Tuesday, November 13, 2012

"DUFAN" Obyek Wisata Idola dan Impian Para Guru dan Siswa

"DUFAN" Obyek Wisata Idola dan Impian Para Guru dan Siswa
Oleh: Iwan Sumantri

Album Kenangan Saat Di Dufan (Foto Dok.Pribadi)
Berbicara tentang Jakarta, selain sebagai kota metropolitan yang dari hari kehari menghiasi pemberitaan baik di surat kabar, media elektronika, TV dan media digital lainnya, pikiran saya selaku guru langsung teringat dengan obyek wisata hiburan dan rekreasi  "DUFAN" yang ada Taman Impian Jaya Ancol . Ya...DUFAN lah yang langsung terbayang dan ada di memory saya. 

Dunia Fantasi ( DUFAN)? Siapa tak kenal dengan obyek wisata ini yang ada di Jakarta Utara. Obyek Wisata Kebanggaan Rakyat Indonesia. Siapa yang belum berkeunjung ke Obyek Wisata ini yang sudah menjadi icon di negeri ini? Saya yakin hampir semua kalangan mulai dari siswa, guru, karyawan,pengusaha dan kalangan yang lainnya pernah berkunjung dan menikmati obyek wisata  yang ada di Taman Impian Jaya Ancol seperti Ancol, Taman PantaiDufanGelanggang Samudra,AtlantisPasar SeniResortKulinerProperti dan obyek-obyek lainnya.
Berbicara tentang Taman Impian Jaya Ancol, saya teringat “Kenangan dan Impian” saya dan para siswa tentang obyek wisata tersebut. Kenangan dari keluarga guru yang tinggal di daerah. Setiap tahun kami Rombongan SMP Negeri 3 Cibadak , selalu mengadakan  tour wisata dan salah satu obyek wisata yang menjadi idola adalah  ke Taman Impian Jaya Ancol dengan obyek paforit nya Dufan. Insya Allah, tanggal 21 Desember 2012  yang akan datang , sekolah kami SMP Negeri 3 Cibadak berencana dengan sembilan bis akan  berangkat berwisata dan berliburan kembali ke Dufan.

Salah satu Acara Karnaval Di Dufan (Foto Dok.Pribadi)
Dufan ?Siapa yang tak kenal obyek wisata ini. Dunia Fantasi yang dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1986, dan popular dengan sebutan Dufan, merupakan theme park pertama yang dikembangkan oleh Ancol. Dufan merupakan pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui berbagai content wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 8 kawasan, yaitu: Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera. Perseroan juga menjadikan Dufan sebagai salah satu pusat edutainment yang ada di Ancol yakni dengan dibukanya Fisika Dunia Fantasi (Fidufa) dan Pentas Prestasi. Dufan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008 sejak 2009. (sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Impian_Jaya_Ancol)

Ke 8 Kawasan itu meliputi : Kawasan Indonesia ( Alap-alap dan Tornado), Kawasan Jakarta (Turangga-rangga), Kawasan Asia (Baku Toki, Bianglala, Gajah Beledug, Kora-kora), Kawasan Eropa (Beng-beng,Kicir-kicir,Panggung Maxima,Hysteria), Kawasan Amerika (Lorong sesat, Niagara, Poci-poci,Rumah miring, Tembak Jitu), Kawasan Kalila (Kalila,Ubanga-ubanga), Kawasan Hikayat ( Arung Jeram, Burung tempur, Halilintar, Ombang-ombang, Ontang-anting, Perang Bintang, Pontang-pontang), dan Kawasan Istana (Istana Boneka) (sumber http://www.ancol.com/dufan).

Saat Santai Sang Anak dan isteri di Dufan (Foto Dok.Pribadi)
Dari kedelapan kawasan yang ada di Dufan, tentunya menjadi impian dan harapan serta idola para pengunjung termasuk guru dan para siswa di Nusantara ini.  Kenangan satu tahun yang lalu , saya dan  dua putra tersayang serta rombongan Sekolah SMPN 3 Cibadak. Masih ingat waktu itu , kami tidak bisa menikmati keseluruhan permainan dan uji nyali yang di sajikan oleh dufan. Istana Boneka, Lorong sesat, Arung Jeram, Panggung Maxima,Gajah beledug dan rumah miring.Itulah wahana yang yang bisa dinikmati oleh kedua putra kami. Dan untuk saya, hanya bisa melihat dan mengawasi mereka menikmati wahana-wahana yang ada di Dufan. Dari roman dan raut wajah mereka terpancar rasa senang, bahagia, senyum kegembiraan, teriak ke ketakutan,dan perasaan lainnya yang susah di ungkapkan. Yang jelas,  Dufan telah memberikan kenangan terindah bagi keluarga kami khususnya. Kenangan yang tak bisa di lupakan dalam hidup keluarga kami. Dufan telah menghipnotis pikiran semua pengunjungnya, termasuk saya, para siswa dan kedua anak saya.

Kenapa DUFAN jadi Idola dan Impian Para Guru dan Siswa?
Berikut saya mencoba menelaah dan membuat catatan berdasarkan realita yang terjadi di sekolah, khususnya SMP Negeri 3 Cibadak, mungkin juga di sekolah-sekolah lainnya, kenapa DUFAN jadi obyek wisata dan hiburan Idola dan Impian Para Guru dan Siswa:

Dari Segi Promosi 
Brosur Dufan, daya tarik buat para siswa (foto Dok.Pribadi)
Taman Impian Jaya Ancol termasuk di dalamnya DUFAN konsisten dan profesional dalam segi promosi ke sekolah-sekolah dengan menunjuk agen-agen yang profesional yang hampir ada di setiap kota kecamatan dengan bonus dan discount yang cukup menarik.

Dari Segi Fasilitas dan Pelayanan
Fasilitas seperti : Telepon Umum, PPPK, Toilet, Acara khusus, Kursi Roda, Parade, Mushola, Fasttrack, Club Dufan & Lounge , tersedia dengan baik dan nyaman

Fasilitas dan Obyek wisata Dufan cukup eksklusif istimewa sejak kedatangan hingga akhir kunjungan bagi para pengunjungnya

DUFAN salah satu obyek yang  wisata hiburan dan rekreasi untuk semua kalangan,mulai dari usia TK,SD,SMP,SMA/SMK sampai mahasiswa dan kalangan umum tanpa ada perbedaan status.

Fasilitas Permainelalan/Obyek selalu berinovasi mengikuti perkembangan jaman (Selalu ada permainan baru tiap tahunnya), seperti Kawasan Kalila Kalila Adventure (Wahana baru dunia fantasi).
Wahana ini diluncurkan pada 18 Juni  2011 untuk menyambut musim liburan sekolah. Kalila Adventure disebut-sebut sebagai pentas animatronik terlengkap pertama di dunia. Karena menggabungkan empat unsur teknologi yaitu film, animatronik, musical show, dan special effect. Kalila Adventure menampilkan karakter-karakter lucu binatang-binatang Indonesia. Beberapa karakter memang ikon dari Dufan. Mereka bersama-sama tinggal di hutan dan bekerja sama menghadapi bencana gunung merapi. Pentas ini penuh dengan berbagai lagu anak-anak karena itu pentas tersebut pantas disebut sebagai drama musikal. Hanya saja yang bernyanyi adalah robot-robot karakter. Ada Ubangga dan Safari game.

Wahana-wahana yang di tawarkan oleh Pihak Ancol
Adanya EX WAHANA :
  • Puri Misteri/Bima and the Dragon
  • Rama Shita Legenda masa depan
  • Yunior Bogati
  • Balon Race
  • Undur undur
  • Kunang kunang
  • Panggung Jakarta
  • Annimatronic Theater of Science/Teater sang Pelopor
  • Red Baroon
  • Balada Kera
Selalu ada parade Dunia Fantasi . Euforia dunia fantasi hidup dalam parade mingguan yang mengikutkan lebih dari 200 profesional seniman, penari dan musisi semua dalam kostum menarik dan spektakuler. Parade ini biasanya dihadirkan setiap hari minggu atau libur nasional.

Luas Arena lahan yang cukup luas yang mencapai 9.5 hektar dari rencana pembangunan 552 hektar kawasan hiburan terpadu, sehingga memiliki sejumlah restoran dan toko-toko Suvenir yang cukup memiliki daya tarik buat para pengunjungnya

Dari Segi Banyaknya Wahana yang di sajikan
Dunia Fantasi dibagi dalam beberapa kawasan dengan tema tersendiri dan ciri khas wilayah masing-masing. Pembagian kawasan ini ditujukan untuk membangkitkan imajinasi pengunjung yang diharapkan merasakan sensasi berjalan-jalan pada daerah Jakarta zaman dahulu, Eropa, Amerika, Indonesia, Asia, Fantasi,  Yunani, Fantasi Hikayat, Balada Kera, dan Istabon. Ini membuat para pengunjung penasaran ingin menikmatinya. Karena banyak pengunjung tiap hari, maka tak mungkin bisa dinikmati dalam satu hari semua wahana tersebut, akhirnya pengunjung harus bermimpi dan berkunjung kembali di lain waktu. Benar-benar daya tarik dan usaha yang cukup profesional.

Dari Segi HTM ( Harga Tanda Masuk )
Masih terjangkau untuk semua kalangan terutama para siswa di daerah.

Itulah daya tarik yang menjadikan DUFAN jadi Idola dam Mimpi para guru di setiap tahunnya. Untuk mengakhiri tulisan ini, berikut saya sampaikan sedikit celotehan para siswa dan guru setelah berkunjung ke DUFAN :

Celotehan Para Siswa :
DUFAN tempat yang mengasyikan, seru, tak hanya permainan ada pengetahuannya, sayang tak bisa minum dan makan, terlalu mahal harganya buat siswa di daerah…..senang bisa foto-foto dengan badut, …..wow harga-harga di DUFAN  selangit tak cocok dengan kantong kami pelajar dari daerah….tempatnya menakjubkan, indah ….penjaga wahananya ganteng-ganteng and cantik-cantik dan murah senyum….tempatnya adem…tak terlalu  panas…asyik pokoknya apalagi buat kawula muda….sayang seribu kali sayang tak bisa bawa makanan dan minuman….wahananya banyak sekali susah untuk bisa dinikmati semuanya, tempat/lokasinya  luas bikin pusing keluar ….foto-fotonya mengasyikan dan menantang…penjaga-penjaganya ramah-ramah …..begitu masuk ngantri, kurang  enak jadi ngga bisa cepet main dan menikmati wahana….ada wahana yang  wow serem…..harga di dalam mahal-mahal-mahal..harga kota!….beli makanan dan minuman  harus banyak uangnya…..


Suara Hati Sang Pendidik :
Tempatnya enak,permainannya seru,dunia lain…serem…..kurang menikmati zona-zona yang ada di DUFAN, karena usia, tapi bahagia melihat anak-anak bisa mnikmatinya…..wow harga makanan/minuman dan barang lainnya selangit, tak cocok buat pengunjung seperti kami dari daerah, sangat di sayangkan!…..Ramah-ramah para petugasnya….konsep hiburan yang disatukan dengan pengetahuan menambah daya tarik untuk mengunjungi DUFAN lagi……harga-harga perlu di tinjau kembali, mahal-mahal…….arena permainan perlu ditambah dan disesuaikan dengan usia pengunjung…..Tempatnya nyaman, tidak khawatir kena hujan, toilet dan mushola super bersih, wahana-wahananya Mantap, seru dan menakjubkan……Jajanan Mahal sekali…….Jangan lelet ketika menangani rombongan memesan tiket masuk….antrian cukup panjang tak ada diskriminasi… ada tempat informasi……….., harga mie rebus selangit harganya……sauvenir DUFAN mantap Harganya , cocok buat para orang berduit dan berkantong tebal, buat guru ????……!!! Yang Jelas DUFAN Bikin Waktunya LUPA WAKTU ...asyik !! 







4 comments:

putri megasari said...

Halo, blogger. saya putri dari admin komunitas VIVAlog. Kirimkan data pribadi anda ke putri.megasari@viva.co.id dengan format:

Nama:
Email:
No.Hp:
Alamat:
Judul Artikel:
Akun Twitter:

Karena yang sudah submit akan di data.
Terima kasih :)

IWAN SUMANTRI said...

@Mba Putri Megasari: Makasih Mba atas informasi dan konfirmasinya....Data Pribadi udah saya kirimkan !

krani said...

Jadi ingat kenangan masa lalu...mau lagi ah ke Dufannya...tak ada bosan2 nya !

IWAN SUMANTRI said...

@Mba Krani : So Pasti...Dufan bisa menghipnotis keinginan kita untuk selalu dan betah berkunjung ...tak akan ada bosannya !