31 July, 2013

Kurikulum SMPN 3 Cibadak Tahun 2013/2014 Tervalidasi

Kurikulum SMPN 3 Cibadak Tahun 2013/2014 Tervalidasi
Oleh : Iwan Sumantri, S.Pd (Wakasek Kurikulum)

Bertempat di SMP Model (SBI) Cikembar, sejak tanggal 29 sd 31 Juli  2013, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi  melalui Kasi Kurikulum SMP dan Seluruh Jajaran Pengawas Pembina SMP melakukan terobosan baru dan kegiatan profesional yang perlu diapresiasi semua stekholder didunia pendidikan khususnya satuan pendidikan SMP, yaitu kegiatan Validasi Kurikulum SMP Se-Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan tersebut tentunya perlu mendapat respon dan apresiasi yang positif untuk dunia pendidikan terutama satuan pendidikan SMP. Ini baru saya rasakan selama menjadi guru dan wakasek Kurikulum. Banyak hal positif yang bisa di rasakan oleh satuan pendidikan SMP tentunya, yang selama ini dalam penyusunan Kurikulum masih belum ada kesamaan dalam presepsi penyusunan KTSP di masing-masing sekolah.

Di Kabupaten Sukabumi Satuan Pendidikan SMP kurang lebih ada 240 Sekolah. Dari SMP sebanyak itu akan di Validasi oleh para Pengawas Pembina yang jumlahnya kurang lebih 19 orang pengawas. Rata-rata seorang Pengawas Pembina menvalidasi Kurikulum Sekolah sebanyak 14 sd 16 Sekolah dalam kurun waktu 3 hari (29 sd 31 Juli 2013).

Salah satu sekolah yang akan dan sudah di Validasi Kurikulumnya adalah SMP Negeri 3 Cibadak. Berikut saya mencoba menpostingkan Kurikulum SMP negeri 3 Cibadak untuk Dokumen I, dengan harapan untuk bahan sharing dan sosialisasi pada semua warga sekolah, khususnya warga Sekolah SMP Negeri 3 Cibadak. Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kemajuan Sekolah dan dunia pendidikan di Kabupaten Sukabumi.

Terimakasih pada pengawas pembina SMP Negeri 3 Cibadak Bapak Drs. Surya Suryanto, M.M.Pd yang telah memfasilitasi, memberikan arahan,masukan dan memvalidasi Kurikulum SMP Negeri Cibadak sesuai dengan indikator dan juknis penyusunan KTSP. Untuk Kepala Sekolah sebagai motivator dan Tim Pengembang Kurikulum SMP Negeri 3 Cibadak tentunya saya ucapkan terima kasih juga. Para Guru dan Staf juga tak terlupakan.
(Aktifitas dan kegiatan Validasi Foto-fotonya bisa dilihat disini)

Inilah Kurikulum SMP Negeri 3 Cibadak Tahun Pelajaran 2013/2014 :




No comments: