Sunday, August 12, 2012

INFORMASI SEKITAR UKG 2012

Serba Serbi UKG 2012
Oleh: Iwan Sumantri

UKG 2012 tahap 1 sudah dilaksanakan dengan berbagai cerita dan pengalaman, baik yang sudah melaksanakan , yang gagal , atau yang kecewa dengan server dan pelaksanaan UKG 2012. Serba-serbi UKG 2012 memang menjadi pengalaman dan history tersendiri bagi para guru di Indonesia, terutama yang sudah tersertifikasi.

Pemerintah dengan surat edarannya , akan tetap melaksanakan kembali UKG tahap kedua, sebagai pengganti UKG yang gagal di tahap 1 ( Server tak konek). 

Pelaksanaannya, Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 1 sd 5 Oktober 2012. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini, saya mencoba berbagi sesuatu tentang Pelaksanaan UKG yang telah di laksanakan dan informasi hasil UKG secara Nasional,  mudah-mudahan ini bisa membantu rekan guru yang belum melaksanakan UKG Tahap 1.

Berikut saya sampaikan tol bar UKG ONLINE dari   M. Rafie Pawellangi Widyaiswara PPPPTK Bidang Otomotif dan Elektronika Malang Kemdikbud

Toolbar yang disiapkan pada software Pelaksana UKG Online untuk memudahkan peserta mengikuti ujian. Software Pelaksana dirancang khusus untuk mengakomodir seluruh peserta uji termasuk yang belum pernah pakai komputer sekalipun. Kesalahan yang mungkin terjadi akibat salah tekan mouse atau salah tekan keyboard 99% tidak akan terjadi, karena fungsi keyboard dan mouse telah diminimalisir. Pada saat ujian berlangsung tombol keyboard yang berfungsi hanya 13  tombol

Software UKG Online sudah rancang khusus termasuk guru kita yang tidak dapat menggunakan mouse

Semua aktivitas ketika menghadapi ujian menggunakan keyboard, caranya bagaimana (ada di petunjuk sebelah kanan), tetapi tidak masalah jika dijelaskan lagi.
Tol Bar UKG Online 2012 ( Sumber : Tim Pengembang UKG Online)

1. Tekan huruf A untuk pilihan jawaban A
2. Tekan huruf B untuk pilihan jawaban B
3. Tekan huruf C untuk pilihan jawaban C
4. Tekan huruf D untuk pilihan jawaban D
5. Tekan tanda + untuk memperbesar tampilan layar monitor
6. Tekan tanda - untuk merperkecil tampilan layar monitor
7. Tekan Angka 0 untuk menormalkan tampilan layar monitor
8. Tekan spasi untuk maju 1 nomor ke soal berikutnya
9. Tekan backspace untuk kembali 1 nomor ke soal sebelumnya
10. Tanda Panah Kanan (scrool bar) : Menggeser layar monitor ke kanan
11. Tanda Panah Kiri (scrool bar) : Menggeser layar monitor ke kiri
12. Tanda Panah Atas (scrool bar) : Menggeser layar monitor ke atas
13. Tanda Panah Bawah (scrool bar) : Menggeser layar monitor ke bawah

Proses hasil ujian yang harus menggunakan mouse, kalau yg bersangkutan benar tidak menggunakan mouse tidak ada salahnya panitia/pengawas membantu melakukan proses itu (yg penting tidak membantu memberikan memilih jawaban :) ). Kalau ternyata tidak bisa juga, biarkan saja proses ujian akan berlangsung secara otomatis. Sistem UKG online secara otomati memproses ujian setelah waktu 120 menit itu berakhir.

Catatan :
Jangan matikan komputer peserta ujian kalau proses ujiannya belum selesai, yg jadi korban adalah pesertanya status ujian belum selesai (0), harus dituntaskan sampai status menjadi selesai (1).

Untuk Hasil UKG secara Nasional Bisa Dilihat disini !
Materi UKG secara lengkap bisa di lihat disini

No comments: