Wednesday, July 24, 2013

Kebiasaan Guru dan Siswa Mengawali KBM Setelah Libur Panjang


Kebiasaan Guru dan Siswa Mengawali KBM Setelah Libur Panjang
Oleh : Iwan Sumantri,S.Pd (Wakasek Kurikulum SMPN 3 Cibadak)

 

Senin, 15 Juli 2013, hari pertama masuk sekolah di  tahun pelajaran 2013-2014. Kurang lebih 2 minggu guru dan siswa menikmati liburan semesteran dari tanggal 23 Juni 2013 sd 14 Juli 2013.  Banyak kegiatan liburan semesteran yang di lakukan guru dan siswa dalam mengisi kegiatan tersebut. Ada yang mudik ke daerah asalnya, ada yang wisata keluarga  ke obyek-obyek wisata, ada yang kunjungan keluarga dan masih banyak lagi aktifitas guru dan siswa yang dilakukan dalam menikmati hari libur sekolah tersebut.

Setelah liburan tersebut di nikmati dengan keanekaragaman dan kebiasaan yang dilakukan berlalu, Senin, 15 Juli 2013, semua aktifitas tersebut di ganti dengan masuk kembali ke sekolah masing-masing. Guru kembali ke kewajibannya untuk mengajar, mendidik dan melatih para siswanya. Siswa juga kembali dengan tugas dan kewajibannnya selaku murid di sekolah. Mereka Go to School….together!!

Kebiasaan apa yang terjadi dan di lakukan para guru dan siswa di hari pertama masuk sekolah? Berikut saya sampaikan kebiasaan guru dan siswa berdasarkan pengalaman, penglihatan, dan kenyataan yang terjadi di lapangan/di sekolah:


1. Guru dan siswa hampir semuanya belum siap dengan tugasnya masing-masing. Guru belum siap dengan apa yang menjadi tugas dan kewajibannya selaku guru. Begitupun siswa. Siswa masih punya anggapan hari pertama sudah pasti tak akan belajar.

2.Libur yang sudah di terima terasa belum cukup. Masih ada guru dan siswa tidak masuk tanpa alasan.

3. Dalam benak guru dan siswa sudah dihinggapi praduga hari pertama tak akan belajar

4. Sedikit guru dan siswa yang siap untuk belajar di hari pertama setelah liburan

5. Orang tua juga menganggap hari pertama pasti tidak akan belajar

Itulah kebiasaan guru dan siswa mengawali KBM setelah libur semesteran. Hal tersebut hanya merupakan analisa, pengalaman, realita di sekolah saya, mungkin tidak berlaku di sekolah lain…atau persis sama…Inilah Fenomena Pendidikan di Indonesia yang masih perlu perbaikan dan evaluasi sistem pendidikannya ! Tugas kita Semua !!

No comments: