Thursday, December 27, 2012

Guru Belajar Internet Untuk mencerdaskan Anak Bangsa, Kenapa Tidak?

Guru Belajar Internet Untuk mencerdaskan Anak Bangsa, Kenapa Tidak?
Oleh : Iwan Sumantri 

Saat  ini kemajuan teknologi semakin pesat dan melaju seperti kilat, susah untuk di ikuti, manakala kita diam dan tak peduli. Termasuk dunia maya dunianya internet. Tahukah anda orang yang buta huruf di abad milinium sekarang ini? Orang yang buta huruf di jaman sekarang ini adalah orang yang tak bisa membaca dan menulis itu salah besar. Dijaman sekarang yang serba maju dan komplek ini,pengertian orang yang buta huruf telah bergeser maknanya, orang yang buta huruf adalah orang yang tak bisa berbahasa inggris dan tidak bisa internetan.
Jadul dan kurang gaul rasanya jika di jaman FB-an,Twitter-an, dan lainnya , seorang guru tidak mengenal imternet (ICT/TIK yang di dalamnya ada INTERNET). Lihat anak dan siswa-siswa kita, berapa ratus bahkan ribuan anak sekolah sudah mahir dan trampil dalam menggunakan internet.Malahan diantara mereka sudah bisa menciptakan anti virus,membuat game sendiri,dan aneka kegiatan lainnnya di internet. Mereka lebih tahu dan piyawai serta lebih bisa, di bandingkan guru nya, ini realita di lapangan. Bandingkan prosentasi siswa dan guru yang bisa internetan. Disekolah saya saja, lebih banyak siswa dibanding guru yang bisa mengakses dan bergelut dengan internet. Tantangan besar kedepan bagi guru di era reformasi dan jaman syarat teknologi ini, khususnya saya, seorang guru Matematika, yang notabene bergelut dengan angka-angka setiap harinya.

Di era globalisasi millenium dan syarat infomasi sekarang ini, internet menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan. Internet memberikan banyak kemudahan-kemudahan dan manfaat untuk kita selama kita memanfaatkannya dengan positif.  Kita bisa membaca dan melihat informasi,artikel, berita-berita update dengan mudah melalui internet, kita tinggal berkunjung ke google misalnya,  apa yang kita inginkan, semuanya tersedia. Apala lagi seorang guru profesional yang disyaratkan harus memilki pengetahuan yang lebih di banding dengan siswanya melalui ICT/Internet.
Kita bisa mengadakan proses belajar mengajar melalui internet, kita bisa berkomunikasi melalui jejaring sosial melalui internet, kita bisa mencari materi-materi reverensi pelajaran  atau sekolah melalui internet, bisa berkirim surat elektronik dengan mudah dan cepat gara-gara internet, banyak hal-hal positif yang bisa di akses melalui internet.
“Belajar dengan Internet untuk mencerdaskan Anak Bangsa, Kenapa Tidak? ” Ya, inilah impian dan kegiatan nyata yang saya lakukan selaku guru matematika sekarang ini. Kenapa kita para guru tidak mencoba memulai gebrakan “Belajar  dengan Internet untuk mencerdaskan Anak Bangsa?
Di sekolah internet sudah menjadi media yang wajib di akses oleh setiap warga sekolah. Guru dan siswa wajib sekarang ini untuk mengakses internet. Ini lahan dan sumber yang menjanjikan bagi dunia bisnis untuk tetap melirik di dunia pendidikan dan menggandengnya menjadi sahabat dalam menjelajah dunia maya.Dilihat dari dunia bisnis Guru dan Siswa sumber bisnis yang menjanjikan bagi penggila dunia internet.
Saya seorang guru matematika, sekarang ini sedang mencoba dan menggagas kegiatan pembelajaran Matematika selalu menggunakan internet, karena memang sekolah kami sudah dilengkapi sarara prasarana untuk bisa akses ke internet. Para Guru dan siswa yang ada di lingkungan sekolah, saya ajak “Go Blog” dengan internet.Ya…Go Blog bukan Goblok. (http://iwansmtri.blogspot.com)
Selain itu, sambil belajar dan terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan  dengan internet untuk mencerdaskan anak bangsa, saya mencoba dalam proses belajar mengajar di kelas selalu menggunakan internet . Saya buat istilah pembelajaran saya dengan sebutan“Belajar Go Blog” , maksudnya setiap mengawali kegiatan belajar mengajar, saya selalu mengajak siswa untuk membuka blog PBM Matematika Iwan Sumantri. Di Blog itu, siswa bisa melihat dan mengakses keperluan siswa dan guru, selain itu siswa bisa mengirmkan tugas-tugas (PR)  ke blog itu melalui buku tamu atau form formulir tugas yang tersedia di blog, soal-soal persiapan UN dan hal lainnnya yang bisa di gunakan untuk proses belajar mengajar Matematika dan materi pelajaran lainnnya.
Sekarang ini, saya sedang mencoba membuat web mobile yang bisa di akses dengan HP secara cepat. Mereka bisa menghadirkan internet di HP masing-masing setelah habis belajar di sekolah. Seperti soal-soal On Line, bahan ajar, dan lainnnya yang bisa di download di HP nya masing-masing. Mereka bisa mengakses nya melalui http://iwansumantri.mywibes.com. Ini web mobile yang cepat bisa di akses melalui HP.
HP nya merek apa saja, yang jelas harus bisa internetan dan ada fulsanya. Nah, ini menurut saya lahan dan  nilai ekonomi yang harus di sambut dan di jemput bola oleh penggila bisnis dunia internet, dengan pelayanannya yang cepat,murah, akurat,dan merakyat. Selain itu itu, saya sedang membuat komunitas “Siswa S3 Cita Idola Go Blog”. Komunitas dimana para siswa belajar membuat, memiliki dan menggunakan blog masing-masing sebagai alat komunikasi di dunia maya, agar mereka cepat mengakses dunia maya nya, tentunya dengan internet yang cerdas, sehingga internet  bisa jadi Sahabat Siswa dan Guru Indonesia.
Saya berharap dengan belajar  internet di dunia pendidikan, dapat membantu dalam upaya mencerdaskan anak bangsa yang cerdas dan bernorma dalam memanfaatkan internet serta  memilih internet  sebagai sahabat nya dunia pendidikan Indonesia.
“Guru Belajar dengan Internet untuk mencerdaskan anak bangsa,kenapa tidak?” inilah impian saya selaku guru Matematika yang selalu ingin maju selangkah dari para siswa.  Ketetapan hati. Itu adalah kebulatan tekat untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan yang sudah-sudah. Lazimnya yang baru ini lebih baik daripada yang dulu.
Di Tahun inilah,  tepat rasa untuk menetapkan cita dan asa bagi diri sendiri. Dengan penuh kesadaran dan keseriusan,  saya awali dengan perenungan yang mendalam dan doa yang khusyuk. Saya memohon perkenan Allah Swt agar saya diberi-Nya kemauan keras dan ketegaran iman untuk mengatasi kelemahan saya di tahun sebelumnya, agar  tak tergelincir oleh godaan untuk menyimpang dari kewajiban dan tugas dari seorang guru yaitu Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, Tut wuri Handayani, untuk selalu mengajar, mendidik dan melatih para siswa guna mencerdaskan anak bangsa dengan internet.
Inilah usaha dan  impian seorang guru Matematika untuk mencerdaskan anak bangsa dengan internet cerdasnya
1.    Mengajak Keluarga untuk bisa internetan Cerdas
Keluargaku Semuanya memiliki Blog
Ini usaha belajar saya yang pertama dalam dunia internet, anak, tetangga, dan keluarga sekitar saya sudah diajak untuk mengenal internet. Kami sekeluarga menggunakan speedy telkom secara berjamaah hadiah dari telkom setelah sekolah kami menjadi juara LCC tingkat Kabupaten. Alhamdulilah selain bisa FB- an, Twitter- an, mereka juga sudah bisa menjelajah dunia maya lewat blog. Ya…berinternetan dengan cerdas, yang pantas dan positif untuk di akses dengan tetap selalu ada pengawasan dari orang tua ( Ing Nagrso Sung Tulodo, memberikan teladan yang cerdas selalu guru pada siswanya dalam penggunaan internet)
2.    Membuat Media pembelajaran di kelas secara On line lewat Internet Cerdas
Ini usaha belajar  saya yang kedua. Saya adalah guru matematika, kenapa kita tidak memanfaatkan internet yang ada di sekolah, untuk membuat media pembelajaran lebih canggih dan mengikuti kemajuan teknologi. Ya, lewat internetlah inilah salah satu medianya. (Ing Madya Mangun Karsa, memiliki keinginan dan memberikan contoh yang baik pada siswanya, bukan hanya menyuruh dan mengajak saja)
3.    Mengajak Rekan Guru dan Siswa “Go Blog” dan Mengenal Dunia Maya Lewat Internet Cerdas
Ini usaha belajar  saya yang ketiga, yang di tahun-tahun  sebelumnya belum maksimal. Mereka baru beberapa siswa dan guru yang sudah punya blog. Belum optimal, pada hal di sekolah sudah ada internet dan speedy yang memadai untuk di akses. Tiap waktu mereka bisa mengakses pengetahuan lewat internet. ( http://iwansmtri.blogspot.com;http://onesmtri.wordpress.com;http://iwansumantri.mywibes.com;
4.   Guru Kabupaten Sukabumi akan saya ajak untuk“Go Blog”dan Keliling Dunia Maya denga Internet Cerdas
Para Siswa Mencoba Belajar Dgn HP
Inilah usaha belajar dan obsesi saya di akhir tahun 2012. Ya, kenapa tidak, tanggal 2 sd 15 Nopember 2011 saya bisa diklat Mathematics Mobile Learning (MML) di P4TK Matematika berkat internet.  Banyak ilmu yang bisa saya imbaskan kepada rekan-rekan guru lewat dengan bantuan internet, seperti membuat: email, buat blog di blogspot.com, wordpress, netlog, blogshopkompasiana, dagdigdug.com, memperkenalkan jejaring sosial www.edmodo.com untuk pembelajaran siswa dengan guru , www.isssu.com untuk menyimpan document, membuat web mobile melalui www.mywibes.com , FB, Twittter ,dan aktifitas lainnya yang  menggunakan internet. ( Tut wuri handayani, selalu memberikan contoh, mengajak dan memberikan dorongan dan motivasi buat para siswa dan rekan guru lainnya)
Para siswa cerdas dalam ber internet !
Inilahlah akhir dari semua usaha dalam belajar internet . Anak, tetangga, saudara, para siswa, rekan guru dan semua saudara-saudaraku termasuk saya, harus cerdas berinternet di tahun 2012 . Cerdas di setiap event yang memanfaatkan keberadaan internet. Saya yakin  itu akan kesampaian selama kita punya niat, keinginan, kerja keras, pantang menyerah, jujur di setiap aktifitas, dan dibarengi dengan berdoa pada Sang Kholik,impian kita akan jadi Nyata. Dunia Maya akan jadi Dunia Nyata untuk jadi orang cerdas yang memanfaatkan internet. Cerdas dalam berinternet mengandung makna bahwa internet itu sebagai media, jembatan mencari ilmu yang positif dan produktif.

3 comments:

Saniya Fitria said...

Guru Belajar Internet! Setuju Pak ! Belajar tak mengenal gologan dan usia, apalagi jaman dengan syarat teknologi/ICT so pasti harus mengikutinya !

Krani Pratiwi said...

Artikel yang bermanfaat buat para generasi muda pak ! semoga sukses dan terus belajar internetnya !

Anonymous said...

www.tollywoodpolitics.com
www.bollywoodindiaboxoffice.com

telugu