Friday, May 17, 2013

Wisata Bandung: Kenangan dan Impian Seorang Guru Matematika di "Trans Studio Bandung"


Wisata Bandung : Kenangan dan Impian Seorang Guru Matematika di “Trans Studio Bandung”
Oleh : Iwan Sumantri, S.Pd

Penulis Ketika di TSB ( Foto Dok.Pribadi)
Berbicara tentang Bandung, selain sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat yang dari hari kehari menghiasi pemberitaan baik di surat kabar, media elektronika, TV dan media digital lainnya, Bandung juga kaya akan daerah wisata, mulai dari indahnya gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Kebun Teh Malabar, Situ Patengan, Gedung Sate, Wisata Kuliner atau tempat-tempat bersejarah bagi Bangsa Indonesia.


Berbicara Wisata Bandung, pikiran saya selaku guru matematika langsung teringat dengan obyek wisata hiburan dan rekreasi Trans Studio Bandung. Siapa tak kenal dengan obyek wisata ini yang ada di kota Bandung. Berbicara tentang Trans Studio Bandung, saya teringat 'Kenangan dan Impian' saya dan para siswa tentang obyek wisata tersebut.

Sukabumi, Kamis 8 Maret 2012 keluarga besar SMPN 3 Cibadak Kabupaten Sukabumi (S3 Cita Idola) melaksanakan study tour ke kota Bandung , tepatnya ke obyek wisata Kebun Binatang Bandung dan TransStudio Bandung (TSB).

Rombongan berjumlah 326  siswa dan 48 guru pembimbing dengan menggunakan 6 bis yang kami sewa tanpa menggunakan Travel alias dikelola sendiri oleh panitia. Tujuan kami study tour selain merealisasikan program sekolah secara rutinitas tahunan juga di harapkan dengan study tour ini para siswa dapat menambah wawasan dan ke ilmuannya secara nyata di lapangan sebagai bekal kelak di kemudian hari, selain untuk menghilangkan suasana monoton pembelajaran di kelas. Mereka di harapkan menjadi segar dan berwawasan lebih luas,bisa merasakan kehidupan luar yang benar-benar komplek adanya.

Tepat pukul 07.00 dengan di iringi rintik-rintik hujan yang menambah hangatnya kebersamaan, kami segenap rombongan berangkat dari sekolah dengan tujuan pertama adalah Kebun Binatang Bandung. Perjalanan dari Cibadak ke Bandung kami tempuh kurang lebih 4 jam perjalanan. Lumayan melelahkan dan kesal, apalagi kalau di jalannya macet, bis kami merayap seperti semut bergotong royong membawa makanan yang di temukan bersama. Benar-benar di uji kesabaran kita selaku pengguna jalan.

Tepat pukul 11.15, kami sampai di Kebun Binatang. Tak banyak yang bisa kami sampaikan di lokasi ini, selain kecapaian dan suasana kebun binatang yang kurang rapi, tak terawat dengan baik, banyak sampah-sampah berserakan, kandang-kandang binatang yang kurang terawat. Hanya satu yang saya pesankan untuk obyek ini, perlu perawatan dan pelayanan yang lebih maksimal untuk memuaskan para pengunjungnya.

Setelah, shalat dhuhur berjamaah, tepat pukul 13.00  kami bergegas menuju bis untuk melanjutkan perjalanan ke Trans Studio Bandung yang beralamat di Jalan Gatot Subroto No. 289 Bandung. Ya Trans Studi Bandung inilah wahana pavorit peserta rombongan, sebab kebanyakan dari rombongan baru pertama ke Trans Studi Bandung  ini. Pengalaman berharga yang tak akan terlupakan.

Dengan bantuan seorang sales edutainment Trans Studio Bandung kami sampai di lokasi tepat pukul 14.00. Jadi juga saya ke Trans Studio Bandung (itu suara hati saya saat melihat Trans Studio Bandung  dari dalam bis).

Disinilah reportase kenangan dan impian saya awali dengan berbagai suasana, aktifitas, suara hati  dan celotehan-celotehan ala S3 Cita Idola.

Awal Masuk

Budaya Antri Menuju Pintu Masuk TSB (Dok.Pribadi)
Tak kesulitan kami rombongan masuk, karena dengan bantuan Sales tersebut kami bisa masuk bersama. Hanya sedikit mis komunikasi dalam hal pembelian tiket masuk. Kami panitia nunggu kurang lebih 1 jam, maklum lah pesertanya cukup banyak. 

Tiket Masuk harganya Rp 100.00,00 untuk rombongan pelajar lebih dari 30 orang dengan cash back 10% . Rp 150.00,00 untuk umum di hari Senin sd Jumat. Rp 200.000,oo untuk hari Sabtu dan Minggu.  Harga yang lumayan bisa terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Di pintu masuk inilah mungkin bedanya Trans Studio Bandung dengan lokasi-lokasi obyek wisata lainnya. 
Pengunjung benar-benar di periksa, tak boleh bawa makanan dan minuman, tas dan bawaan pengunjung di periksa satu persatu….mantap dan salut buat petugas !. Setelah mendapatkan Voucer makan dari petugas (yang sebelumnya sudah kami pesan lewat transfer seharga Rp 15.000/pengunjung) kami di giring oleh petugas ke zona Trans Studio Sains Center, wahana wajib di kunjungi pelajar dan kalangan dunia pendidikan. Wahana berkelas dunia pertama di Indonesia dengan ragam ilmu sains yang di tampilkan dengan interaktif dan menghibur, dan menakjubkan serta banyak ilmu yang bisa kami dapatkan terutama yang hubungannnya dengan proses pembelajaran di kelas seperti matematika,fisika,biologi dan pelajaran lainnya.
Trans Studio Theme Park

Di Zona Trans Studio Science Center (Foto Dok.Pribadi)
Trans Studio Theme Park adalah salah satu indoor theme park terbesar di dunia, terdiri dari dua lantai, memiliki 20 wahana yang fantastis, terbagi menjadi tiga zona, yaitu :


Studio Central

Sebuah kawasan menakjubkan yang menampilkan gemerlap dunia layar lebar dan televisi dalam tampilan ala Hollywood era 60-an. Zona ini menyingkap rahasia-rahasia di balik layar. Yang termasuk dalam zona ini adalah : Yamaha Racing Coaster, Transcar Racing, Giant Swing, Si Bolang Adventure, Vertigo, Dunia Anak, Marvel Superheroes 4D, Trans City Theater, Trasn Studio Science Center, dan Trans Broadcast Museum.
Virtigo, Kincir Raksasa di dalam ruangan (Foto Dok.Pribadi)


Magic Corner

Suasana penuh magis membuat pengujung begitu yakin pada apa yang ada di depan mata. Pengunjung akan hanyut dalam sensasi yang ditimbulkan oleh dunia penuh keajaiban. Yang termasuk zona ini adalah Dunia Lain The Ride, Negeri Raksasa, Special Effect Action, Dragon Riders, Pulau Liliput, dan Blackheart Pirate Ship.

Lost City

Suatu kawasan yang super seru yang di kemas secara apik untuk dinikmati para penjelajah dan petualang sejati. Yang termasuk zona ini adalah Amphitheater, Sky Pirates, Jelajah, Kong Climb.

Mega Cash

Mega Cash adalah kartu e-money terbitan Bank Mega sebagai pengganti uang tunai dan digunakan sebagai alat transaksi dan tiket masuk di tarns Studio Theme Park. Satu kartu Mega Cash dapat di gunakan oleh maksimal 2 orang. Penggunaanya Mega Cash dapat di gunakan untuk membayar semua transaksi di dalam area Trans Studio Theme Park seperti tiket masuk area, makanan/minuman hingga souvenir.

Show And Parade

Bisa Bergaya Bersama Bidadari2 di TSP (Foto Dok.Pribadi)
Hanya di Trans Studio Bandung, pengunjung dapat menyaksikan sebuah sajian ” world class show and entertainment” dengan ikon-ikon yang suda kita kenal, sebuah suguhan yang berkelas dunia untuk kita sekeluarga, yang meliputi : Petualangan si Bolang dan Zoocrew, Legenda Putera Mahkota, Kabayan Goes To Hollywood, Trans Fantasy Parade dan Street Shows.

Itulah zona-zona yang ada di Trans Studio Bandung . Dari 20 zona yang ada saya hanya bisa menikmati 5 zona yaitu:  Trans Studio Science Center, Transcar Racing, Special Effects Action , Dunia Lain The Ride dan Marvel Superheroes 4 D. Alhamdulilah di usia yang kepala empat masih sempat menikmati wahana kelas dunia. Untuk peserta rombongan S3 Cita Idola saya yakin, mereka lebih dari 5 zona bisa dinikmati, apalagi para siswa, so pasti mereka lebih antusias dan cekatan dalam memilih zona-zona yang mereka inginkan.

Tak terasa, jam tangan ku sudah menunjukan pukul 19.00, saat nya kami rombongan harus meninggalkan Trans Studio Bandung , ya….kembali ke Cibadak, kembali ke rutinitas sehari-hari belajar, mengajar dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

 
Wow....Senangnya Bukan Main bisa menikmati TSB ( Foto Dok.Pribadi)

Terima kasih Trans Studio Bandung , Mas Darajat Sugema Natadikara (Sales Edutainment) yang telah membantu rombongan kami sehingga bisa menikmati Trans Studio Bandung dengan maksimal, para supir bis Limas yang telah membawa kami di perjalanan dengan nyaman, anak-anakku para siswa kelas 7,8,9 S3 Cita Idola yang berkesempatan mengikuti Study Tour, Rekan guru seperjuangan, Panitia Study Tour, dan tentunya Kepala Sekolah SMPN 3 Cibadak yang dengan sabar dan telaten mengaping kami , sehingga kegiatan kami bisa sukses dan selamat sampai tujuan. Diakhir kegiatan Study Tour tersebut ada oleh-oleh dari para peserta…..ini oleh-oleh nya yang perlu disimak dan di renungkan!


Celoteh para siswa buat Trans Studio Bandung

Celoteh dan Gaya Anak-anak S3 Cita Idola (Foto Dok.Pribadi)
TSB tempat yang mengasyikan, seru, tak hanya permainan ada pengetahuannya, sayang tak bisa minum dan makan, terlalu mahal harganya buat siswa di daerah…..senang bisa foto-foto dengan badut, Jeng kelin…..wow harga-harga di TSB selangit tak cocok dengan kantong kami pelajar dari daerah….tempatnya menakjubkan, indah walau sedikit sempit….penjaga wahananya ganteng-ganteng and cantik-cantik dan murah senyum….tempatnya adem…tak panas…asyik pokoknya apalagi buat kawula muda….sayang seribu kali sayang tak bisa bawa makanan dan minuman….wahananya masih kurang, tempat/lokasinya kurang luas….foto-fotonya mengasyikan dan menantang…penjaga-penjaganya ramah-ramah dan mau di ajak foto-foto lagi…..begitu masuk tak ngantri, enak jadi cepet main dan menikmati wahana….dunia lain wow serem…..harga di dalam mahal-mahal-mahal..harga kota!….beli makanan dan minuman pake Mega Cash ribet…..

Suara Hati Sang Pendidik buat  Trans Studio Bandung

Ekspresi dan Aksi Para Pendidik di TSB (Foto Dok.Pribadi)
Tempatnya enak,permainannya seru,dunia lain…serem…..kurang menikmati zona-zona yang ada di TSB, karena usia, tapi bahagia melihat anak-anak bisa mnikmatinya…..wow harga makanan/minuman dan barang lainnya selangit, tak cocok buat pengunjung seperti kmi dari daerah, sangat di sayangkan!…..Ramah-ramah para petugasnya….konsep hiburan yang disatukan dengan pengetahuan menambah daya tarik untuk mengunjungi TSB lagi……harga-harga perlu di tinjau kembali, mahal-mahal…….arena permainan perlu ditambah dan disesuaikan dengan usia pengunjung…..Tempatnya nyaman, tidak khawatir kena hujan, toilet dan mushola super bersih, Special Efect Mantap, seru dan menakjubkan……Jajanan Mahal sekali…….Jangan lelet ketika menangani rombongan memesan tiket masuk….antrian tak ada diskriminasi…tak ada tempat informasi……….., harga mie rebus selangit harganya……sandal jepit TSB mantap Harganya Rp 99.900,oo, cocok buat para orang berduit dan berkantong tebal, buat guru ????……!!!
Kenangan dan Mimpi Guru di TSB ( Foto Dok.Pribadi)

Demikian secuil kenangan dan impian seorang guru Matematika di obyek Wisata Bandung, yang selalu berharap dan bermimpi untuk terus bisa mengunjungi obyek wisata yang ada di kota Bandung, sebab kita orang Sukabumi belum pernah ke Obyek wisata yang ada di Bandung, apa kata dunia?

Album Foto Kenangan dan Impian di Trans Studio Bandung lengkap bisa di lihat disini ! 

Berikut Slide Show Kenangan dan Impian Seorang Guru Trans Studio Bandung 
(Dengan Alunan Musik Kemesraan Cermin Kenangan dan Mimpi Seorang Guru Untuk Bisa Menikmati Kembali Wisata di Bandung di waktu dan kesempatan lainnya !)

Trans Studio Bandung di Lensa Guru Matematika Slideshow: Iwan’s trip to Bandung was created with TripAdvisor TripWow!


20 comments:

Krani Pratiwi said...

Kenangan dan Impian yang mengasyikan Pak Guru ! Semoga saya juga bisa berkunjung ke TSB ! Sukses Lombanya !

Yani Sumanti said...

Reportase yang lengkap tentang Wisata Bandung di Trans Studio Bandung...jadi pingin kesana tuh ! Salam sukses buat Pak Guru !

Puteri Lee Queenie Blog~ said...

Cihuy..Trans Studio Bandung..saingan DUFAN nih ! Tapi selaku orang Jawa Barat aku ikut senang ada Wisata yang bisa menguji andernalin para kawula muda ! Tunggu aksiku di Trans Studi Bandung...so pasti liburan aku kesana !

Hammam Pratama said...

Pak Guru..pingin Ke Trasn Studio Bandung...Gimana Caranya !

Iwan Sumantri said...

@Krani P : Makasih atas apresiasinya, sukses buat kita semua!
@Yani S : Ayo bu ke TSB di jamin mengasyikan !
@Puteri Lee: Di tunggu kunjungannya dan berbagi pengalamannya !
@Hammam P: Menabung, Bilang ke orang tua...so pasti bisa berangkat !

Tria Azmareni said...

wah lengkap sekali ini.. Bisa jd referensi :)

berkunjung ke halam ku juga yok
http://catatanawanputih.blogspot.com

terimakasih

Iwan Sumantri said...

@Tria Azmareni: Makasih atas atensinya....boleh lah kalau sekiranya bermanfaat ! So Pasti kita berkunjung ke blognya ! Done !

nengbiker said...

6 jam di trans studio, byuuuuh engga cape pak? :D:D

Iwan Sumantri said...

@Nengbiker: Itulah..hipnotisnya Trans Studio Bandung...bisa bikin betah para pengunjungnya...makanya Wisata Bandung Iconnya ada di TSB !

wisata bandung said...

terima kasih atas kunjungannya. artikelnya tidak kalah menarik kok hehehe. sukses yaaa

Iwan Sumantri said...

@Wisata Bandung : Makasih atas apresiasinya ! Sukses Buat Kita Semua !

Farah Fairuz FF☮ said...

Wah Bapak postingan seorang guru memang cukup berbeda ya dengan saya yang masih seorang mahasiswi, tapi boleh dong mampir ke http://jurnalnyafarah.blogspot.com/ terima kasih:)

Iwan Sumantri said...

@Farah FairusFF: Makasih atas apresiasinya! Apa nya yang berbeda? Mungkin gaya guru menampilkan postingan apa adanya, berbeda dgn para jurnalist,,,tapi yah begitulah guru matematika belajar menulis, mudah-mudahan bermanfaat...sukses buat kita semua ! So pasti akan berkunjung !

SEPUTAR KELAS OLAHRAGA SMPN 3 CIBADAK said...

Wow Kren dan superlengkap Pak Reportasenya ! Semoga Sukses mengenalkan Wisata Bandung dengan TSBnya!

Iwan Sumantri said...

@Seputar Kls OR :Terimakasih atas apresiasinya! Kita bagian Warga Jawa Barat udah selayaknya kita mempromosikan wilyah kita kepda saudara2 kita, sebisa dan semampu kita ! Sukses buat semuanya!

gunawan cavalera said...

Kenangan Wisata Bandung yang super lengkap...salam super dari bukan saudaranya mario teguh

Iwan Sumantri said...

@Kang Gunawan C :Makasih atas apresiasinya...Salam Super kembali...dari penggemar Mario Teguh Juga! Semoga Sukses !

ceritadunia said...

wah... pak Guru sudah jauuuh hari sebelum saya main ke trans studio nya... sekarang sudah rame... semoga bisa kesana lagi Pak...

ini cerita saya kemarin ke sana : http://wp.me/paA2S-6k

Iwan Sumantri said...

@CeritaDunia: Ya..benar sekali..udah satu tahun yang lalu..biasa guru kan biasanya ikut nimbrung jalan2 nya...Insay Allah kita siap meluncur ke Lokasi !

Mochamad Ali mulyana said...

Trans Studio juara deh pokoknya, :D bener-bener mantap