Monday, March 26, 2012

"Go Blog ONE SM" Komunitas Sederhana Ala Guru Matematika

"Go Blog ONE SM" Komunitas Sederhana Ala Guru Matematika
Oleh: Iwan Sumantri,S.Pd (Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)

Komunitas , berdasarkan arti katanya  adalah sebuah kelompok yang terdiri dari orang-orang yang memilki kesamaan atau keinginan yang sama akan sesuatu. Di dunia maya komunitas yang kita kenal salah satunya adalah komunitas blogger, di mana di dalamnya terhimpun atau tergabung orang-orang yang suka ngeblog dan memilki blog pribadi, maka jadilah komunitas blogger dengan berbagai nama seperti halnya dblogger suroboyo.

Berbicara tentang blog, saya punya sedikit pengalaman tentang komunitas blog yang sedang dan akan dikembangkan kedepannya khusus di sekolah kami, yaitu : Go Blog One SM".
Didasari oleh keinginan dan ketertarik saya terhadap dunia maya khususnya blog, maka saya mencoba dalam setiap kegiatan pembelajaran di kelas selalu menggunakan blog, yaitu blog pribadi saya yang bernama PBM Matematika Iwan Sumantri yang di buat sekitar tahun 2008. Dari situlah saya mencoba dan menggagas untuk membentuk komunitas "Go Blog One SM" yang para anggotanya prioritas adalah murid-murid yang saya ampu yaitu siswa SMP Negeri 3 Cibadak dan juga tentunya para rekan guru yang kebetulan suka dan tertarik pada dunia Blog.

Saat GO Blog ONE SM (Foto Dok.Pribadi)
Komunitas " Go Blog ONE SM" yang saya gagas ternyata tak segampang membalikkan telapak tangan,begitu kita buat akan banyak peminat dan pengikutnya, ternyata TIDAK. Inilah susahnya membuat komunitas yang bisa menyamakan keinginan, tujuan, visi dan misi masing-masing, apalagi tanpa dukungan dari pihak ketiga (sponsor) rasa-rasanya sulit, tak seperti komunitas dblogger suroboyo yang baru tahun ketiga sudah banyak anggotanya. Rasa-rasanya, saya harus belajar dari komunitas dbloggersuroboyo ini.

Komunitas "Go Blog One Sm" (Foto Dok.Pribadi)
"Go Blog One SM" ini saya buat dengan maksud untuk membantu para siswa lebih terarah dalam hal berkunjung di dunia maya. Agar mereka punya tujuan dan mau belajar menulis dan selalu menulis untuk mengekspresikan gagasan yang mereka miliki bisa di tuangkan dalam bentuk tulisan sehingga bisa di baca dan berguna bagi orang lain. Dengan berbagai macam cara, saya coba mengajak mereka untuk "Go Blog ONE SM" seperti saya ajak mereka melihat blog anak-anakku, tulisan-tulisan sederhana yang saya postingkan di Blog, sampai saya tunjukan salah satunya adalah hasil postingan di blog bisa menghasilkan uang. Hasilnya.....ya lumayan komunitas "Go Blog ONESM" sudah di ikuti oleh 156 pengikut blog dengan 337 Follower melalui NetworkedBlogs sampai dengan di postingkanya artikel ini. (blog siswa,keluarga dan guru  yang sudah jadi blogger ada disini).

Komunitas Guru Go Blog One SM (Foto Dok.Pribadi)
Dari kegiatan membuat komunitas tersebut ternyata berdampak pada diri saya yang setiap harinya selalu ada di hadapan laptop setelah bertugas mencerdaskan anak bangsa alias jadi Umar Bakri (Guru). Pada jam-jam tertentu saya selalu berjalan-jalan lewat dunia maya,kesana kemari mencari informasi dan pengetahuan untuk membantu peserta didik. Dan akhirnya saya bisa singgah di blog komunitas dbloggersoroboyo. Komunitas para blogger-blogger  handal Nusantara. Saya akan belajar dari komunitas dbloggersuroboyo ini, bagaimana mengelola suatu kominitas yang profesional yang bisa mengikuti arus era globalisasi di jaman serta ICT ini, dan mencoba jadi bloggernya detik.

Terakhir, "Rela berbagi dan Iklas dalam Memberi "yang sudah di tunjukkan oleh dbloggersuroboyo dan blogger detik.com akan menjadi pembelajaran hidup saya, keluarga dan tentunya anak-anak bangsa yang perlu kita arahkan dalam berkomunitas di dunia blogger. Sukses buat semuanya!

SLIDE AKU DAN KOMUNITASKU " GO BLOG ONE SM "




Aku Dan Komunitasku "GO Blog One sm" Slideshow: Iwan’s trip to Sukabumi, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Sukabumi slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.

4 comments:

krani said...

Mantap Pak Komunitas walau sederhana udah bisa mencerdaskan anak bangsa...mudah2 an terus berkembang sejalan dengan kemajuan dunia maya...sukses!

FISIKA DAN AGAMA said...

Rela berbagi dan Ikhlas memberi bukan hanya slogan tapi betul betul bermanfaat bagi setiap orang, bukan hanya di dunia tapi buat akhiratpun dapat pahala.

P. Cahyo said...

Salam kenal
Teruskan kreatifitas yang dimiliki, melalui blog ini, saya menginformasikan blog yang saya kelola http://pcahyono.blogspot.com/
Silakan mampir.
Salam kreatif...

P. Cahyo said...

Kunjungi kembali http://pcahyono.blogspot.com/p/pengembangan.html
Silakan download

Salam kreatif...