metode itu. krn adanya keterbatasan fasilitas yg ada. Terutama skolah2 di pedesaan yg hanya menggantungkan dana dr pemerintah. kurangnya partisipasi dr masyarakat. sehingga hanya menggunakan fasilitas seadanya.

Ughie said...

Like This, semangat trus untuk memajukan anak bangsa, dengan bangga sy turut mendukung program ini .. Suatu hal tidak biasa dengan pemanfaatan alat yg ada untuk sebuah hasil yg maksimal, .. ...

Semangat Pagi ..