Selasa, 22 Januari 2013

Orang Indonesia Tak Punya Batik! Apa Kata Dunia?

Orang Indonesia Tak Punya Batik! Apa Kata Dunia ?
Oleh: Iwan Sumantri (Seorang Guru SMP di Sukabumi)

Batik Sukabumi Kebanggaanku *)
Orang Indonesia Tak Punya Batik ! Apa Kata Dunia ? Sebuah guyonan dari seorang guru di daerah yang peduli akan batik. Jika guyonan ini kurang berkenan mohon maaf. Tak salah rasanya saya melontarkan guyonan tersebut. Kita orang Indonesia, saya yakin setidaknya mengenal dan memiliki apa yang di namakan batik. 
Berbicara tentang batik, pasti semua orang sudah mengenal dan bahkan menggunakannya. Kita bisa lihat di setiap aktifitas kehidupan batik selalu hadir, misalnnya di dunia politik, ekonomi, sosial, agama, entertaiment,olahraga,keluarga,pesta-pesta,  dan kegiatan-kegiatan rutinitas lainnya batik selalu menjadi pilihan .Di dunia pendidikan pasti batik akan hadir dan mewarnai setiap aktifitas yang berhubungan dengan pendidikan , misalnya sekolah.

Kilas balik tentang, Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam.  
Malam (bahasa Inggrisnya; wax) adalah suatu zat padat yang diproduksi secara alami. Dalam istilah sehari-hari orang menamakannya "lilin" Lilin (kandil) sendiri memang dapat menggunakan malam sebagai bahan bakarnya.

Putraku Dengan Batik Kesayangannya*)
Kebanyakan malam diperoleh dari ekskresi tumbuh-tumbuhan berupa damar atau resin Pada tumbuhan, malam adalah hasil metabolisme sekunder  yang dikeluarkan oleh pembuluh resin. Sumber hewani untuk malam berasal dari sarang tawon dan lebah.

Malam digunakan secara luas dalam industri. Dalam pembuatan batikmalam berperan sebagai penutup bagian kain agar tidak terwarnai dalam pencelupan.
Secara kimiawi malam tergolong sebagai lipid.

Untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait. 

Dalam berbatik, tentunya tak akan lepas dengan canting.  Canting (dari bahasa Jawa canthing,) adalah alat  yang dipakai untuk memindahkan atau mengambil cairan  yang khas digunakan untuk membuat batik tulis,  kerajinan khas Indonesia.  Canting tradisional untuk membatik adalah alat kecil yang terbuat dari tembaga dan bambu sebagai pegangannya.
Saya seorang guru matematika mencoba mengungkap tentang Batik sebagai Warisan Budaya. Di dunia pendidikan, batik selalu jadi pilihan dalam setiap kegiatan dan aktifitas sekolah, misalnya dalam acara rapat-rapat dinas, seminar ilmiah, kegiatan siswa seperti perpisahan, dan lain sebagainya, batik menjadi pilihan prioritas. Kita lihat, guru mana di Indonesia yang tidak memilki baju batik? Termasuk siswanya. Berdasarkan pengalaman dan yang saya rasakan batik yang di miliki setiap guru minimal tiga stel dan seorang siswa minimal memiliki satu stel batik.
 

Bolero Batik Lurik Rania 2
Batik dalam perkembangannya sekarang ini sudah meluas ke pelosok seluruh Indonesia bahkan dunia. Batik Indonesia yang ada di Jawa ,sekarang ini   bisa di lihat  berdasarkan daerah asalnya, seperti  batik Solo,batik Banyumas, batik Malang, batik Pekalongan, batik Tasik,batik Cirebon, batik Jombang, batik Bantul, batik Tulungagung,batik Kediri, batik Jepara, bahkan batik yang ada di luar Jawa juga sudah ada seperti batik Aceh, batik Madura, batik Bali , batik Palembang, batik Ambon dan daerah lainnya di Iindonesia, termasuk di daerah saya mengajar yaitu kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat.

Untuk bisa berbatik, rasa-rasanya di jaman yang serba digital dan syarat dengan dunia maya tak akan sulit. Kita bisa belanja secara online lewat dunia maya. Banyak butik batik yang menawarkan jasa batiknya secara online

Batik Selalu Jadi Primadona di Upacara Hari Guru*)
Batik di Sukabumi, menjadi pakaian wajib yang harus di kenakan oleh para PNS termasuk guru . Di setiap tanggal 17 tiap bulannya kami para PNS dan guru PNS wajib memakai baju Batik Pemda. Setiap hari Rabu dan Kamis, kami di haruskan memakai batik berwarna biru, dan hari Jumatnya kami harus menggunkan batik ciri khas Pemda Sukabumi yang berwarna merah marun, belum batik seragam sekolah masing-masing yang dimilki yang penggunaannya di sesuaikan dengan kegiatan sekolah masing-masing Benar-benar batik mewarnai aktifitas kami selaku guru yang memiliki tugas mengajar,mendidik dan melatih anak-anak bangsa ini untuk menjadi generasi emas Indonesia yang mencintai akan budaya bangsanya.

Para Siswa Berbatik Tanda Cinta Pada Negeri ini*)
Untuk siswa, di sekolah kami batik menjadi alternatif seragam sekolah yang wajib di kenakan pada setiap hari Rabu dan Kamis. Jadi guru dan siswanya selalu memakai batik disetiap minggunya. Benar-benar Guru dan siswa sudah berperan untuk tetap melestarikan Batik sebagai warisan budaya. Dengan memakai batik, guru dan siswa sudah berupaya mengapresiasi pada budaya Indonesia yaitu Batik Indonesia .Jadi  di dunia pendidikan khususnya sekolah batik menjadi ikon sekolah. Tiap sekolah di kabupaten Sukabumi (tentunya di daerah lainnya juga) memiliki batik masing-masing yang menjadi salah satu pakaian seragam kebesaran dan ciri sekolah tersebut. Mulai dari tingkatan TK, SD/MI,SMP/Mts, SMA/MA/SMK bahkan perguruan tinggi yang ada di Sukabumi memliki seragam batik masing-masing. Jadi batik menjadi salah satu pakaian yang wajib di kenakan oleh para siswa dan guru . Berbatik menjadi kebiasaan dan rutinitas kami di dunia pendidikan.

Siswa dan Guru Berbatik !*)
Selain di sekolah, di lingkungan keluarga, khususnya saya, batik juga mewarnai hidup dalam berbusana keluarga. Saya seorang guru matematika dengan dua orang putra, memiliki batik masing-masing yang selalu kami kenakan pada saat -saat tertentu selain ke sekolah, seperti ke undangan pernikahan, khitanan, atau acara  lainnya. Berbatik menjadi alternatif pilihan keluarga saya.

Siena Bag

Batik dalam perkembangannya di jaman era digital dan serba online tidak hanya berupa pakaian (baju) saja, sekarang sudah merambah ke semua aktifitas yang menjadi pelengkap aksesoris kebutuhan manusia, seperti: tas, sepatu, gelang,kalung, bahkan rumah ada yang bermotif batik dan lainnya sudah bermotifkan batik. Untuk penggunanya tentunya hampir semua kalangan, wanita,pria,anak-anak bahkan turis manca negara tak segan-segan datang ke Indonesia karena hanya ingin mencari batik. Jadi selaku warga asli negeri ini jika mengaku orang Indonesia tentunya harus memiliki batik warisan budaya negeri kita tercinta. Orang Indonesia Tak Punya Batik! Apa kata dunia? Rasa-rasanya pantas kita lontarkan di era dan jaman serba mudah,cepat dan milenium ini.


Kalung Necklace Silverish Red
Tak akan sulit manakala kita perlu belanja batik. Hampir di setiap daerah kota tersedia toko-toko bahkan kios khusus penyedia batik. Ingin banyak pilihan ada di butik batik. Ingin cepat dan tak repot dengan bepergian, sekarang ini kita di manjakan dengan batik onlinenya. Anda tinggal diam di depan komputer kemudian browsing dengan internet dan jalan-jalan di dunia maya, lalu singgah di batik online, maka anda akan jadi orang Indonesia dengan batik mengaksesoris seluruh tubuh anda. Apa yang anda perlukan semuanya sudah tersedia dengan lengkap dan tentunya dengan beragam tawaran dan discount yang menggiurkan, serta sesuai dengan minat dan selera anda. Mau Mencoba? Mari kita kunjungi salah satu Batik Online berikut ini dengan berbagai macam motif sesuai kebutuhan dan penggunaannya.

Hanya dengan satu KLIK saja anda sudah mengenal beraneka ragam batik di negeri ini!

Berbatik TANPA NAMA
Berbatik KEBAYA
Berbatik SAFIZA
Powder
Berbatik MAHADEWI
Berbatik IJEN LAWASAN
Berbatik CANTING AYU
Bobby Batik
Batikklicious
Berbatik EVERLASTING
Berbatik O'Batiks
Berbatik MENTHIK
Ciewie Batik
Berbatik ZIKIN

Berbatik CLEO
Berbatik Temurun
Berbatik TAS ALANA
Aksesoris BATIK
Berbatik Litte k
Berbatik nona rara
Berbatik Sidji
Berbatik Hemisphere
Terakhir, selain Batik sebagai Warisan Budaya , saya mencoba memberikan alasan dan pandangan tentang  berbatik di mata seorang guru  yang selalu menjadi prioritas dan menghiasi dalam berbusana dan beraktifitas:
  • 1. Punya perasaan dan anggapan dalam diri, bukan orang Indonesia jika tidak memliki batik dan memakainya.
  • 2. Selain punyai nilai sejarah, batik juga memiliki nilai seni yang tinggi untuk di lihat, di pandang dan dinikmati
  • 3. Batik simple dan mudah di pakai untuk di setiap acara dan kegiatan formal maupun non formal
  • 4. Batik punya nilai kehormatan yang tinggi bagi yang menggunakannnya.
  • 5. Dengan memakai batik, rasanya kita sudah sopan dan menghormati orang lain
  • 6. Batik membuat kita nyaman dan selalu di hargai oleh orang lain
  • 7. Batik adalah warisan budaya bangsa Indonesia, jadi kita punya kewajiban untuk tetap menjaga dan melestarikannya dengan selalu memakai dan menggunakan di setiap aktifitas kegiatan kita yang sesuai. 
  • 8. Dengan berbatik bisa menambah pesona diri dan rasa percaya diri yang tinggi 
  • 9. Rasa kebangsaan dan memiliki negeri ini bisa kita wujudkan dan diapresiasikan melalui berbatik di setiap aktifitas dan kegiatan kita.
  • 10. Berbatik....so pasti identik dengan INDONESIA
Keluargaku Bersama BATIK dan KEBAYA, Serasi dan Nasionalis ! *)

Berikut Slide Koleksi Batik Seorang Guru ! Guru Juga Cinta Batik 
Batik Memang Tak Ada Duanya !
Inilah CINTA Guru Pada Batik
...........................
Kau selalu di hatiku
terpaut didalam sukma
tiada ku bimbang ,  tiada ku ragu
akan setia janjimu 
....................
bersemi di dalam kalbu
menawan hati nan lara
pada mu bintang padamu bulan
saksi yang abadi
..........

sambutlah tanganku ini
belailah dengan mesra
kasihku hanya untukmu
hingga akhir nanti
...................
kau selalu di hatiku
bersemi di dalam kalbu
dari semula ...hingga akhirnya
kasihku serahkan....untuk tetap BERBATIK


Koleksi Batik Seorang Guru  Slideshow: Iwan’s trip to Sukabumi was created with TripAdvisor TripWow!
Referensi/Sumber :
1) http://www.berbatik.com/
2) http://id.wikipedia.org/wiki/Batik
"

  3)* Foto-foto Koleksi Pribadi( keluarga)

33 komentar:

Amir mahmud mengatakan...

"TEMURUN","CLEO" itu salah satu produk batik indonesia ya ?
Apa boleh sih, di promosiin di kontes blog ?
Komentar balik ya ? Dari amir blogger kebumen.
http://amir-silangit.blogspot.com/2013/01/batik-warisan-budaya-yang-harus-di-jaga.html

Iwan Sumantri mengatakan...

@ Mas Amir Mahmud: Makasih atas apresiasinya. Setahu saya "Temurun" dan "Cleo" salah satu produk batik Indonesia. Cleo itu batik produk Tasik...Indonesia juga Kan? Batik di promosikan di ontes blog sah-sah aja menurut saya. Di ketentuannya juga ada link setiap ada kata batik,berbatik...sesuai persyaratan! Mudah2 an dgn kontes blog ini kita bisa menyebar luaskan batik negeri ini !

Yani Sumanti mengatakan...

Wah lengkap sekali berbatik ONlinenya! menambah wawasan tentang batik Indonesia. Banyak ragam dan coraknya. Yang menarik tak hanya baju atau pakaian ternyata aksesories lainnya ada dan lengkap juga ! Super lengkap ! semoga sukses !

Puteri Lee Queenie Blog~ mengatakan...

Artikel tentang batiknya menarik dan menambah wawasan kita akan warisan budaya bangsa Indonesia. Lebih-lebih ada info tentang berbatik lewat onlinenya menambah perbendaharaan baju dan aksesoris batik buat orang yang mengaku warga Indonesia !
Nice to Post Articel !

Krani Pratiwi mengatakan...

Berbatik secara online solusi yang tepat untuk menambah koleksi batik kita. Tapi aman ngga yah berbatik secara online?? Selamat dan sukses udah b erbagi tentang Batiknya !

_LarismaniS_ mengatakan...

Lengkap & keren mas, salam kenal juga

Iwan Sumantri mengatakan...

@Yani Sumanti; @ Puteri L Q; @Krani P ; @Mba Laris Manis : Makasih atas apresiasinya...semoga kita selalu sukses di setiap aktifitasnya!

Saniya Fitria mengatakan...

Benar Pa,berbatik tidak hanya pakaian saja sekarang ini, aksesoris seperti kalung, sepatu,sandal dan lainnya sudah mulai berbatik. Setuju orang Indonesia harus punya Batik...itu salah satu idealisme berbangsa dan bernegara ! Berbatik kenapa tidak ?

cipto nugroho mengatakan...

Wihh Asik bener nich Artikelnya,,, sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang batik. Banyak juga Batik Online-Nya... Jadi Bangga Pakai Batik

Hammam Pratama mengatakan...

Batik bukan hanya milik kaum wanita saja...laki2 juga akan tambah kren pakai batik ! Berbatik Online nya bermanfaat juga buat menambah wawasan tentang batik ! I Love Batik Indonesia !

Iwan Sumantri mengatakan...

@Ananda Hammam P: Makasih atas atensinya. Setuju sekali Batik bukan milik Kaum Hawa saja, sekarang sudah meluas pemakaiannya oleh kaum pria juga, para muda-mudi bahkan anak2 sekalipun sudah mencintai Batik warisan budaya bangsa !

Iwan Sumantri mengatakan...

@Pak Cipto N :Maksih nih Pak Guru udah mampir di blogku. Mudah-mudahan dgn tulisan ini bisa menambah rasa cinta kita pada Batik Indonesia....Batik Onlinenya rasanya lengkap sekali, kita bisa di manjakan dan di beri kebebasan untuk memilih batiknya ! Semoga Batik menjadi pilihan utama orang Indonesia dalam beraktifitas !

Iwan Sumantri mengatakan...

@Mba Saniya: Makasih atas apresiasinya. Batik sekarang ini bukan hanya pada pakaian saja, sudah meluas pemakaiannya pada benda2 lainnya...yang pasti batik telah meluas di segala aspek kehidupan kita...termasuk di dunia maya dengan hadirnya Batik Online ! Mari Kita lestarikan batik dan selalu Cinta Batik !

qona asidakiah mengatakan...

Wah, ada puisi tentang batik juga ya pak.
Salut, hehe

Iwan Sumantri mengatakan...

@Qoni asidakiah : Makasih atas apresiasinya....Puisi alakadarnya. Apapun bisa di puisikan selama kita ada kemauan !Sukses buat semuanya !

Murtiyarini, Arin mengatakan...

Menggugah dan semangat banget tulisannya. Semoga murid2nya pada baca ya, bagus untuk motivasi generasi muda.

Blogika mengatakan...

Aplikasi batik di berbagai benda, memungkinkan warisan leluhur ini lebih dekat dengan kita. Akhirnya batik nggak cuma sebagai indentitas, tetapi menjadi jiwa orang Indonesia.
Nice post pak!
Salam kenal juga Pak...

Iwan Sumantri mengatakan...

@Murtiyarini,arin: Makasih atas apresiasinya. Saya berharap seperti itu, agar para siswa juga mencintai budaya bangsa salah satunya adalah Bati. Mereka sejak dini sudah di perkenalkan akan berbatik. Mudah2 an kedepannya mereka cinta akan Batik! @ Blogika : Setuju...Batik jadi Jiwa Orang Indonesia dengan demikian setiap kita berbatik rasa kebangsaan dan patriotisme bisa tumbuh akan bangsa dan negeri tercinta INDONESIA !

Kangdede mengatakan...

Pak Guru, kalo sukabumi punya motif batik enggak?

Iwan Sumantri mengatakan...

@Kangdede: Sukabumi Alhamdulilah punya motif Batik...itu yang saya pakai di foto paling awal....! Mantap Juga Motofnya. jadi Kebanggaan daerah Sukabumi !

Ervan Maulana mengatakan...

mak nyus banget posting ttg tiknya,.,
visit blog saya jga ea http://bit.ly/10lwXtJowidse

Iwan Sumantri mengatakan...

@Ervan Maulana: Makasih atas apresiasinya. Artikelnya hanya sekedar rasa cinta seorang guru pada BATIK negeri ini. Semoga para generasi muda lebih dan selalu Cinta akan Budaya Bangsa salah satunya adalah BERBATIK !

Bayu Nomaden mengatakan...

Hadir mas, wah artikel mas sungguhh hebat.

salam blogwalking

Iwan Sumantri mengatakan...

@Bayu Nomaden : Makasih atas apresiasinya! Tak hebat! Artikelnya biasa aja ! hanya yang hebat adalah batik yg sudah bisa mendunia ! untuk itu harus kita lestarikan dan kita jaga dgn cara selalu mencintai dan menggunakannya di setiap aktifitas dan kegiatan kita !

nayza el syekia mengatakan...

ehm, tulisannya lengkap, pak. Tapi sayang, sumbernya wikipedia...
but, sukses terus!
salam kenal juga :)

Nanke Bali Reggae mengatakan...

Nice posting :)

Iwan Sumantri mengatakan...

@Mba nayza el syekia : Makasih atas apresiasinya. Ya...begitulah wikpedia jadi sumbernya ! daripada kita so tahu padahal summbernya kurang akurat ! yg penting sukses buat kita semua !

@ Nanke Bali Reggae : Makasih ! Nice to BERBATIK...oke !

Teguh Yuono mengatakan...

ahhaa,,, punya ku cerita sedih mas. kunjungin yah hehehe http://aslilah.blogspot.com/2013/01/kisah-kecilku-tentang-batik.html

Iwan Sumantri mengatakan...

@Mas Teguh Yuono :Makasih atas apresiasinya. Sedih.....?? berarti berkesan tentang berbatik! Mudah2an kesedihan kita bukan karena batik tak ada pada diri kita...batik tetap harus jadi warisan budaya negeri ini dan terus berkembang dari hari ke harinya ! Sukses buat semuanya !
Insya Allah kita berkunjung ke blog Mas Teguh !

Mraz poetra abdillah07 mengatakan...

Batik memang warnai Indonesia
kebanggaan bangsa... warisan dan budaya nusantara.
Congratulation for Batik societies by Sumantri Iwan.

Very Interested
Regard
Mi'raj Putra Abdillah07

Iwan Sumantri mengatakan...

@Mas Miraz Poetra Abdilah07:Makasih atas apresiasinya..so Pasti Batik Kebanggaan Negeri Kita dan kita selaku warganya !

paank Fachrezi mengatakan...

artikelnya komplit banget pak guru... sukses yaaa

Iwan Sumantri mengatakan...

@Paank Pachrezi : makasih atas taensinya ! Semoga kita semua sukses ! tentunya sukses dalam melestarikan batik kita !