Friday, June 15, 2012

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia
Oleh : Iwan Sumantri

www.iwansumantri.mywibes.com
Berbicara tentang teknologi tentunya sudah tak asing lagi bagi para blogger, yang notabene setiap aktifitasnya selalu menggunakan teknologi. Kilas balik tentang Penggunaan teknologi oleh manusia (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi) diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam perjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak,telepon dan internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai,  pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah, dari pentungan sampai senjata nuklir.

Teknologi telah memengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini) dan telah memungkinkan bertambahnya kaum senggang. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak dikehendaki, yang disebut pencemar, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak bumi dan lingkungannya. Berbagai macam penerapan teknologi telah memengaruhi nilai suatu masyarakat dan teknologi baru seringkali mencuatkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Sebagai contoh, meluasnya gagasan tentang efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, suatu istilah yang pada mulanya hanya menyangkut permesinan, contoh lainnya adalah tantangan norma-norma tradisional.

Seiring berjalannya waktu dari hari ke hari , kini teknologi semakin berkembang dengan pesatnya. Hampir di setiap aspek kehidupan teknologi telah mendarah-daging pada jiwa masing-masing orang, entah itu di bidang politik, sosial, ekonomi, kebudayaan, pertahanan keamanan dan sebagainya teknologi sudah hadir, termasuk para guru  yang mengajar dan  menulis dengan memanfaatkan teknologi . Teknologi Digital yang sekarang ini merupakan salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat . Kita tahu dan mengenal sekarang ini, teknologi digital seperti audio digital, elektronika digital, intrernet,komputer, media digital, kamera digital , buku digital (e-Book) , dan salah satunya adalah Handphone (HP).
Melalui lomba blog yang diadakan oleh Komunitas Ngawur dan Pusat Teknologi serta BloggerNusantara ini, saya mencoba pemanfaatan teknologi digital yang namanya HP untuk proses belajar mengajar di kelas dan diluar kelas. Mudah-mudahan ini bisa membantu pemanfaatan teknologi digital dalam rangka mencerdaskan anak bangsa yang nantinya akan menjadi generasi emas Indonesia.

Berikut pengalaman saya selaku guru matematika dalam proses pembelajaran di dalam kelas yang memanfaatkan teknologi HP untuk mencerdaskan anak bangsa.

Dijaman sekarang siapa yang tak kenal HP, mulai dari siswa TK sampai Mahasiswa, para blogger, supir angkot, tukang ojeg, dan masyarakat lainnya pasti memiliki HP. Benar-benar teknologi digital yang namanya HP telah menghiasi masyarakat kita. Coba kita lihat, di semua aktifitas kegiatan kita , pasti melihat sosok HP hadir. Mau tidur saja HP selalu ada di samping kita. Benar-benar , barang teknologi digital yang namanya HP sudah menjadi teman dan barang kebutuhan pokok tiap orang di jagat raya ini , sehingga sistem komunikasi lebih flesibel Dengan HP kita bisa berkomunikasi dan menyampaikan pesan secara cepat dan akurat. Tapi dengan HP juga kita bisa terjerat dengan aturan hukum dan masuk penjara.

Saya seorang guru Matematika SMP sempat mengadakan survey di kelas dengan dua pertanyaan :
Pertanyaan 1 : Siapa diantara para siswa yang di rumahnya punya komputer dan bisa internetan?
Pertanyan 2 : Siapa diantara para siswa yang tidak memiliki HP?

Dari dua pertanyaan tersebut, untuk jawaban nomor 1 ( 10% dari jumlah 896 siswa jawabannya memiliki) sedangkan untuk pertanyaan nomor 2 ( 5% dari jumlah siswa 896 siswa jawabannnya tidak memiliki). Jadi kesimpulannnya hampir semua siswa memiliki HP. Jangan di tanya kalau guru, so pasti mereka,  para guru memiliki paling sedikit 1 HP ( ada yang dua bahkan 3 HP nya guru, dengan nomor setiap HP dua nomor …wow benar-benar pantastis dan membanggakan)

Setelah itu saya berdialog “Siapa yang belum pernah mengakses internet lewat laptop atau komputer di rumahnya”. Ternyata masih ada sepertiga lebih siswa yang angkat tangan.
Dan ketika saya bertanya lagi, ” Siapa yang belum pernah mengakses internet meskipun hanya lewat HP?”. Sama sekali tidak ada yang angkat tangan.

Artinya semua siswa,yang notabene hidup di daerah yang jauh dari kota besar, pernah mengakses internet melalui HP. Tentu ini sebuah potensi dan jadi pemikiran kita selaku guru dan para blogger Nusantara ditengah keterbatasan mereka yang hidup jauh dari perkotaan.
Nah, sekarang yang jadi pemikiran dan bahan kajian saya selaku guru Matematika, kenapa HP ini tidak dijadikan media pembelajaran buat guru dan siswa ketika proses belajar mengajar di dalam kelas dan dilura kelas?

Dari situlah, saya berpikir untuk menjadikan HP sebagai media pembelajaran. Bermodalkan diklat Mathematics Mobile Learning (MML) di P4TK Matematika, pada tanggal 2 sd 15 Nopember 2011 yang lalu, saya mencoba mengembangkan media pembelajaran menggunakanan HP dalam rangka menghadapi UN 2012 dan pembelajaran di kelas dan luar kelas.

Kita sudah tahu sebagian besar HP yang mereka miliki, kebanyakan digunakan untuk sms-an, FB-an,Twitter-an,download musik.
Inilah pengalaman saya yang berharga dalam Proses Belajar Mengajar di dalam Kelas yang pernah saya lakukan. Saya ajak mereka mengerjakan soal-soal latihan UN secara ON LINE dengan menggunakan HP masing-masing di rumah setelah mereka belajar di sekolah. Saya yakin rekan guru dan para blogger Nusantara  yang lainnya sudah lebih dahulu dan lebih canggih lagi dalam penggunaan HP ini untuk media pembelajaran.

Tapi tak salah lah, jika saya selaku guru dari daerah berbagi ilmu dan sharing dengan para pembaca (blogger)  dan guru lainnya, juga mungkin para siswa, orang tua, atau siapa saja yang peduli akan kemajuan pendidikan di era pesatnya teknologi digital terutama internet untuk memberikan sedikit solusi pemanfaatan HP ini. Jadi tidak hanya untuk SMS-an, FB an, Twitter-an atau dengar musik, download foto yang belum jelas buat apa, nah mulai sekarang mari kita sama-sama manfaatkan HP ini sebagai media pembelajaran yang bisa membantu para siswa untuk tetap belajar di mana dan kapan pun waktunya.
Saya berpikir, lewat HP sebenarnya ada potensi yang bisa dikembangkan untuk memberi muatan belajar dalam aktifitas online mereka meski hanya melalui HP. Istilahnya adalah Mobile Learning. Salah satu yang saya coba lakukan adalah mengembangkan blog yang khusus dikembangkan untuk diakses melalui HP.
Mengakses sebuah web atau blog memang identik dengan sambungan internet dan perangkat notebook, laptop atau komputer.

Namun tahukah kita bahwa kini telah berkembang blog atau web yang berbasis WAP ?. Yang dikembangkan khusus untuk para pengakses melalui Handphone.
Dengan demikian mengekases blog atau web tidak harus membuka notebook, laptop atau komputer. Bisa lewat HP dengan browser yang berbasis WAP. Aksesnyapun lebih ringan dengan meminimalkan fitur animasi dan gambar.
Kelebihannya tentu ada dan banyak, salah satunya adalah blog bisa diakses dimana saja, mudah, lebih murah, ringan dan terjangkau bagi siswa yang tidak sempat browsing melalui komputer. Bisa sambil nunggu angkot di jalan,berbaring di tempat tidur, sambil ngobrol dengan teman sekelas, dan lain-lain.Mobileweb dapat dibuat secara gratis dengan http://mywibes.com , http://xtgem.com, http://mywapblog.com.

Membuatnya cukup mudah. Tidak serumit CMS. Cukup membuat akun di web penyedia – penyedia layanan web mobile tersebut, aktifasi e-mail dan kemudian mengisi kontennya.
Web mobile ini cocok untuk memberikan muatan belajar dalam aktifitas online siswa melalui HP. Sesuai dengan konsep Mobile learning, khususnya Mathematic Mobile Learning. Yang digalakkan oleh p4tk Matematika.

Selain info – info menarik, konten didalam web mobile dapat perluas. Salah satunya dengan upload kuis matematika sederhana berbasis JAVA, sehingga siswa berkesempatan mendownload dan menginstalnya.

Ini, alamat Web Mobile sederhana yang saya buat:
http://iwansumantri.mywibes.com . Pada waktu itu saya menitik beratkan pada Latihan UN dengan soal-soal UN Online yang bisa di akses oleh HP dan langsung bisa mengetahui berapa nilai/hasil latihan Online UN nya,(bisa di akses oleh HP berbagai merk, dengan syarat HP nya bisa internetan, ada Javanya, pake opera mini lebih cepat, dan tentunya ada pulsanya. Dibanding dengan internetan pake PC/komputer, dengan HP ini bisa lebih murah dan cepat diaksesnya! 

Jadi kapan lagi, menghadirkan DUNIA MAYA  di jaman teknologi digital ini untuk sukses di UN dan belajarnya. Sekarang waktunya dan yang paling pokok nya adalah belajar dengan HP Untuk menciptakan Suasana yang Kondusif dan Menyenangkan dalam PBM Matematika, kenapa tidak sekarang kita coba! Ini lah salah satu solusi Pemanfaatan Teknologi digital untuk Indonesia khususnya di dunia pendidikan kita.

Mudah-mudahan Ngawur sebagai salah satu komunitas Ngeblog Jawa Timur  mendukung dan mendorong para guru (blogger) untuk mengembangkan kreatifitas kita  para Blogger Nusantara dalam segala bidang, salah satunya melalui pemanfatan media blog atau web mobile serta  memanfaatkan teknologi yang ada di sekitar kita, sehingga memberi kebaikan yang positif bagi masyarakat Indonesia.

Presented by NGAWUR; Powered by Pusat Teknologi
Berikut Slide Show Pemanfaatan Teknologi Digiyal HP Untuk Pendidikan Indonesia




Pemanfaatan Teknologi Digital hp Untuk Pendidikan Indonesia Slideshow: Iwan’s trip to Cibadak (near Cianjur), Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Cianjur slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.


6 comments:

Yani Sumanti said...

Wah benar juga tuh HP bermanfaat juga buat pembelajaran di kelas dan luar kelas ! Teknologi digital ternyata membantu juga dalam mencerdaskan anak bangsa ! sukses Pa !

krani said...

HP...untuk belajar di kelas dan Luar kelas ..matap! Kontribusi Teknologi Digital buat pendidikan Indonesia !

IWAN SUMANTRI said...

@ Bu Yani S : Yah bu..HP bisa kita manfaatkan buat belajar para siswa....biar jadi generasi emas Indonesia !
@ Krani: Makasih atensi dan suportnya !Mari kita Selalu memanfatkan Teknologi digital pada hal yang positif!

windi teguh said...

bagus banget postingannya. Kalau saja banyak guru Indonesia seperti bung Iwan, Indonesia cepet majunya nih.

Sangat setuju sekali dengan pemanfaatan HP sebagai media PBM. Boleh ditularkan ke sekolah-sekolah lain tuh. Mungkin dengan diusulkan ke dinas pendidikannya.

Applaus to you

affanibnu said...

izin ber blogwalking disini.. :)

ini dia pemikiran serba positif..teknologi harus digunakan sebagaimana mestinya dan tentu juga bermanfaat.. :)

Saniya Fitria said...

HP siapa yang tak kenal HP. Teknologi Digital yang sudah memasyarakat di sekeliling kita....setuju sekali HP untuk mencerdaskan anak bangsa !