Wednesday, July 18, 2012

UJI KOMPETENSI GURU (UKG) TANTANGAN ATAU...?

 Kisi-Kisi UKG Semua Mata Pelajaran
Oleh : Iwan Sumantri

Sekilas Kutipan Berita :  

Uji Kompetensi Guru Tetap diperlukan JAKARTA, KOMPAS (Selasa, 3 Juli 2012) - uji kompetensi bagi guru didukung jika tujuannya untuk meningkatkan mutu guru. karena itu, uji kompetensi jangan dijadikan "hukuman" untuk menunda atau mencabut tunjangan profesi pendidik.

"Ujian kompetensi bagi guru ini penting. Uji kompetensi ini harus menjadi data awal untuk mengetahui aspek kompetensi mana yang lemah, di sanalah pemerintah harus melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kompetensi guru," kata Ketua Ikatan guru Indonesia Satria Dharma pekan lalu di jakarta.
secara terpisah, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo mengatakan, uji kompetensi memang harus dilakukan untuk guru, tetapi jangan dikaitkan dengan sertifikasi."Jika pemerintah serius, adakah uji kompetensi untuk semua guru supaya data yang didapat lengkap."
Menanggapi berbagai penolakan guru atas uji kompetensi ini, Satria menyatakan tidak berseberangan."Kami tidak berseberangan dengan teman-teman. Kami justru mendukung upaya kritis itu. sebab, jangan sampai uji kompetensi ini hanya dilakukan untuk menguji satu kompetensi," ujar Satria.
 
Perubahan PLPG
Peserta sertifikasi guru melalui jalur pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) yang tidak lulus ujian diberikan kesempatan mengulang. kelulusan ujian sertifikasi melalui PLPG ditentukan oleh syarat-syarat tertentu antara lain ujian tertulis dan praktik.

"ini kebijakan dari pemerintah pusat," kata pembantu Rektor I Universitas Sebelas Maret Sutarno.
Mulai tahun ini juga dilakukan perubahan kurikulum. Hal ini misalnya untuk penguatan materi bidang studi atau kompetensi profesional, dari semula 10 januari menjadi 25 jam. (ELN/EKI)


Tahun pelajaran 2012/2013 sudah di mulai, tepat Senin, 16 Juli 2012. Banyak hal yang bisa di rasakan dan membuat suasana baru bagi para siswa,guru juga para orang tua siswa. 
Khusus untuk guru awal mula tahun pelajaran tentunya di awali dengan persiapan dan kelengkapan Administrasi PBM....dan yang lebih penting......Tanggal 30 Juli 2012 ada UJI KOMPETENSI GURU (UKG) bagi guru-guru yang sudah di sertifikasi.....wow...tentunya persiapan...Ini Tantangan atau...????
Menurut Informasi dari berbagai sumber UKG Tahun 2012 akan dilaksanakan 30 Juli 2012 tersebut  dengan cara Online (server pusat atau server lokal), untuk Bapak Ibu guru yang telah Lulus Sertifikasi (angkatan 2006-2011).

Tapi jangan khawatir, sedikit berbagi ini ada Kisi-kisi UKG, silahkan Down Load dan di Pelajari !
Tinggal Di KLIK ..........Ada Dech KISI-KISINYA.....untuk Soal Latihan UKG Mata Pelajaran coba KLIK DISINI !
Info Lengkapnya Ada Disini :
>>> Pedoman, Kisi-kisi, daftar Calon dan tempat UKG semuanya ada DISINI ! 
KLIK DISINI YAH ! (Sumber: sergur.kemdiknas.go.id)

Semoga Bermanfaat dan membantu Ibu Bapa Guru dalam persiapan UKGnya ! Sukses buat semuanya!

1 comment:

Eni Suryanita,M.Pd said...

Saya sudah punya soalnya Pak...bahkan sama nilainya, hehehe.
Senoga UKG meningkatkan kualitas Pendidikan Bangsa Kita Aamiin.