Sabtu, 24 November 2012

PBM Matematika Iwan Sumantri : Disupervisi Kepala Sekolah

PBM Matematika Iwan Sumantri : Disupervisi Kepala Sekolah
Oleh: Iwan Sumantri

"Saat Siswa sedang diskusi di Kelompok Ahli"
Kamis, 22 November 2012 seperti tahun pelajaran sebelumya, setiap pertengahan semester agenda supervisi Kepala Sekolah di laksanakan di SMP Negeri 3 Cibadak.Alhamdulilah hari itu PBM Matematika Iwan Sumanttri mendapat jadwal untuk di supervisi oleh Kepala sekolah.

Seperti halnya guru mau di supervisi tentunya perlu persiapan ekstra, demikian juga dengan PBM Matematika Iwan Sumantri, mulai dari 10 administrasi guru yang harus dipersiapkan dan dilaksanakan yaitu : 1) Ada Buku Daftar Nilai; 2) Melaksanakan test; 3) Penugasan terstruktur ; 4) Kegiatan Mandiri Tidak tersruktur ; 5) Melaksanakan penilaian keterampilan (Psikomotorik); 6) Melaksanakan Penilaian Afektif Akhlak Mulia; 7) Melaksanakan Penilaian Afektif Kepribadian; 8) Program dan Pelaksanaan Remidial; 9) Analisis Ulangan Harian; 10) Bank Soal/Instrumen Tes.

Kegiatan supervisi diawali dengan wawancara awal Kepala Sekolah dengan guru mata pelajaran sebelum masuk kelas, dengan limit waktu kurang lebih 5 menit,  Kepala Sekolah mengajukan sekitar 8 pertanyaan yang harus di jawab oleh guru, yaitu:
1) KD/Indikator apa yang akan saudara sajikan?
2) Metode apa yang akan saudara gunakan dalam pembelajaran KD kali ini? Apa alasan saudara memilih metode tersebut?
3) Alat dan bahan (Sumber Belajar) apakah yang saudara siapkan? Jelaskan alasannya?
4) Jelaskan Tahapan pembelajaran yang akan saudara sajikan?


5) Persiapan tertulis apa saja yang saudara buat?
6) Materi apa yang dianggap sulit oelh siswa berdasarkan perkiraan saudara? Jika, ada materi apa? Jelaskan alasan saudara !
7) Kompetensi apa yang bisa dimilki oleh siswa setelah mengikuti pelajaran sesuai dengan harapan saudara?
8) Apa yang perlu menndapat perhatian khusus pada pembelajaran kali ini.

Setelah itu, barulah saya masuk ke kelas seperti biasa PBM pada hari-hari sebelumnya diawali dengan Ucapan Salam, berdoa dan mengaji , dan berikutnya adalah: 
Kegiatan Pendahuluan  (seperti menyaipakan peserta didik; melakukan apersepsi; menjelaskan KD dan tujuan yang ingin dicapai; menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan seuai silabus/kesiapan bahan ajar; penampilan guru )  

"Diskusi membuat siswa berpikir kritis untuk menyelesaikan LKS"
Kegiatan Inti  Pembelajaran ( Eksplorasi; Elaborasi; Konfirmasi: misalnya : memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tertulis,isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa).

Penutup (Membuat rangkuman/simpulan, Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah di lakukan; memberikam umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran;; Memberi tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tidak tersturktur; Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya).

Lebih rinci skenario pembelajaran bisa dilihat di RPP yang sudah di buatkan dan di persiapkan sebelumnya dengan model pembelajaran Cooperatif learning Type Jigsaw dengan 6 Kelompok ( Kelompok Aljabar, Kelompok Geometri; Kelompok Aritmetika; Kelompok Phytagoras, Kelompok Kalkulus, Kelompok  Trigonometri ). Kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik sesuai setting pembelajaran yang di rencanakan. Bagi Kelompok siswa yang mendapatkan Bintang (Penghargaan terbanyak) akan mendapatkan Piagam berikut ini ! 

Demikiam, catatan kecil seorang guru yang di supervisi oleh Kepala Sekolah. Selain menambah motivasi untuk mengajar lebih baik kedepannya, tentunya dengan supervisi tersebut para guru (khususnya saya) akan lebih mendekati untuk menjadi guru yang profesional yang sebenarnya !

Berikut beberapa administrasi yang bisa di buatkan saat supervisi tersebut untuk bahan sharing dengan Bapak/Ibu Guru lainnya . 
 
1) Contoh RPP Yang di gunakan bisa di download sini !
2) Contoh LKS bisa di download disini
3) Contoh Soal Test Bisa di download disini !
4) Album Foto Kegiatan PBM bisa di lihat disini ! 

3 komentar:

subhandepok mengatakan...

Ini baru guru sebenar-benarnya guru. Mohon izin sedot Contoh RPP dan LKS-nya, semoga Insya Alloh Pak Iwan Cepat Menjadi Kepsek Masa Depan. Terima kasih

subhandepok mengatakan...

Ini benar-benar guru sebenarnya, terima kasih izin sedot RPP dan LKS-nya

IWAN SUMANTRI mengatakan...

@Pak Subhandepok: Makasih Pak atas apresiasinya....dengan senang hati RPP sederhana bisa di gunakan di sekolah bapa ! Sukses buat semuanya!