Friday, August 31, 2012

Pembelajaran Matematika Di Luar Kelas


Celoteh Siswa  saat “ PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS”
Oleh : Iwan Sumantri ( Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)

Memasuki awal belajar setelah  libur Ramadhan dan Idul Fitri  kegiatan pembelajaran di mulai kembali 27 Agustus 2012. Sesuai dengan program semester dan materi pembelajaran Matematika SMP kelas IX , Materi yang di sampaikan adalah Kesebangunan dengan sub pokok bahasan soal cerita yang berhubungan dengan kesebangun.

Saya selaku guru matematika mencoba model pembelajaran Matematika dengan model Outdoor untuk menyelesaiakan masalah dalam kehidupan sehari-hari seperti mengukur tiang bendera di sekolah.

Diawali dengan penyampaian tujuan dan penjelasan singkat tentang tugas kelompok beserta langkah kerjanya , kegiatan ourdoor belajar matematika di mulai tepat pukul 07.30 sd. Selesai.

Dari hasil pengamatan saya, kelihatan para siswa antusias sekali melakukan pembelajaran tersebut ( aktifitas para siswa bisa di lihat disini).

Ada kelompok yang mengukur dulu tinggi temannya, kemudian mereka mengukur panjang bayangannya. Ada juga yang mengukur tinggi dulu penggaris, kemudian panjang bayangannya. Ada juga yang langsung mengukur panjang bayangan tiang bendera sekolah. Semua mereka lakukan sesuai dengan petunjuk yang sudah di berikan sebelumnya.

Hasil yang di dapatkan dari masing-masing kelompok ternyata tidak jauh beda. Mereka mengukur tinggi tiang bendera sekolah mendekati kebenaran.

Selain mereka mengerjakan tugas kelompok, saya juga mencoba kepada mereka untuk memberikan kesan-kesan bagaimana belajar Matematika di luar kelas.

Berikut sebagian kesan mereka setelah belajar di luar kelas:
*…. Menyenangkan, karena kita bisa berinteraksi langsung dengan alam…tetapi agak panas !...

·         ….rasanya senang dan sangat berbeda dengan belajar di dalam kelas. Jadi kami tidak akan kapok untuk selalu belajar di luar kelas….!
·         ….Sering-sering belajar di luar kelas agar kami tidak jenuh…..!
·         ….asyik juga lah belajar di luar kelas….Matematika juga bisa di praktekkan langsung…..
·         …..belajar di luar kelas sangat menyenangkan, karena kami bisa lebih berwawasan luas.Jika belajar di dalam kelas terasa sangat jenuh, dibanding di luar kelas….kami bisa lebih mengatur pola pikir kami…sehingga kami bisa mengerjakan soal dengan baik/efektif…meskipun terik panasnya sinar matahari menyinari tubuh kami..namun kami tetap semnagat mengerjakan soal matematika….
·         ….Kami berharap bapak bisa sering mempraktekkan soal-soal dan teori pelajaran matemaika di luar kelas…agar kami tetap SEMANGAT !
·         …senang….rame belajara di luar kelas….walapun panas…
* ...belajar di luar kelas rasanya senang dan sangat berbeda dengan belajar di dalam kelas....jadi kami tidak akan kapok untuk selallu belajar di liar kelas....
*.... bisa menyegarkan otak kita yang selama ini di kurung dalam kelas yang membuat kita jenuh....
* ....menyenangkan...seru...ngga bosen-bosen.....
* .....membuat kita bisa memperluas diri akan wawasan tentang ukur mengukur dilingkungan sekolah.....
*...belajar di luar kelas ternyatalebih asyik....matematika tidak hanya menghitung aja..tetapi bisa dipraktekkan juga....
*...lanjut belajar di luar kelas nya agar tak jenuh....

No comments: