18 October, 2012

Pola Hidup Sehat Alami Ala Guru Matematika dengan Produk Indonesia

Pola Hidup Sehat Alami Ala Guru Matematika dengan Produk Indonesia
Oleh : Iwan Sumantri

" Rahmat itu Nikmat, Nikmat itu Sehat, Sehat itu Bersih " Ini motto yang saya sampaikan mengawali  artikel ini. Kita semua bersykur diberi rahmat oleh sang pencipta untuk bisa menikmati hidup ini. Nikmat rasanya manakala kita hidup ini dengan sehat. Ya...sehat ! Sehat lahir dan batin. Untuk tetap hidup sehat tentunya harus ada usaha kearah pola hidup sehat.

Pola hidup sehat tentunya banyak ragam dan solusinya.Berikut saya sampaikan pola hidup sehat yang biasa saya lakukan selaku guru Matematika dalam keseharian, tentunya jauh dari harapan pola hidup sehat yang sesungguhnya menurut para ahli kesehatan, namun setidaknya bisa memberikan kontribusi yang bermanfaat dalam hidup keseharian kita, yang dari kehari semakin banyak tantangan dan godaan terutama masalah kesehatan pribadi kita.

Pola Hidup Sehat Alami Ala  Guru Matematika dengan Produk Indonesia


Pertama
Mengkonsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna  yang Halal

"4 sehat 5 sempurna" (sumber:google.com)
Kita masih ingat sejak di bangku TK, pedoman hidup sehat selalu dijarkan oleh guru kita dengan makan 4 sehat 5 sempurna yang menekankan pada makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah dan susu . Untuk mengkonsumsi hal tersebut diatas tentunya harus memenuhi standar kesehatan dan yang paling pokok dan utama tentunya harus makanan yang kita konsumsi harus halal. 
Banyak makanan sekarang ini tidak memenuhi standar kesehatan dengan macam pengawet, perasa buatan, pemanis buatan, semuanya serba tidak alami. Tentunya ini semua akan berdampak tubuh dan kesehatan kita. Solusi terbaik tentunya kita harus pandah dan cerdas dalam menkomsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna tersebut, yang terbaik tentunya konsumsilah makan produk Asli Indonesia yang terjamin akan ke halalannya .

Kedua
Istirahat Yang Cukup dan Teratur
"Tidur Yang Cukup" (sumber.foto google)
Tak kalah pentinggnya dalam pola hidup sehat alami istirahat yang cukup memegang peranan yang penting. Istirahat yang cukup dan teratur akam memberikan pemuluhan pada tubuh kita untuk mempersiapkan kembali aktifitas tubuh berikutnya, sehingga terasa segar dan fress kembali manakali kita beraktifitas lagi.

Ketiga
Berolahraga Sedini Mungkin
"Olahraga Yang Rutin" (Sumber Foto Google.com)
Olahraga memegang peran penting dalam pola hidup sehat. Olahraga mudah dilaksanakan tapi sering kita abaikan dan dianggap sepele dalam kehidupan kita sehari- hari. 
Kita sudah mengetahui menurut para ahli kesehatan dengan olahraga bisa mengurangi stress, olahraga bisa mempertinggi vitalistas paru-paru, olahraga bisa menguatkan jantung, olahraga bisa menurunkan tekanan darah tinggi, olahraga bisa menyembuhkan diabetes,olahraga bisa mengurangi erat badan, olah raga bisa memberi keseimbangan darah, olahraga sumber tenaga, olahraga menyehatkan seksualitas dan yang paling pokok olah raga yang benar dan teratur akan membentuk pribadi yang sehat.

Keempat
Menciptakan Lingkungan Yang Sehat dan Bersih
"Lingkungan Yang Asri"(Foto Dok.pribadi)
Tak kalah pentingnnya dalam pola hidup sehat adalah menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih yang di mulai dari pribadi, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat . Dengan demikian nantinya akan tercipta iklim, udara, dan lingkungan yang bersih, asri, nyaman, sehingga kita bisa hidup sehat secara alami. Banyak cara yang bisa kita lakukan tentunya, seperti membuang sampah pada tempatnya, menggunakan air seperlunya, dan hal lain yang sehari-hari kita lakukan dengan pola hidup sehat.

Kelima
Memiliki Keinginan Kuat untuk Hidup Sehat Alami
Ini modal yang harus dimiliki pribadi masing-masing individu untuk hidup sehat Alami. Selalu berkobar dan memiliki optimisme untuk hidup sehat alami.

Keenam
Selalu berdoa dan Memohon Pada Sang Pencipta
"Berdoa Selalu"Sumber:Google.com
Terakhir pola hidup sehat Alami , tentunya selalu berdoa dan memohon pada Sang Pencipta untu selalu di sehatkan dalam hidup ini, karena semuanya adalah milik-NYA.

Cukupkah untuk Pola Hidup Sehat Alami seperti hal diatas?? Tentunya belum! Dari enam hal tersebut diatas sebaiknya di tambah dengan selalu menambah wawasan dan pengetahuan serta mencari informasi dan berkomunikasi dengan hal-hal yang berhubungan dengan Pola Hidup Sehat. Salah satunya adalah jadilah anggota Komunitas Sehat Alami Indonesia.

Inilah Komunitas Sehat Alami Indonesia ( Sumber : http://blog.sehatalami.co.id/tentang-sehat-alami/)

Tentang Sehat Alami
 
Sehat Alami adalah web support resmi ANAMed
ANAMed adalah perusahaan swasta nasional dengan fokus mengembangkan herbal Indonesia untuk kesehatan.
Visi ANAMed :
“Memberi pengalaman gaya hidup sehat (experience the healthy lifestyle) dengan berkah dari produk kesehatan alami untuk siapa saja dan dimana saja”
Tahukah Anda bahwa Noni itu merupakan tanaman asli Indonesia?
Menurut Ridley, tanaman Noni merupakan tanaman asli Indonesia, lebih tepatnya berasal dari kepulauan Maluku. Nenek moyang kita telah menggunakan Noni sebagai bahak makanan, sayuran dan obat-obatan lebih dari 6,000 tahun lalu. Indonesia mempunyai pengalaman paling lama dalam menggunakan Noni sebagai obat tradisional, yang telah terbukti khasiatnya (manfaatnya) untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan aman
Tahukah Anda bahwa kandungan nutrisi Noni dari Indonesia TERTINGGI dibanding Noni dari negara lain?

Menurut Dr Nishigaki dari Tokyo Noni Research Center menyebutkan bahwa nutrisi Noni dari Indonesia memiliki kandungan nutrisi tertinggi di dunia. Hal ini bisa dilihat sebagai contoh pada kandungan Scopoletin dan antiokasidan Super Oxide Dismutase (SOD) Kandungan Scopoletin pada berbagai Noni Juice*
Sumber: Improved Effects of Blood Fluidity by Noni Juice (Morinda Citrifolia) in Human by Inggrid S Waspodo, Priyo Waspodo and Toshiaki
Senyawa Coumarine (Scopoletin) mempunyai fungsi smooth muscle atony. Noni juga bermanfaat memperlebar pembuluh darah, menghilangkan Oksigen aktif superoksida, dan memperpanjang umur Nitric Oxide (NO). Hal ini bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah tinggi, mengurangi pengerasan pembuluh darah dan bisa meningkatkan vitalitas pada kaum pria

Kandungan SOD pada berbagai Noni Juice (Sumber: Dr Nishigaki dari Tokyo Noni Research Center)
Asal Noni Produk Equivalent Activity to SOD (Mikrigram/Ml)
Hawai Juice 120
Samoa Juice 190
Tahiti Juice 200
Tahiti Puree Juice (MLM) 125
Indonesia Juice (ANAMed) 470

Super Oxide Dimutase (SOD)
Antioksidan Superoxide dismutase (SOD) adalah antioksidan primer, merupakan enzim yang sebenarnya sudah ada di dalam tubuh yang berfungsi sebagai pelindung hancurnya sel-sel dalam tubuh serta mencegah proses peradangan karena radikal bebas.
Penyebab timbulnya penyakit dari kebiasaan hidup atau pertambahan usia adalah Oksigen Aktif (superoksida) yang bisa menyebabkan gangguan pada gen dan komponen seluler. Oksigen Aktif ada pada udara, stress, rokok dan lainnya. Noni mempunyai daya menghilangkan superoksida. Noni mempunyai kemampuan pencegahan lebih 90%.Noni mampu menghilangkan superoksida dalam lever dan juga berfungsi melindungi lever.

Untuk Hidup sehat dan Sejahtera tentunya perlu pengetahuan tentang hal tersebut. Untuk bisa hidup sehat secara alami selalu orang Indonesia pasti akan bangga dengan produk Indonesia termasuk bangga dengan menggunakan herbal produk Indonesia.

Berikut saya  sampaikan salah satu produk herbal Indonesia ( Sumber : http://www.anamed.co.id/ )


Morinda Citrifolia atau yang lebih dikenal sebagai NONI merupakan buah ajaib yang telah digunakan lebih dari 2000 tahun yang lalu untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Jus Noni kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Terdapat 2 Macam Noni ANAMed untuk Terapi Pengobatan Diabetes :

1.  Noni Pure

Morinda Citrifolia atau yang lebih dikenal sebagai Noni merupakan buah ajaib yang telah digunakan lebih dari 2,000 tahun lalu untuk mendapat manfaat kesehatan. Jus Noni Pure kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Saran penggunaan untuk penanganan Diabetes :
  • Sebelum minum dikocok lebih dulu
  • Diminum setiap hari 2 kali sebanyak 30ml, sebaiknya 30 menit sebelum makan
  • Frekuensi minum dan takaran bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan
  • Disimpan dalam lemari pendingin setelah dibuka
  • Jangan diminum bila pengaman pada tutup telah terbuka/rusak saat diterima
Bahan : Jus Noni Pure dibuat dari bahan alami yaitu jus buah Noni (Morinda Citrifolia). Tidak mengandung gula, bahan pengawet atau bahan perasa kimia (essence).

2.  Noni Concentrate 

Morinda Citrifolia atau yang lebih dikenal sebagai Noni merupakan buah ajaib yang telah digunakan lebih dari 2,000 tahun lalu untuk mendapat manfaat kesehatan. Jus Noni Concentrate kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Saran penggunaan untuk penanganan Diabetes :
  • Sebelum minum dikocok lebih dulu
  • Diminum secara langsung 6 s/d 10 tetes atau diencerkan (dicampur) dengan air putih,
  • Anda bisa menggunakan dengan mencapurkan saat minum jus lain, seperti jus Jeruk, jus Apel, dll
  • Frekuensi minum dan takaran bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan
  • Disimpan dalam lemari pendingin setelah dibuka
  • Jangan diminum bila pengaman pada tutup telah terbuka/rusak saat diterima
  • Bisa dioleskan pada luka alergi untuk membantu penyembuhan
Bahan : Jus Noni Concentrate dibuat dari Jus Noni Pure yang dikurangkan kadar airnya, sehingga didapat jus dengan kadar noni yang sangat tinggi. Tidak mengandung gula, bahan pengawet atau bahan perasa kimia (essence).

Demikian Pola Hidup Sehat Alami Ala Guru Matematika dengan Produk Indonesia. Kita selaku bangsa yang besar dan kaya dengan segala herbal yang bisa dimanfaatkan untuk hidup sehat alami, kenapa tidak mencoba dan melakukannya sekarang. Banggalah Jadi orang Indonesia yang menggunakan produk Herbal Asli negeri sendiri !

9 comments:

Krani Pratiwi said...

Tips Pola Hidup Sehat yang bermanfaat buat kami kawula muda...semoga bisa menjalankannya di kehidupan sehari-hari !

Unknown said...

Pola hidup yang bermanfaat untuk di jalankan ! Sukses Pa semoga selalu sehat alami ! di setiap aktifitasnya !

Iwan Sumantri said...

@Mba Krani : Makasih atas apresiasinya...Pola Hidup sehat berlaku buat siapa saja yang menginginkan Hidup sehat Alami tentunya !

Iwan Sumantri said...

@Bu Yani S : Makasih atas apresiasinya...sukses buat kita semuanya!

Unknown said...

Makasih sudah berbagi tips pola hidup sehat...berguna sekali buat kehidupan sehari-hari agar tetap sehat !

Iwan Sumantri said...

@Dikry A : Makasih atas apresisinya ! Semoga kita selalu Sehat !

Unknown said...

Pola hidup sehat ala pak Guru perlu di coba nih !

Puteri Lee Queenie Blog~ said...

So pasti tipsnya akan di coba di jalnkan !

Rizal said...

terima kasih tas hidup sehatnya Pak... salah sehat! :)