Monday, December 24, 2012

Enam Langkah Sukses Bank Mandiri di Mata Seorang Guru

Oleh : Iwan Sumantri

Di era globalisasi dan abad milinium serta menjamurnya dunia maya yang syarat dengan teknologi digital, siapa sih yang tak mengenal Bank. 
Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote.Kata bank berasal dari bahasa Italia dari kata banca berarti tempat penukaran uang . Sedangkan menurut undang-undang perbankan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit  dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
Industri perbankan telah mengalami perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir. Industri ini menjadi lebih kompetitif karena deregulasi peraturan Saat ini, bank memiliki fleksibilitas pada layanan yang mereka tawarkan, lokasi tempat mereka beroperasi, dan tarif yang mereka bayar untuk simpanan deposan.

Salah satu Bank yang kita kenal dengan beberapa slogannya:  " Bank Terpercaya Pilhan Anda"; "Satu Hati , Satu Negeri, Satu Bank" ; "Melayani Dengan Hati Menuju Yang Terbaik; " Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda " yaitu Bank Mandiri . 

Bank Mandiri adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) publik, bank yang berkantor pusat di Jakarta, dan merupakan bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit,  yang berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Eksport Import Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia  (Bapindo), digabungkan ke dalam Bank Mandiri.

Setelah selesainya proses merger, Bank Mandiri kemudian memulai proses konsolidasi, termasuk pengurangan cabang dan pegawai. Selanjutnya diikuti dengan peluncuran single brand di seluruh jaringan melalui iklan dan promosi.
Salah satu pencapaian penting adalah penggantian secara menyeluruh platform teknologi. Bank Mandiri mewarisi sembilan sistem perbankan dari keempat ‘’’legacy banks’’’. Setelah investasi awal untuk konsolidasi sistem yang berbeda tersebut, Bank Mandiri mulai melaksanakan program penggantian platform yang berlangsung selama tiga tahun, dimana program pengganti tersebut difokuskan untuk meningkatkan kemampuan penetrasi di segmen ‘’’retail banking’’’.

Pada saat ini, infrastruktur teknologi informasi Bank Mandiri sudah mampu melakukan pengembangan ‘’’e-channel’’’ & produk retail dengan ‘’’Time to Market’’’ yang lebih baik.
Dalam proses penggabungan dan pengorganisasian ulang tersebut, jumlah cabang Bank Mandiri dikurangi sebanyak 194 buah dan karyawannya berkurang dari 26.600 menjadi 17.620. Direktur Utamanya yang pertama adalah Robby Djohan Kemudian pada Mei 2000, posisi Djohan digantikan ECW Neloe. Neloe menjabat selama lima tahun, sebelum digantikan Agus Martowardojo sebagai Direktur Utama sejak Mei 2005.
Pada Maret 2005, Bank Mandiri mempunyai 829 cabang yang tersebar di sepanjang Indonesia dan enam cabang di luar negeri. Selain itu, Bank Mandiri mempunyai sekitar 2.500 ATM dan tiga anak perusahaan utama yaitu Bank Syariah mandiri, Bank Sekuritas dan AXA Mandiri. 

Nasabah Bank Mandiri yang terdiri dari berbagai segmen merupakan penggerak utama perekonomian Indonesia. Berdasarkan sektor usaha, nasabah Bank Mandiri bergerak dibidang usaha yang sangat beragam. Sebagai bagian dari upaya penerapan ‘’’prudential banking’’’ & ‘’’best-practices risk management’’’, Bank Mandiri telah melakukan berbagai perubahan. Salah satunya, persetujuan kredit dan pengawasan dilaksanakan dengan ‘’’four-eye principle’’’, dimana persetujuan kredit dipisahkan dari kegiatan pemasaran dan business unit. Sebagai bagian diversifikasi risiko dan pendapatan, Bank Mandiri juga berhasil mencetak kemajuan yang signifikan dalam melayani Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan nasabah ritel. 

Pada akhir 1999, porsi kredit kepada nasabah ‘’’corporate’’’ masih sebesar 87% dari total kredit, sementara pada 31 Desember 2009, porsi kredit kepada nasabah UKM dan mikro telah mencapai 42,22% dan porsi kredit kepada nasabah consumer sebesar 13,92%, sedangkan porsi kredit kepada nasabah ‘’’corporate’’’ mencakup 43,86% dari total kredit.

Sesudah menyelesaikan program transformasi semenjak 2005 sampai dengan tahun 2009, Bank Mandiri sedang bersiap melaksanakan transformasi tahap berikutnya dengan merevitalisasi visi dan misi untuk menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif.

Hingga Desember 2011, total aset Bank Mandiri telah mencapai Rp 551,9 Triliun, dimana jumlah ini berlipat ganda dari total aset di tahun 2006 (sebesar Rp 267 Triliun), atau tumbuh 15,6% (CAGR). Ini mengukuhkan posisi Bank Mandiri sebagai bank terbesar di Indonesia. Kredit Bank Mandiri juga tumbuh menjadi Rp 314,4 Triliun, meningkat 22% (CAGR) dari kredit tahun 2006 yang sebesar Rp 118 Triliun. Sedangkan net profit kami tumbuh menjadi Rp 12,2 Triliun, meningkat 28,3% (CAGR) dari tahun 2006 yang sebesar Rp 2,4 Triliun. Selain menjadi bank pemberi pinjaman terbesar di Indonesia (secara konsolidasi), Bank Mandiri juga merupakan bank penyimpanan terbesar di Indonesia dengan dana pihak ke tiga sebesar Rp 422,3 Triliun. Bank Mandiri juga telah berhasil mempertahankan kualitas aset yang kuat, dibuktikan dengan nilai Gross dan Net NPL Ratio yang masing-masing sebesar 2,21% dan 0,52%. Salah satu momen penting dalam proses transformasi tahap 2 ini adalah suksesnya rights issue pada Februari 2011 untuk memperkuat permodalan bank. Dengan ini, modal Bank Mandiri telah mencapai Rp 62,7 Triliun, meningkat dari 48,9% tahun ke tahun dan menjadi bank pertama di Indonesia yang meraih gelar Bank Internasional, sesuai dengan Banking Architecture atau Arsitektur Perbankan Indonesia (API).

Melihat data diatas, Bank Mandiri telah sukses menjadi Bank sebagai institusi finansial holding terkuat di Indonesia.

Menurut saya selaku seorang guru , Bank Mandiri telah melakukan 6 langkah Sukses, yaitu : 1) Berani berMIMPI sesuatu yang tidak mungkin ; 2) Berani ACTION meskipun kata orang tidak mungkin; 3) Membuat TARGET-target baru setiap waktu; 4) BeKERJA keras;  5) BerSYUKUR dan bersyukur; 6) BerDOA.  
Uraian keenam langkah sukses Bank Mandiri yang saya catat selaku seorang guru adalah :

1) Bank Mandiri  berani bermimpi Untuk sesuatu Yang Tak Mungkin

"Apa Keinginan Anda, Bank Mandiri Saja" Sebuah Mimpi dan Cita-Cita dari Sebuah Bank yang menginginkan menjadi Bank terbaik di Negeri ini dan bahkan di tingkat dunia.
Coba simak Video berikut ini :

Banyak kejutan, Mimpi nyata sebuah perbankan serta optimisme orang-orang perbankan adalah pesan yang saya dapatkan dalam TVC Bank Mandiri “Life in Mandiri” ini. Di wakili generasi muda yang aktif, percaya diri, penuh kreasi, dan inovasi . Bank Mandiri menjadi partner yang tepat bagi semua kalangan termasuk wirausaha muda yangg ingin mengembangkan diri dan merancang masa depan penuh harapan. Fasilitas Bank Mandiri terasa pas dan tidak berlebihan dalam melayani nasabah. Mengusung jingle dari Maliq N d’Essentials-Pilihanku, Bank Mandiri selalu jadi pilihan terbaik semua kalangan termasuk para guru didalamnya. Apapun Keinginan Anda, Mandiri saja, sebuah slogan yang penuh makna dan mengandung arti kepercayaan diri untuk berbuat terbaik bagi para nasabahnya.

2) Bank Mandiri berani Action walaupun kata orang tidak mungkin 

Action 1 : Konsolidasi dan Integrasi. Segera setelah merger, Bank Mandiri melaksanakan proses konsolidasi secara menyeluruh. Pada saat itu, Bank Mandiri menutup 194 kantor cabang yang saling berdekatan dan rasionalisasi jumlah karyawan dari jumlah gabungan 26.600 menjadi 17.620. Brand Bank mandiri diimplementasikan ke semua jaringan dan seluruh kegiatan periklananan dan promosi lainnya. Salah satu prestasi Bang Mandiri yang paling signifikan adalah dengan mengganti platform teknologinya secera menyeluruh. Bank Mandiri mewarisi total 9 core banking system yang berbeda dari 4 bank pendahulunya. Bank Mandiri segera beinvestasi untuk menkonsolidasikan sistem-sistem dari platform yang terkuat. Sebuah Action yang berani di lakukan oleh Bank Mandiri untuk meraih kesuksesan seperti sekarang ini.

Dibutuhkan tiga tahun dan dana sebesar US $200 Juta demi mengembangkan program untuk menggantikan core banking platform sebelumnya agar sesuai dengan standar perbankan ritel. Kini insfrasturktur IT Bank Mandiri telah menyediakan system pengelolaan data straight-trough dan interface yang seragam bagi pelanggannya. Action yang perlu perhitungan matang untuk menjadi sukses seperti sekarang ini.

Action 2 : Program Transformasi secara bertahap. Bank Mandiri melakukan Program Transformasi dalam tiga tahap, yaitu:

Tahap 1 (2006-2007) Back on Track : Dalam tahapan ini, fokus utama kami adalah merekonstruksi ulang fondasi Bank Mandiri untuk pertumbuhan di masa depan

Tahap 2 (2008-2009). Outperform the Market : Dalam periode ini, Bank Mandiri lebih menekankan ekspansi bisnis untuk menjamin pertumbuhan yang signifikan di berbagai segmen dan mencapai level profit yang mampu melampaui target rata-rata pasar

Tahap 3 (2010). Shaping the End Game : Di tahap ini, Bank Mandiri menargetkan diri untuk menjadi bank regional terdepan melalui konsolidasi dari bisnis jasa keuangan dan lebih mengutamakan peluang strategi pertumbuhan non-organik, termasuk memperkuat kinerja anak perusahaan dan akuisisi bank atau perusahaan keuangan lainnya yang dapat memberikan nilai tambah bagi Bank Mandiri

Proses transformasi yang telah dijalankan sejak tahun 2005 hingga tahun 2010 ini secara konsisten berhasil meningkatkan kinerja Bank Mandiri. Hal ini tercermin dari peningkatan berbagai parameter finansial, diantaranya:
  • Kredit bermasalah turun signifikan, tercermin dari rasio NPL net konsolidasi yang turun dari 15,34% di tahun 2005 menjadi 0,62% di tahun 2010.
  • Laba bersih Bank Mandiri juga tumbuh sangat signifikan dari Rp 0,6 Triliun di tahun 2005 menjadi Rp 9,2 Triliun di tahun 2010.
Action 3 : Sejalan dengan transformasi bisnis, Bank Mandiri juga melakukan transformasi budaya dengan merumuskan kembali nilai nilai budaya untuk menjadi pedoman kerja pegawai. Bank Mandiri juga berhasil mencatat sejarah dalam peningkatan kualitas layanan, yaitu menjadi service leader perbankan nasional dengan menempati urutan pertama pelayanan prima selama empat tahun berturut-turut (tahun 2007, 2008, 2009 dan 2010) berdasarkan survey Marketing Research Indonesia (MRI). Selain itu, Bank Mandiri juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak dalam penerapan Good Corporate Governance.

Peningkatan kinerja Bank Mandiri mendapatkan respon positif oleh investor, tercermin dari meningkatnya harga saham Bank Mandiri secara signifikan dari posisi terendah Rp 1.110 per lembar saham pada 16 November 2005, menjadi Rp 6.300,- per lembar saham pada 30 September 2011, atau meningkat 33,6% per tahunnya berdasarkan rata-rata (CAGR). Dalam kurun waktu kurang lebih 6 tahun, nilai kapitalisasi pasar Bank Mandiri meningkat sekitar 7 kali lipat, dari Rp 21,8 Triliun menjadi Rp 146,9 Triliun.

Action 4 : Program Transformasi Tahap II (2010 - 2014)

Saat ini Bank Mandiri tengah melaksanakan tahap transformasi lanjutan tahun 2010-2014, dimana Bank Mandiri telah melakukan revitalisasi visi, yaitu "Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang Paling dikagumi dan Selalu Progresif".

3) Bank Mandiri Membuat Target-Target baru setiap waktunya

Sesuai dengan Visi dan Misinya Bank Mandiri membuat target-target baru untuk merealisasikan Visi dan Misinya.

Target 1 : Menjalankan Visi dan Misi secara optimal

Visi :  Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif

Misi:

  • Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
  • Mengembangkan sumber daya manusia professional
  • Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder
  • Melaksanakan manajemen terbuka
  • Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan
Target 2 :
Bank Mandiri berkomitmen membangun hubungan jangka panjang yang didasari atas kepercayaan baik dengan nasabah bisnis maupun perseorangan. Bank Mandiri  melayani seluruh nasabah dengan standar layanan internasional melalui penyediaan solusi keuangan yang inovatif. Bank Mandiri ingin dikenal karena kinerja, sumber daya manusia dan kerjasama tim yang terbaik.

Dengan mewujudkan pertumbuhan dan kesuksesan bagi pelanggan, Bank Mandiri  mengambil peran aktif dalam mendorong pertumbuhan jangka panjang Indonesia dan selalu menghasilkan imbal balik yang tinggi secara konsisten bagi pemegang saham.

Target 3 :
Sejalan dengan visi tersebut, Bank Mandiri juga menargetkan mampu mencapai nilai kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia, yaitu di atas Rp 225 Triliun dengan pangsa pasar pendapatan mendekati 16%, ROA mencapai kisaran 2,5% dan ROE mendekati 25%, namun tetap menjaga kualitas asset yang direfleksikan dari rasio NPL gross di bawah 4%. Bank Mandiri juga berambisi untuk masuk dalam jajaran Top 5 Bank di ASEAN pada tahun 2014.

Target 4 :
Di tahun 2020, Bank Mandiri menargetkan untuk masuk dalam jajaran Top 3 Bank di ASEAN dalam hal nilai kapitalisasi pasar dan menjadi pemain utama di regional. Untuk mewujudkan visi tersebut, transformasi bisnis di Bank Mandiri tahun 2010 - 2014 akan difokuskan pada 3 (tiga) area bisnis yaitu:

Wholesale transaction

Bank Mandiri akan memperkuat leadership-nya dengan menawarkan solusi transaksi keuangan yang komprehensif dan membangun hubungan yang holistik melayani institusi corporate dan commercial di Indonesia.

Retail deposit & payment  

Bank Mandiri memiliki aspirasi untuk menjadi bank pilihan nasabah di bidang retail deposit dengan menyediakan pengalaman perbankan yang unik dan unggul bagi para nasabahnya.

Retail Financing 

Bank Mandiri memiliki aspirasi untuk meraih posisi nomor 1 atau 2 dalam segmen pembiayaan ritel, terutama untuk memenangkan persaingan di bisnis kredit perumahan, personal loan, dan kartu kredit serta menjadi salah satu pemain utama di micro banking.

Ketiga area fokus tersebut didukung dengan penguatan organisasi dan peningkatan infrastruktur (cabang, IT, operation dan risk management) untuk memberikan solusi layanan terpadu. Disamping itu, Bank Mandiri didukung oleh Sumber Daya Manusia yang handal, teknologi yang selalu update, penerapan manajemen risiko dalam menjalankan bisnis secara seksama dan penuh pertimbangan, serta penerapan Good Corporate Governance yang telah teruji.

Selain itu Bank mandiri berani menerapkan dan menjalankan  Budaya TIPCE
  • Trust
  • Membangun keyakinan dan sangka baik diantara stakeholders dalam hubungan yang tulus dan terbuka berdasarkan kehandalan.
  • Iintegrity
  • Setiap saat berpikir, berkata dan berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi kode etik profesi.
  • Professionalism
  • Berkomitmen untuk bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab.
  • Customer Focus
  • Senantiasa menjadikan pelanggan sebagai mitra utama yang saling menguntungkan untuk tumbuh secara berkesinambungan.
  • Excellence
  • Mengembangkan dan melakukan perbaikan di segala bidang untuk mendapatkan nilai tambah optimal dan hasil yang terbaik secara terus-menerus.
      
4) Bank Mandiri Bekerja Keras Untuk Menjadi Bank Yang terbaik di Negeri ini

Untuk merealisasikan slogannya : " Bank Terpercaya Pilhan Anda"; "Satu Hati , Satu Negeri, Satu Bank" ; "Melayani Dengan Hati Menuju Yang Terbaik; " Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda " yaitu Bank Mandiri  .tentunya harus dengan kerja keras semua komponen yang ada di Bank Mandiri . Bagimana kerja keras Bank Mandiri , bisa kita rasakan dengan berbagai macam cara, teknik dan solusi untuk menarik nasabahnya dengan program-program Mandirinya , salah satunya dengan Consumer Bankingnya, diantaranya:

Mandiri KPA. Mandiri Kredit Tanpa Agunan adalah kredit perorangan tanpa agunan dari Bank Mandiri untuk berbagai keperluan, yang di berikan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan.

Mandiri KPR adalah KPR program dari Bank Mandiri yang menyediakan Anda dengan kesempatan untuk membeli rumah sendiri, apartemen, ruko atau rumah dan kantor gabungan, apakah dibeli melalui pengembang atau dengan penjualan pribadi.
  
Mandiri Tabungan. Nikmati Kemudahan dan Kenyamanan layanannya

  •  Hanya dengan setoran awal sebesar Rp 500.000,- Anda telah memiliki rekening Mandiri Tabungan
  • Pembukaan rekening, penyetoran maupun penarikan dana tabungan dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri
  • Anda mendapatkan Mandiri Debit yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit yang dapat digunakan untuk berbelanja dan pembayaran lainnya di merchant-merchant yang berlogo VISA baik di dalam maupun di luar negeri
  • Dapat bertransaksi di 8.996 ATM Mandiri, 26.000 ATM Bersama, 23.602 ATM LINK, 31.700 ATM Prima maupun 1.700.000 ATM berlogo VISA di seluruh dunia
Mandiri Tabungan Rencana. Mempersiapkan masa depan terbaik. Tabungan dengan setoran wajib bulanan yang memberikan Anda Ekstra perlindungan Asuransi . tersedia dalam valuta Rupiah dan US Dollar.

Mandiri Kartu Kredit, yang terdiri dari mandiri Visa dan Mandiri Master Card. Kartu Mandiri adalah fasilitas kartu dari Tabungan Mandiri/Giro Rupiah Perorangan yang memberikan Anda keuntungan dan keleluasaan penggunaan seperti kartu kredit. Tidak repot membawa berbagai macam kartu untuk sekedar tarik tunai, bayar tagihan dan berbelanja.

Manfaat Kartu Mandiri, kartu istimewa serbaguna yang dapat berfungsi sebagai kartu ATM sekaligus Debit. Bersama Kartu Mandiri, nikmati kemudahan transaksi setiap saat dan dimanapun Anda berada untuk menemani setiap ativitas Anda.

Mandiri Mobile. Transaksi termudah yang di ciptakan oleh Bank Mandiri untuk kenyamanan para nasabah sebuah inovasi terbaru di era digital untuk mempermudah mereka yang aktif di dunia mobile banking.

Mandiri Mobile Tutorial

Masih banyak keras yang dilakukan oleh Bank Mandiri. Bisa di lihat di Webnya berikut ini :

"Apapun Keingan Anda, Bank Mandiri Saja"
5) Bank Mandiri selalu Bersyukur dan Bersyukur pada para nasabahnya.

Rasa syukur Bank Mandiri bisa kita rasakan dengan slogan nya " Bank Terpercaya Pilhan Anda"; "Satu Hati , Satu Negeri, Satu Bank" ; "Melayani Dengan Hati Menuju Yang Terbaik; " Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda " . di realisasikan dalam bentuk layanan 24 Jam bagi para nasabahnya, pemberian hadiah yang menggiurkan lewat Mandiri Fiestanya, Mandiri Career, dan lainnya yang sudah di rasakan oleh para nasabahnya.

Rasa syukur ini juga tidak lepas dari penghargaan yang sudah di dapat Bank Mandiri selama ini,diantaranya :
lengkapnya ada disni .
Semua penghargaan diatas tentunya perlu di syukuri oleh semua jajaran Bank Mandiri .

6) Bank Mandiri selalu Berdoa di segala Aktifitas Perbankannya

Inilah langkah terakhir yang di lakukan oleh jajaran Bank Mandiri dalam meraih kesuksesan di usaha Perbankannya, selalu berdoa dan berharap pada Sang Penguasa ,Sang Kholik, Sang Pencipta, tanpa itu semuanya Bank Mandiri tak ada apa-apanya. Suatu kesuksesan yang perlu di tiru oleh Perbankan lainnya....Apapun Keinganan Anda, Bank Mandiri Saja ! Solusi terbaik bagi Kita Semua !
============================================================
Referensi/Sumber :
1) http://www.bankmandiri.co.id/ 
2)  http://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Mandiri

Blog Kontes Bank Mandiri

Bukti Following Twitter @MadiriFiesta dan FB MandiriFiesta





12 comments:

Yani Sumanti said...

Bank Mandiri memang solusi terbaik buat apa saja keperluannya ! Sudah terasa..karena kita adalah nasabahnya ! Tunggu apa lagi ayo ke bank mandiri !

r10 said...

mandiri dulu bank kecil, lalu mereka membuat strategi yang tepat

akhirnya jadi pemimpin pasar

Iwan Sumantri said...

@Bu Yani Sumanti: Makasih atas apresiasinya ! Semoga Keperluan yang kita butuhkan ada di Bank mandiri...sukses buat semuanya!
@r10 : Benar....sekarang Bank Mandiri Jadi Bank Besar dan handal di negeri ini ! Sukses buat Bank Mandiri dan tentunya para nasabahnya !

Krani Pratiwi said...

Mau ah jadi nasabah bank mandiri...bentar lagi kan jadi anak kuliahan, pas kayanya Bank Mandiri..apa pun keperluannya Bank mandiri saja !

Iwan Sumantri said...

@Krani P : Benar apapun keinginan Anda Bank Mandiri saja ! cocok semua kalangan, apalagi anak kuliahan, yang sering dan perlu untuk keamanan keuangannya !

rahmat fadillah said...

Semngat kang!!!
Kalu gak keberatan Mampir juga Di blog sya!!
Thnaks!!

Puteri Lee Queenie Blog~ said...

Bank Mandiri solusi terbaik buat anak sekolahan....bisa untuk daftar masuk UMPTN kan?

Saniya Fitria said...

Bank Mandiri So pasti ! aku udah punya rekening dan ATM nya. Apapun keperluanku Bank Mandiri saja !

wahyu hadi N said...

ok...hal yang sangat baik,,dan lengkap artikelnya...jangan lupa kunjungi lagi ya untuk silaturahmi di
http://wahyuhouse.blogspot.com/2013/01/muliakan-keluarga-dengan-bank-mandiri.html#links

Iwan Sumantri said...

@Wahyu Hadi : Makasih atas apresiasinya ! Semoga Sukses bersama Bank Mandirinya !

andynoegroho said...

wah, tulisan pak guru lengkap. memang sudah seharusnya sebagai tenaga pendidik melek teknologi dan mampu menulis. semoga sukses bersama mandiri... :)

mampir juga di tempat saya ya pak. salam blogger.
https://andynoegroho.wordpress.com/2013/01/22/nak-apapun-keinginanmu-bank-mandiri-saja/

farichatuljannah said...

Mari semangaaaaat wujudkan impian dengan bank mandiri yaah...
boleh juga baca pengalaman saya tentang bank mandiri pak di http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/02/terima-gaji-plus-plus-dari-bank-mandiri.html terimakasih :-)