Sunday, November 18, 2012

CTM, CCM, Math Game Ajang Kompetisi Matematika Untuk Para Siswa Pecinta Matematika



CTM, CCM, Math Game Ajang  Kompetisi Matematika Untuk Para Siswa Pecinta Matematika
Oleh : Iwan Sumantri

Bertempat di SMPN 2 Kota Sukabumi, Gema Mahasiswa Matematika yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Matematika “Identika” Universitas Pendidikan , menggelar Cerdas Tangkat Matematika (CTM XXXIII) tngkat Pelajar SMA Se Pulau Jawa, Cerdas Cermat Matematika (CCM ) IX tingkat Pelajar SMP, Math Games VIII untuk pelajar SD.

Kegiatan tersebut terbagi menjadi 4 kegiatan, untuk wilayah Sukabumi, Bogor dan Cianjur sebagai berikut:
CTM dan CCM

  • Penyisihan I        : 17 Nopember 2012
  • Penyisihahn II    : 23 Nopember 2012
  • Semi Final         : 24 Nopember 2012
  • Final                  : 25 Nopember 2012


Tempat : Universitas/Sekolah yang ditunjuk pada tiap wilayah untuk tahap penyisihan I, sedangkan untuk Penyisihan II sd Final bertempat di UPI Bumi Siliwangi Bandung.
Kuhusus untuk kegiatan CCM IX wilayah Sukabumi, Bogor dan Cianjur di ikuti oleh 23 regu dengan jumlah sekolah 18 SMP yang ada di Sukabumi, Bogor dan Cianjur. SMP Negeri Cibadak, Alhamdulilah untuk tahun ini mengikuti CCM degan 1 regu yang terdiri dari 3 siswa, yaitu Moch Amin. Muhammad Faorozi dan Dea . Ketiga siswea tersebut siswa-siswa pilhan terbaik di mata pelajaran Matemtika di SMP Negeri 3 Cibadak hasil penilaian kami segenap guru matematika SMPN 3 Cibadak.

Ketentuan CCM seperti yang di lampirakan oleh pihak panitia, 1 regu terdiri dari 3 orang siswa yang masih aktif sekolah di SMP tersebut. System penilaian dalam CCM adalah untuk isian singkat jika benar di bberi skor 4, jika salah di beri skor -1 dan jika tidak diisi diberi skor 0, dan untuk uraian jika  dijawab dengan tepat di beri skor 10.

Cerdas Cermat Matematika (CCM) IX bentuk kegiatannya berupa cerdas cermat beregu tingkat SMP. Kegiatan ini bertujuan untuk menil;ai sejauh mana pemahaman matematika dari siswa sehingga kemampuan berpikir matematisnya tergali dengan optimal, sehingga dengan ajang kompetisi ini di harapkan matapelajaran matematika tidak menjadi hantu dan mata pelajaran yang menakutkan .

Ruang lingkup materi yang di lombakan pada babak penyisihan I CCM IX meliputi : Aljabar yang terbagi menjadi SPLSV dan SPLDV, Aritmetika social,perbandingan, himpunan, Fungsi,Gradien dan Grafik; Bilangan meliputi operasi hitung bilangan bulat dan pecahan; Geometri meliputi konsep sudut, bangun datar dan bngun ruang, teorema phytagoras, kekongruenan dan kesebangunan; Statistika dan Peluang.

Bagi guru Matematika khususnya saya selaku guru matematika di SMP Negeri 3 Cibadak, lomba atau kompetisi ini menjadi motivasi dan perlu di apresiasi untuk memperkenalkan matematika lebih kongkrit dan nyata lagi bahwa lewat Matematika para siswa bisa berkompetisi dan ujuk kemampuan berpikir logis, kritis , dan cerdas. Mudah-mudahan ajang ini membawa inspirasi dan jadi motivator guru dan siswa untuk kebih mencintai lagi Matematika selain ajang OSN Matematika.

Hasilnya...tinggal menunggu, tanggal 20 November 2012 di sini.....semoga bisa masuk tahap berikutnya !
 Hasil Lengkap babak penyisihan I ada disini !
Foto Kegiatan Bisa di lihat disini !

3 comments:

krani said...

Selamat Pa...semoga anak2 nya berhasil !

IWAN SUMANTRI said...

Amin...mudah2an berhasil...tapi sayang..belum bisa masuk final !makasih !

joni said...

wah sudah expired yaa hehe smoga selalu ada kompetisi kyk gini :)