Tuesday, March 20, 2012

Catatan Seorang Guru: Menjadi Guru Profesional Perlu Waktu!


Foto Bareng Pengawas Setelah di Supervisi (Dok.Foto One sm)
Senin, 19 Maret 2012 hari yang penuh berkah dan juga sedikit mengagetkan buat sekolah kami, SMPN 3 Cibadak, sebab kami waktu itu kedatangan 5 pengawas sekaligus dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Suatu kehormatan tentunya bagi kami para guru dan siswa . Para pengawas tersebut berkunjung ke sekolah kami tak lain untuk mensupervisi PBM para guru tentang kinerjanya di kelas.

Dibawah pimpinan pengawas pembina Bapak Drs.Surya Suryanto,M.M.Pd (Pengawas Matpel OR), Drs Ade Ahmad H,M.Pd (Pengawas Matpel  Pkn), Drs.Yadi Supriadi,M.Pd (Pengawas Matpel IPS), Yusuf Iskandar,S.Pd,M.M.Pd (Pengawas Matematika), Ayi Hermawan,S.Pd,M.M.Pd (Pengawas IPA). Kelima pengawas tersebut disambut dengan ramah dan bijak oleh Kepala Sekolah, dan juga para guru dan siswa di upacara bendera hari Senin.
Dalam rangka mensosilaisasikan Reformasi Birokrasi dalam Refleksi Supervisi Kelas, kelima pengawas tersebut masuk dan melihat secara langsung aktifitas dan kinerja guru di dalam kelas....benar-benar kami para guru di lihat kinerjanya dalam proses pendidikan, mulai dari mengawali pembelajaran dengan berdoa, apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajarn, kegiatan inti, proses pembelajaran, evaluasi dan penutup dengan menarik kesimpulan dari proses pembelajaran yang telah berlangsung...benar-benar di amati, di simak, dan di perhatikan.... benar-benar supervisi PBM yang profesional.

Sebagai bahan pengetahuan dan pembelajaran buat para guru, saya sampaikan komponen, indikator dan anlisis dalam instrumen supervisi Akademik dan supervisi Administrasi Perencanaan Pembelajaran (Berdasarkan Standar Proses Permendiknas 41 Tahun 2007).

Persiapan

A. Administrasi:
meliputi Kalender pendidikan, Program Tahunan, Program Semester, Jadwal Tatap Muka, Silabus, RPP yang disajikan, KKM,Kisi-kisi Soal Ulangan Harian, Analisis Hasil Belajar (AHB dan ABS), Bank Soal, Daftar Nilai, Daftar Absensi Siswa, Agenda Guru, Program Remidial, Program Pengayaan, Laporan Nilai Kepribadian dan Akhlak Mulia

B. Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang akan di gunakan dalam pembelajaran sudah disipkan

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan : Salam,Senyum dan sapa; Guru memberi apersepsi dan Motivasi; Memberitahukan KD untuk pembelajaran hari ini; Menberitahukan indikator pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran; Menjelaskan kegiatan/tugas yang harus di lakukan peserta didik

Kegiatan Inti : Eksplorasi Peserta Didik/Guru; Elaborasi Peserta Didik/Guru; Konfirmasi Peserta didik/Guru

Kegiatan Penutup : Guru mengajukan pertanyaan untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran, guru memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.

Itulah gambaran hasil supervisi yang dilakukan oleh para pengawas. Kebetulan saya juga di supervisi untuk mata pelajaran Matematika. Rekan lainnya yang di supervisi adalah Bu Eni Suryanita,M.Pd untuk mata pelajaran PKn, Bu Yani Suryani,S.Pd untuk mata pelajaran IPA Fisika, Bu R.Atikah R,S.Pd untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Bu Ati Nurul P,S.Pd untuk mata pelajaran Kesenia/KTK, Pa Hadi Gumbira ,S.Pd untuk mata pelajaran KTK, Pa Nunu Hiban, S.Pd untuk mata pelajaran bahasa Inggris, Pa Zeni samsun, S.Pd untuk mata pelajaran IPS, Pa Eri Budiman, M.M.Pd utuk mata pelajaran Penjaskes, Bu Anita Mulyani,M.Pd untuik mata pelajaran Penjaskes, Pa Fadli mansur, S.Pd untuk mata pelajaran IPA Fisika.

Banyak hal yang bisa saya dapatkan dari hasil supervisi tersebut. Selain perlu perbaikan dalam proses mengajar di kelas, juga administrasi yang baik, rapih dan terawat perlu pembenahan....Ya ternyata untuk jadi Guru Profesional Perlu Waktu....karena Guru Profesional Kunci Untuk melaksanakan pendidikan yang berkualitas di sekolah. Kepada rekan guru di tanah air mari kita menuju guru profesional yang Rela Berbagi dan Iklas dalam memberi

Salam, penuh persahabatan dari seorang guru yang sedang belajar menuju guru Profesional!
By One SM (http://iwansmtri.blogspot.com; http://www.iwansumantri.mywibes.com)

Foto Lengkap Supervisi bisa di lihat di sini setelah login di FB
Video Pembelajaran Di kelas bisa di lihat disini atau Lebih Lengkap ada di sini

No comments: