Sunday, July 8, 2012

Mencerdaskan Anak Bangsa dengan Berinternet Cerdas

Mencerdaskan Anak Bangsa dengan Berinternet Cerdas
Oleh : Iwan Sumantri

Internet?! Siapa yang tak kenal internet sekarang ini, hampir di semua lapisan masyarakat , aktifitasnya semuanya selalu menggunakan media internet. Dengan internet apapun yang kita inginkan bisa kita dapatkan . Internet bisa di jadikan guru dari dunia maya buat kita. 

Sudah banyak  orang-orang berhasil dalam bidangnya, hanya dengan menggeluti internet. Semua informasi dan kebutuhuhan serta kepentingan , dengan waktu yang super singkat bisa kita dapatkan dan tersebar ke pelosok penjuru di jagat raya ini. Internet benar-benar membantu semua kalangan di jagat raya ini. Tapi ingat, tak sedikit juga orang bisa celaka dan berbuat jahat dengan media ini. Tergantung niat dan tujuan apa kita berinternet.

Saya seorang guru mencoba memanfaatkan internet ini sebagai media untuk proses belajar mengajar di dalam dan di luar kelas. Tentunya di awali dengan diri saya sendiri untuk memulainya. Seperti halnya tulisan saya di kompetisi  penulisan artikel ICI “ Guru Belajar Internet Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa, Kenapa Tidak? Sudah saatnya kita terutama para guru untuk menguasai media internet ini. Tanpa internet rasa-rasanya kita para guru tinggal menunggu waktu untuk jadi orang manusia “buta huruf”, “bodo” untuk ketinggalan ilmu,kreatifitas,informasi,dan lainnya yang aktual di jagad raya ini.

Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai seorang guru yang tugas pokoknya adalah mengajar, mendidik dan melatih para siswa di jaman serba maju dan syarat dengan informasi dan teknologi digital ini. Salah satu nya adalah mencerdaskan anak bangsa dengan berinternet cerdas.

Mendidik anak-anak bukan berarti mengajarkan kepada mereka sekumpulan ilmu pengetahuan semata. Lebih penting lagi, mendidik berarti mengajarkan kepada anak-anak sejak usia dini, kemampuan untuk siap dan mampu menghadapi tantangan di masa depan yang akan menjadi ajang hidup mereka nantinya, salah satunya adalah berinternet cerdas.
Media internet adalah sebuah tantangan yang perlu di sikapi oleh kita terutama para guru. Saya punya kekhawatiran jika kita para guru, orang tua bahkan siapapun yang peduli akan anak-anak kita, para kawula muda, berdiam dan hanya mengikuti saja tanpa berbuat dan melakukan sesuatu. Akan jadi apa mereka nantinya?

Virus-virus yang merusak moral dan karakter anak-anak kita di media internet tak sedikit meracuni dan di suguhkan oleh media ini. Untuk itu kita harus sudah mulai berbuat untuk membentengi mereka dengan berinternet cerdas tanpa mengesampingkan nilai-nilai agama, nilai-nilai moral, karakter bangsa, dan kejujuran.

Ingat ! “Anak bagaikan tanaman yg merambat. Jika pohon dibiarkan merambat tumbuh sekehendak hatinya, maka akan tumbuh ke segala arah, tanpa tujuan, tak sedap dipandang dan akan mengganggu disekitarnya. Tetapi jika diarahkan dan dibentuk, maka akan tumbuh sesuai dengan apa yang kita arahkan, dan keindahan yang terpancar akan berguna dan memukau bagi sekitarnya “. 

Generasi Emas Indonesia akan lahir dan muncul salah satunya dengan berinternet cerdas,positip dan produktif !

(Tulisan ini di kirim ke ICI sebagai syarat Jadi Juara Utama Ke-3 Tk.Nasional)
Pengumumannya bisa di lihat disini ! 
VIDEO HARAPAN DAN CITA-CITA SEORANG GURU DALAM BERINTERNET CERDAS


1 comment:

affanibnu said...

luar biasa.. :)
salam hangat dan sukses selalu.. :)