Wednesday, June 13, 2012

Perencanaan Finansial Pendidikan Sang Buah Hati

Perencanaan Finansial Pendidikan Sang Buah Hati
Oleh: Iwan Sumantri

"Perencanaan Finansial Pendidikan Sang Buah Hati"
Pasal 31 ayat (1) UUD 1945 berbunyi "  Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan." Ya, pendidikan itu merupakan hak setiap warga negara Indonesia. Pendidikan adalah investasi jangka panjang bagi kita para orang tua buat anak-anak buah hati kita tercinta. Kita selaku orang tua tentunya menginginkan  anak- anak kita bisa melebihi pencapaian yang telah diperoleh oleh kita para orang tua dalam segala hal, termasuk dalam hal pendidikan. Kita Orang tua lulus SD, atau SMP, anak kita tentunya minimal setingkat lebih dari kita. Ini adalah impian setiap orang tua.

Biaya pendidikan sekarang ini cenderung mahal, seiring dengan laju inflasi dan perkembangan jaman. Untuk itu, menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini adalah hal yang sangat penting.Tak ada biaya pendidikan yang gratis sekarang ini, walaupun pemerintah telah mencanangkan biaya pendidikan itu GRATIS ! Itu hanya isapan jempol belaka!

Lewat kompetisi Blog Berbagi Cerita Bersama BCA ini, saya mencoba berbagi  pengalaman selaku  orang tua yang telah memiliki dua buah hati. Yang Sulung sekarang duduk di SMA kelas XI, dan yang bungsu masih di SD kelas IV. Saya seorang guru PNS di salah satu SMP Negeri. Kehidupan sehari-hari terutama dalam hal finansial sudah bisa di tebak, pas-pasan dan kadang-kadang kurang. Tapi tak perlu kita sesali nasib kita. Yang perlu kita siapkan adalah merencanakan sang buah hati kita dalam pendidikannya. Biaya hidup sehari-hari kalau kita hitung dengan gaji PNS golongan III dengan masa kerja 6 tahun, rasa-rasanya sulit untuk bisa hidup nyaman dan bahagia serta berkecupan, terlebih kalau kita tak bisa mengatur keuangan.

Bagi setiap orang tua yang telah memiliki buah hati rasa-rasanya perlu merencanakan pendidikan anak sejak dini. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah menyisihkan pendapatan kita secara rutin dengan rajin menabung sejak dini.Ya....Menabung Pangkal Kaya ! Saya yakin parang orang tua sudah menyiapkan dan merencanakan finansial pendidikan buah hatinya dengan berbagai macam cara selain menabung. Tapi untuk saya dan keluarga rasanya yang pas untuk merencanakan finansial buat sang hati kami adalah menabung dan selalu menanbung di Bank.

Banyak perbankan  yang menawarkan solusi untuk biaya pendidikan, salah satunya adalah BCA. Kenapa kita tidak mencoba untuk Merencanakan Finasial Pendidikan Sang Buah Hati melalui BCA

 
BCA adalah salah satu perbankan yang menawarkan dan membantu kita dalam berbagai masalah dan pemecahannya dalam berbagai hal seperti solusi perbankan, merencanakan masa depan, memudahkan transaksi, menawarkan produk-produk perbankan, layanan perbankan, serta kebebasan finasial, termasuk Perencanaan Finansial Pendidikan Sang Buah Hati. Selain itu BCA telah menawarkan Solusi untuk kita, seperti Hunian Ideal, Kendaraan Idaman, Investasi Masa Depan, Proteksi maksimal, Rencana Pendidikan, Gaya Hidup Impian, Kemudahan Transaksi, Simpanan Praktis, Kebutuhan Dana Tambahan, sampai dengan Produk Layanan yang meliputi : e-Banking,Kartu Kredit, Pinjaman, Simpanan, Remittance dan Layanan Investasi.

Buah hati kita ingin memakai toga seperti diatas? Siapa sih orang tua di jagat raya ini yang tak ingin  anaknya sukses di pendidikannya?Itu semua perlu perencanaan, salah satunya adalah menyiapkan finansial dalam bentuk biaya/dana/uang.

Foto Dokument www.bca.co.id
BCA  sudah memberikan solusi dan pembelajaran berharga lewat web nya, www.bca.co.id, tentang Perencanaan Finansial Pendidikan Sang Buah Hati, yaitu dengan :

Foto Dokumen  www.bca.co.id
1. Membuat Perencanaan Pengeluaran 
2. Susun Rencana Pendidikan Anak
  • Tentukan kapan Anda membutuhkan Dana Pendidikan tersebut
  • Dalam waktu dekat, Deposito dapat menjadi solusi penyiapan dana pendidikan
  • Untuk jangka panjang, ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih.
3. Penuhi Biaya Pendidikan Anak Sekarang
  • Apakah anak Anda akan masuk sekolah/kuliah dalam waktu dekat (kurang dari 1 tahun)?
  • Cari tahu berapa biaya yang dibutuhkan. Bagaimana dengan kesiapan dana yang Anda miliki? Pelajari dan pahami alternatif solusi yang bisa Anda pilih untuk memenuhi biaya pendidikan tersebut
Foto Dokumen www.bca.co.id
Menyiapkan Dana Pendidikan
  • Tentukan kapan Anda membutuhkan Dana Pendidikan tersebut
  • Dalam waktu dekat, Deposito dapat menjadi solusi penyiapan dana pendidikan
  • Untuk jangka panjang, ada beberapa alternatif yang bisa Anda pilih.
Dana Belum Terpenuhi
  • Terkadang, perencanaan yang sudah diatur sedemikian rupa masih menemui hambatan finansial yang tak terduga.
  • Apabila dana untuk pendidikan belum terpenuhi, Anda bisa terbantu dengan fasilitas pembiayaan, yaitu dengan melakukan refinance hunian atau kendaraan yang Anda miliki.
  • Fasilitas pembiayaan yang dapat membantu kebutuhan Anda adalah KPR dan KKB Refinancing. ( Solusinya ada disini dan ini )
Dana Sudah Terpenuhi
  • Jika dana untuk pendidikan sudah terpenuhi, maka hal yang bisa Anda lakukan kemudian ialah menjaga ketersediaan dana pendidikan anak dalam waktu dekat.
  • Anda dapat menggunakan fasilitas deposito untuk membantu Anda menyimpan dana yang ada. ( Selajutnya......)
Jika semuanya sudah terencana dengan baik, rasa-rasanya kita selaku orang tua akan tenang, nyaman dan hidup bahagia, karena Sang Buah Hati telah disiapkan Finansial Pendidikannya. Investasi Pendidikan tinggal kita tunggu hasilnya, dengan selalu berdoa dan barharap pada Sang Pencipta buah hati kita menjadi anak-anak  emas yang soleh dan soleha, cerdas, yang berharga buat orang tua, agama, bangsa serta negaranya!
Amin !





9 comments:

electronicstm said...

Berkunjung balik mas bro, artikelnya rapih dan baik. semoga menang dengan kontesnya ;)

masbowo said...

Berkunjung balik..
Program BCA memang handal dan menjangkau ke setiap pokok permasalahan.

masbowo said...

berkunjung balik..
Program BCA memang bagus, semoga sukses ya..

WDplus Indonesia said...

Kunjungan Balik, atrikelnya manteb! Program BCA memang top. Semoga Sukses...

krani said...

Benar Pa...Kita Harus Rajin Menabung biar kita mudah dapet pendidikan yang lebih tinggi !Sukses buat bapa yang udah mempersiapkan diri nabung buat putra-putrinya !

niken said...

Artikelnya sistematis sekali. Semoga sukses dengan kontesnya ya pak... :)

Eni Suryanita,M.Pd said...

Success for you, it's best plan.

IWAN SUMANTRI said...

@Electronicstm: Makasih atas suportnya
@Masbowo: Setuju Program BCA memang aktual dan membantu semua permasalahan hidup terutama sekitar masa depan anak !
@WDplus Indonesia: Makasih atas atensinya...sukses buat kita semuanya!
@Krani : Menabung adalah salah satu solusi untuk mempersiapkan masa depan sang buah hati...tentunya bersama BCA
@Mba Niken: Maksih atas suportnya...sistematis seperti sang penulisnya, guru matematika...ngga perlu ribet ! Pokonya BCA sang penolong kita untuk persiapan masa depan sang buah hati
@Eni Suryanita,M.Pd : Thanks....Success for Us...Oke !

Saniya Fitria said...

Menabung itu salah satu usaha terbaik buat kita di masa depan ! Menabung Pangkal Kaya dan mensejahterakan masa depan kita, apalagi menabungnya di BCA bank yang handal di negeri kita...so pasti terjamin!