Wednesday, February 13, 2013

UN 2013 Akan Beda Dengan UN Sebelumnya

UN 2013 Akan Beda Dengan UN Sebelumnya
Oleh: Iwan Sumantri,S.Pd


UN 2013 sesuai POS UN 2013 untuk SMP/MTs akan dilaksanakan pada tanggal 22 April sd 25 April 2013. Beberapa perbedaan yang akan nampak dari UN 2013 di banding dengan UN tahun-tahun sebelumnya.
Berikut saya mencoba beberapa hal yang akan nampak perbedaan dengan UN tahun sebelumnya dari berbagai sumber yang saya dapatkan.
1) Tata Tertib Peserta UN bertambah 1 point : ....11) Peserta UN yang memperoleh naskah soal/LJUN yang cacat/rusak, maka naskah soal dan LJUN tersebut di ganti dengan satu set naskah soal cadangan yang terdapat di ruang tersebut atau di ruang lain......12) Peserta UN yang tidak memperoleh naskah soal/LJUN karena kekurangan naskah, maka peserta yang bersangkutan diberikan satu set naskah soal dan LJUN cadangan yang terdapat di ruang lain atau sekolah/madrasah yang terdekat.
2) Di POS UN 2013 di bagian lampiran X. PROSEDUR TINDAK LANJUT; disebutkan ..2) Jenis pelanggaran oleh peserta ujian:
a) Pelanggaran Ringan
b) Pelanggaran sedang
c) Pelanggaran berat contohnya bisa di lihat di POS UN Revisi halaman 41 termasuk pelanggaran oleh pengawas UN.
3) Jumlah Paket menjadi 20 paket soal (20 Variasi soal) berarti 20 dalam satu ruang akan   mengerjakan soal yang berbeda satu sama lainnya.
4) Lembar Jawaban UN di beri "Barcode" ( sumber disini )
5) Naskah soal dan Lembar Jawaban tidak  terpisah seperti biasanya.
6) Siswa tak perlu lagi memasukan kode naskah soal karena sudah ada barcode.

Demikian sekelumit perbedaan UN 2013 dengan tahun sebelumnya, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat Bapak/Ibu guru di sekolah penyelenggara UN 2013.
Dengan semangat dan persiapan yang optimal, perubahan apapun di UN, perlu di apresiasi dan dihadapi dengan bijak, dalam rangka mencerdaskan anak bangsa untuk menjadi generasi emas Indonesia.

No comments: