Friday, September 28, 2012

Edmodo: Social Network Hadir Di Dalam dan Di Luar Kelas, Kenapa Tidak?

Edmodo: Social Network Hadir Di Dalam dan Di Luar Kelas, Kenapa Tidak?
Oleh : Iwan Sumantri 
Pemanfaatan internet dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Media internet tidak lagi menjadi hanya sekedar media berkomunikasi semata, namun juga sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis, industri, pendidikan dan pergaulan sosial. Khusus mengenai jejaring pergaulan atau pertemanan melalui dunia internet, atau dikenal sebagai social network, mengalami pertumbuhan sangat pesat. Tren pemanfaatan social network ini sebenarnya menjadi peluang yang cukup menarik untuk di manfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran.

Meski belum ada penelitian mengenai efektifitas pemanfaatan social network untuk pembelajaran, tren ini merupakan peluang yang positif yang perlu di gali dan dimanfaatkan.

Berangkat dari kenyataan diatas, ditambah hasil diklat Mathematic Mobile Learning (MML) pada tanggal 2 sd 15 Nopember 2011 yang lalu, saya mencoba menghadirkan Edmodo sebagai social Network untuk hadir di dalam Proses Pembelajaran di dalam dan di luar Kelas. Edmodo yang saya kembangkan belumlah sempurna, masih perlu dikembangkan dan disosialisasikan lebih lanjut.

Perkembangan pengguna social network di Indonesia beberapa waktu ini cukup signifikan. Menurut Checkfacebook.com (http://www.checkfacebook.com/), per November 2011 pengguna Facebook di Indonesia adalah yang terbanyak kedua setelah Amerika Serikat yakni mencapai 41 juta lebih. Tentu saja jumlah ini meliputi pengguna dari kalangan pelajar dan guru yang tidak sedikit. Social network telah menjadi suatu “kultur” dalam kehidupan pelajar. Dan merupakan suatu tantangan bagi pendidik untuk menggunakan strategi dengan memanfaatkan kultur tersebut.

Salah satu social network yang cukup banyak memiliki fitur untuk mendukung pembelajaran adalah Edmodo. Seperti halnya social network lain, akun Edmodo dapat diperoleh tanpa berbayar dengan mengakses www.edmodo.com . Hanya saja, Edmodo didesain untuk penggunaan pembelajaran dan berbasis sekolah. Hal ini terlihat jelas pada tampilan halaman awal Edmodo, akan terlihat bahwa login pengguna dibedakan apakah user adalah guru, siswa, atau orang tua siswa.

Beberapa fitur yang terdapat pada Learning Management System (LMS) untuk mendukung e-learning seperti penugasan, kuis dan penilaian pun terdapat di Edmodo.

Bagaimana menggunakan Edmodo, menggunakan Edmodo sebagai social network untuk pembelajaran di dalam kelas? Bagaimana membuat penugasan untuk siswa? Bagaimana melakukan penilaian? Bagaimana orang tua siswa dapat bergabung dalam social network ini? Anda dapat mencermatinya dan mencoba membuka nya di www.edmodo.com

Berikut edmodo sebagai social network yang saya coba kembang di sekolah SMP Negeri 3 Cibadak:

1. Buat Akun di edmodo sebagai guru. Pada halaman awal Edmodo, klik I’m a Teacher. Isikan data diri anda sebagai guru ( upayakan data diri yang sebenarnya). Sperti halnya FB, jika anda berhasil melakukan registrasi, selanjutnya cobalah login menggunakan username dan password yang telah di buat. Profil anda bisa di edit, ungggah foto profil, dan melengkapi data pribadi anda disini.

2. Membuat Kelas di Edmodo. Perhatikan pada panel Group, klik Create, nanti akan muncul jendela Create Group. Isikan Data kelas yang ingin Anda buat. Misalnya : Matematika Kelas IXA, kemudian klik Create kembali. Setelah anda membuat Create Group, nanti akan muncul kode. Kode inilah yang kita bagikan kepada Group Matematika Kelas IXA.

Demikian seterusnya, nama group disesuaikan dengan kebutuhan kita.
Contoh Group yang sudah saya buat di sekolah :
Matematika IX kode : kks3ju
GURU BERMUTU SUKABUMI kode : jmn6d6
GURU MATEMATIKA BICARA kode : rsjog8
MGMP Mat Cibadak kode: 4g7k9m

3. Kegiatan Dikelas’
• Mengatur Sumber Bahan Ajar di Library. Library ini selayaknya perpustakaan sekolah. Kita selaku guru bisa menggugah dokumen mapun link situs sebagai referensi bagi siswa

• Catatan (note). Sama halnya dengan status di FB. Fungsi catatan ini sama halnya ketika kita berbicara di depan kelas/didepan siswa.

• Pengumuman (alert). Jenis note yang lebih sederhana, karena tidak melampirkan file,link maupun library

• Penugasan(assignment). Fitur yang membedakan edmodo dengan jejaring sosial lainnya, kita bisa memberikan tugas pada siswa.

• Quis. Disini guru bisa memberikan quis atau soal yang bervariasi.

• Penilaian (Grade). Klik show notifications apakah ada siswa yang mengirim tugas atau kuis yang telah kita buat.

• Mengakses kode untuk orang tua. Agar orang tua bisa bergabung dan mengamati puta-putrinya, kita perlu mengakses kode buat orang tua dan membagikannya. Akses untuk orang tua dapat kita buat dengan mengklik nama kelas kemudian klik Parent Code Spreadsheet.

Bagaimana siswa dan orang tua bergabung?Buka saja www.edmodo.com, kemudian kita berikan kode kepada siswa dan orang tua, yang sebelumnya telah di buatkan oleh kita sebagai guru. Mereka tinggal Klik sebagai siswa atau orang tua, dengan demikian kita sudah menghadirkan Edmodo: Social Network dihadapan mereka.

Demikian sedikit pengalaman saya selaku guru matematika, memanfaatkan www.edmodo.com :Social Network dalam pembelajaran di dalam dan di luar kelas.
Selamat mencoba dan mengembangkan edmodo, mudah-mudahan bisa membantu dan memperluas cakrawala kita selaku guru dalam media pembelajaran di kelas.
Untuk Mencoba Mari Bergabung dengan GURARU 2012 kode: xyfuy3 di www.edmodo.com.
Jangan lupa kalau mau gabung, Kliknya I'am Student di tampilan awal edmodonya !

No comments: