Thursday, January 10, 2013

TreasureLand Temple of Fire dan Crazy Highest Longest Slide, Dimata Seorang Guru

TreasureLand Temple of Fire  dan Crazy Highest Longest Slide, dimata Seorang Guru
Oleh: Iwan Sumantri (Guru SMP Negeri 3 Cibadak)

Treasure Land Temple of Fire (Foto One sm)
Jumat, 21 Desember 2012 yang lalu, saya dan rombongan SMP Negeri 3 Cibadak Kabupaten Sukabumi di beri kesempatan kembali untuk mengunjungi obyek wisata Taman Impian Jaya Ancol dengan pilihan dua obyek nya yaitu Atlantis Water Adventure dengan wahana barunya Crazy Highhest Lonegst Slide dan Dufan dengan wahana barunya Treasure Land : Temple of Fire.

Singkat cerita, saya dan rombongan sampai di lokasi Atlantis Water Adventure pukul 10.00.Di lokasi ini, dengan sangat menyesal saya tidak sempat menikmatinya dengan maksimal,karena selaku panitia rombongan harus mengurus segala sesuatu yang berkenaaan dengan obyek wisata. Jadi di wahana ini saya tak banyak cerita hanya sekedar berbagi informasi lewat informasi di webnya Ancol.

Crazy Highhest Longest Silde , merupakan 2 (dua) wahana seluncur atau perosotan terbaru melengkapi fasilitas permainan air yang telah dimiliki atlantis water adventures. dengan masing-masing memiliki ketinggian 18,6 meter dan 22,84 meter, serta panjang 122 meter dan 149 meter, menjadikan crazy sebagai seluncur air terpanjang dan tertinggi di Indonesia.

Kehadiran wahana crazy highest longest slide dan treasureland temple of fire merupakan komitmen ancol taman impian untuk terus berupaya meningkatkan nilai tambah kepada pengunjung dengan menghadirkan sarana hiburan yang inovatif sekaligus menyenangkan. So pasti wahana ini menambah daya tarik para siswa kami yang datang pada hari itu. Dari cerita mereka, saya bisa menangkapnya, mereka sangat puas dan bisa menikmatinya.

Singkat cerita, setelah shalat Jumat, di kawasan GSA, saya dan rombongan meluncur ke Dufan. Ya. ke Dunia Fantasi ( DUFAN)? Siapa tak kenal dengan obyek wisata ini yang ada di Jakarta Utara. Obyek Wisata Kebanggaan Rakyat Indonesia. Siapa yang belum berkeunjung ke Obyek Wisata ini yang sudah menjadi icon di negeri ini? Saya yakin hampir semua kalangan mulai dari siswa, guru, karyawan,pengusaha dan kalangan yang lainnya pernah berkunjung dan menikmati obyek wisata  yang ada di Taman Impian Jaya Ancol seperti Ancol, Taman PantaiDufanGelanggang Samudra,AtlantisPasar SeniResortKulinerProperti dan obyek-obyek lainnya.

Berbicara tentang Taman Impian Jaya Ancol, saya teringat “Kenangan dan Impian” saya dan para siswa tentang obyek wisata tersebut. Kenangan dari keluarga guru yang tinggal di daerah. Setiap tahun kami Rombongan SMP Negeri 3 Cibadak , selalu mengadakan  tour wisata dan salah satu obyek wisata yang menjadi idola adalah  ke Taman Impian Jaya Ancol dengan obyek paforit nya Dufan. 

Sebelum Masuk Pintu Gerbang Dufan, Narsis Dulu (Foto Onesm)
Dufan ?Siapa yang tak kenal obyek wisata ini. Dunia Fantasi yang dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1986, dan popular dengan sebutan Dufan, merupakan theme park pertama yang dikembangkan oleh Ancol. Dufan merupakan pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui berbagai content wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 8 kawasan, yaitu: Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera. Perseroan juga menjadikan Dufan sebagai salah satu pusat edutainment yang ada di Ancol yakni dengan dibukanya Fisika Dunia Fantasi (Fidufa) dan Pentas Prestasi. Dufan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008 sejak 2009. (sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Impian_Jaya_Ancol)

Ke 8 Kawasan itu meliputi : Kawasan Indonesia ( Alap-alap dan Tornado), Kawasan Jakarta (Turangga-rangga), Kawasan Asia (Baku Toki, Bianglala, Gajah Beledug, Kora-kora), Kawasan Eropa (Beng-beng,Kicir-kicir,Panggung Maxima,Hysteria), Kawasan Amerika (Lorong sesat, Niagara, Poci-poci,Rumah miring, Tembak Jitu), Kawasan Kalila (Kalila,Ubanga-ubanga), Kawasan Hikayat ( Arung Jeram, Burung tempur, Halilintar, Ombang-ombang, Ontang-anting, Perang Bintang, Pontang-pontang), dan Kawasan Istana (Istana Boneka) (sumber http://www.ancol.com/dufan).
Senyum Kebahagian, akan Nonton TreasueLand


Dari kedelapan kawasan yang ada di Dufan, tentunya menjadi impian dan harapan serta idola para pengunjung termasuk guru dan para siswa di Nusantara ini.  Tanggal 21 Desember 2012, berbeda kenangan nya  satu tahun yang lalu 2011. Waktu itu, saya dan  dua putra tersayang serta rombongan Sekolah SMPN 3 Cibadak. Masih ingat waktu itu , kami tidak bisa menikmati keseluruhan permainan dan uji nyali yang di sajikan oleh dufan. Istana Boneka, Lorong sesat, Arung Jeram, Panggung Maxima,Gajah beledug dan rumah miring.Itulah wahana yang yang bisa dinikmati oleh kedua putra kami. Dan untuk saya, hanya bisa melihat dan mengawasi mereka menikmati wahana-wahana yang ada di Dufan.

Dari roman dan raut wajah mereka terpancar rasa senang, bahagia, senyum kegembiraan, teriak ke ketakutan,dan perasaan lainnya yang susah di ungkapkan. Yang jelas,  Dufan telah memberikan kenangan terindah bagi keluarga kami khususnya. Kenangan yang tak bisa di lupakan dalam hidup keluarga kami. Dufan telah menghipnotis pikiran semua pengunjunawasan itu meliputi : Kawasan Indonesia ( Alap-alap dan Tornado), Kawasan Jakarta (Turangga-rangga), Kawasan Asia (Baku Toki, Bianglala, Gajah Beledug, Kora-kora), Kawasan Eropa (Beng-beng,Kicir-kicir,Panggung Maxima,Hysteria), Kawasan Amerika (Lorong sesat, Niagara, Poci-poci,Rumah miring, Tembak Jitu), Kawasan Kalila (Kalila,Ubanga-ubanga), Kawasan Hikayat ( Arung Jeram, Burung tempur, Halilintar, Ombang-ombang, Ontang-anting, Perang Bintang, Pontang-pontang), dan Kawasan Istana (Istana Boneka) (sumber http://www.ancol.com/dufan).

Tapi, Jumat, 21 Desember 2012, saya dan anak-anak SMP Negeri 3 Cibadak bisa menikmati wahana baru yaitu Treasure Land Temple of Fire.
Inilah catatan kecil yang bisa saya utarakan tentang wahana tersebut.

TreasureLand Temple Of Fire
Suasana Di Panggung Maksima TreasureLand Temple of Fire
Tepat pukul 14.30 saya dan rombongan (para siswa SMP Negeri 3 Cibadak) masuk dengan antri ke wahana baru tersebut. Waktu itu, cuaca kurang bersahabat, turun hujan cukup deras. Sehingga saat kami masuk ke wahana baru ini, terasa mendapat angin surga, bisa masuk ruangan yang terlindung dari derasnya air hujan. Tak begitu lama kami menunggu untuk menyaksikan pertunjukkan yang spektakuler dan cukup menjanjikan bisa memberikan kepuasan untuk para penontonya karena wahana ini gencar sekali di promosikan lewat televisi-televisi swasta, tentunya membawa daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Dufan.
Pertunjukkkan tepat di mulai pukul 15.00. Secara kebetulan saya duduk dipanggung maksima dunia fantasi di bagian tengah, sehingga bisa menikmati pertunjukkan dengan nyaman walau sedikit kedinginan.
Panggung TreasureLand Temple og Fire
Treasure land merupakan tayangan langsung (live show) dari hollywood berbentuk theatre yang menampilkan kisah petualangan oklahoma smith seorang arkeolog. Selain aksi dari para stuntman yang menegangkan, saya dan penonton lainnya  bisa menikmati serunya penampilan Tresureland Temple of Fire yang juga didukung oleh setting suasana yang menarik, special sound efect canggih yang mengejutkan,beragam efek. Ada efek multimedia, api, stuntman dan lain-lain. Selain itu setting dan suasana yang menarik juga diperlihatkan sehingga menyempurnakan tontonan yang tidak biasa. Kisah yang diangkat dalam wahana ini ialah tentang seorang arkeolog (Mr.Smith beserta teman-temannya) yang sedang melakukan pencarian artefak di kuil kuno suku Inca, yang melalui perjalanan tak mudah dan banyak rintangannya. Bagi suku Inca kehadiran orang asing di tempat mereka adalah suatu bencana.


Salah Satu Efek Semburan Api
Sepanjang pertunjukan, saya dan penonton lainnya  disajikan berbagai efek menegangkan dan mengejutkan seperti efek ledakan yang mengagetkan, batu raksasa runtuh, pasir hisap, tembakan-tembakan yang mendebarkan  dan kapal perang.serta berbagai sarana pendukung yang mampu menghibur penonton.Mulai dari tarian yang sedikit eksotis, semburan api yang membuat penonton terkesima, teknik dobling yang profesional, jebakan-jebakan suku maya untuk menghalangi daerahnya di rampas, dan aksi serta pertunjukkan-pertunjukan lainnya serasa kita menyaksikan petualangan yang sebenarnya.

Live action stunt show treasure land yang melibatkan kurang lebih 12 artis pendukung bule tersebut,  menghibur saya dan tentunya para pengunjung lainnya. Dengan suguhan kurang lebih 25 menit membuat saya dan juga penonton lainnya terkesima. TreasureLand Temple of Fire adalah pertunjukan teater yang mengisahkan petualangan seru Oklahoma Smith, seorang arkeolog. Menarik buat saya dan para penonton seakan benar-benar bisa merasakan petualangan yang menegangkan yang di sajikan dengan kocak oleh para pemainnya. Selain itu rambatan panas api yang menyembur, yang nyaris membakar tubuh sang arkeolog yang di peragakan dengan jenaka sehingga membuat gelak tawa para penonton sehingga dapat aplus tepuk tangan bagian lain yang menarik dari pertunjukan Treasure Land Temple of Fire.

Sayang seribu kali sayang, kamera yang saya bawa terjatuh sebelum memasuki wahana, dan sialnya kamera cadangan batu baterainya habis, sehingga untuk bisa mengambil gambar dan video tidak optimal. Hasilnya bisa di lihat lewat video nakal yang bisa saya ambil. Tapi kekecewaan saya karena tak bisa mengambil gambar-gambar secara optimal, terobati dengan menyaksikan TreasureLand Temple of Fire dua kali pertunjukkan, tepat pukul 17.00, saya masuk kembali bersama rombongan lainnya. Benar-benar TreasureLand Temple Of Fire di dupan bisa menghipnotis para pengunjungnya.



Dari menonton TreasureLand Temple of Fire  banyak hal yang bisa kita ambil:
1) Pembelajaran bagaimana menyuguhkan tontonan di era digital dan teknologi yang super canggih dengan efek suara dan tata panggung yang memukau
2) Dari cerita yang di suguhkan, ada unsur pendidikan bagaimana memperkenalkan tentang dunia arkeolog pada anak-anak sekolah di negeri ini.
3) Teknik bermain peran yang di bawakan oleh para artis (stunment) menunjukkan ke profesionalan mereka
4) Alur ceritanya bisa dinikmati dan diambil hikmahnya, untuk meraih sesuatu perlu perjuangan

Itulah sedikit catatan dari hasil menonton wahana baru di dufan. Kedepannya, semoga Taman Impinan Jaya Ancol khususnya dufan di Wahana TreasureLand Temple of Fire pada aksi-aksi berikutnya yang berperan adalah orang-orang di negeri ini dengan tarian-tarian yang mencerminkan budaya bangsa Indonesia. Mudah-mudahan di lain waktu dan kesempatan saya dan keluarga besar SMP Negeri 3 Cibadak bisa menikmati Dufan kembali. Amin.

Berikut Dokumentasi sederhana kegiatan Tour SMP Negeri 3 yang bisa saya uploadkan lewat slide dengan lagu kemesraan. Mudah-mudahan ini mencerminkan kemesraan saya dan rombongan dengan Taman Impian Jaya Ancol dengan 2 wahana barunya !


Tresureland Temple of Fire & Crazy Highest  Longest Slide  Slideshow: Iwan’s trip to Jakarta was created with TripAdvisor TripWow!

8 comments:

Krani Pratiwi said...

Asyik Kelihatan wahana baru Ancol ini ! kapan yah bisa kesana?
Melihat Videonya SERU ABIS !

Iwan Sumantri said...

So pasti menarik dan akan puas menyaksikan TreasureLand Temple of Fire...so seru dan menakjubkan ! Segera ke DUFAN !

Puteri Lee Queenie Blog~ said...

wow kren liat videonya! jadi pingin ke Dufan tuh lihat TreasureLand Temple og Firenya! Kapan yah ?

Saniya Fitria said...

2 wahana baru di DUFAN? wah perlu di coba nih! Insya Allah kita coba jika lagi liburan nih !

Iwan Sumantri said...

@Puteri L : Ayo segera ke Dufan so pasti seru dan di jamin ngga nyesel !
@Saniya F : Ya segera di coba dua wahana baru dufan tsb !

Yani Sumanti said...

Baca tulisan dan lihat Video dan slidenya aja udah seru...apalagi kalau langsung lita so pasti lebih seru dan mengasyikan !

Iwan Sumantri said...

@Bu Yani :Ya Bu benar sekali...kalau nontong langsung di jamin lebih seru dan mengesankan !

etybudiharjo said...

Pak Iwan Selamat yaaa...Anda jadi pemenangnya loh. Selamat bermalam di Putri Duyung..Artikel Anda mengesankan !