Friday, August 30, 2013

Guru Matematika Membuat Video Pembelajaran? Why Not ?

Guru Matematika Membuat Video Pembelajaran? Why Not ?
Oleh: Iwan Sumantri, S.Pd (Peserta Diklat Online P4TK Matematika 2013)

Hampir dua minggu sudah, kegiatan pra Diklat Online P4TK Matematika bareng Kompasiana sudah bergulir. Sudah 3 tugas yang harus diselesaikan oleh para peserta Diklat Online Khusus guru matematika tersebut. Mulai dari perkenalan (Tugas 1) , memberikan pengalaman dalam mengajar (Tugas 2), dan membuat Video Pembelajaran dengan Screencast (Tugas 3).


300 Guru Matemtika yang sementara terdaftar dan sudah dinyatakan sebagai calon peserta diklat angkatan 1 dan 2, berusaha dan belajar serta melaksanakan tugas pra diklat online tersebut. Beraneka ragam kreatifitas para guru matematika untuk melaksanakan tugas tersebut. Suka duka selama 2 minggu walau baru pradiklat sudah dirasakan oleh bapak/guru matematika. Mulai dari kesulitan menginstal program, membuat tulisan di Blog Kompasiana, dan hal-hal lainnya yang tak biasa dilakukan sebelumnya. Tapi ada juga diantara para peserta yang sudah terbiasa online dengan PC dan internetnya.


Terlepas dari itu, adahal yang perlu kita berikan apresiasi dan penghragaan pada P4TK Matematika dimana P4TK berusaha untuk memfasilitasi para guru Matemtika khususnya untuk peduli dan mau mengembangkan dirinya salah satunya dengan dunia online (ICT).


Saya salah satu peserta dari 300 guru yang sudah dinyatakan sebagai calon peserta Diklat Online P4TK matematika juga merasakan hal yang sama. Sya berusaha melaksanakan tugas-tugas sebaik mungkin sekemampuan dan sebisa yang lakukan dengan tidak lepas dari diskusi, tanya jawab dan komunikasi melalui dunia maya. Pembelajaran yang cukup mengesankan. Hanya tahu nama, wajah lewat foto, ternyata juga bisa meghasilkan sesuatu bagi dunia pendidikan.


Berikut saya mencoba berbagi hasil sederhan Video Pembelajaran, mudah-mudahan bermanfaat bagi anak-anak kita di kelas. Untuk bapa/ibu guru mohon memberikan masukan dan kotribusi terhadap tayangan video tersebut. Rela Berbagi dan Ikhlas dalam memberi.
(Catatan: Untuk kenyamanan melihat video ini, mohon radio ONLINE yang ada dipaling bawah di OFF kan!)


Untuk para peserta Diklat angkatan 1 dan 2, tetap semangat….apapun materinya kita harus siap dan laksanakan….diskusi,sharing, saling berbagi dan memberikan masukan, itulah kuncinya.

Salam Penuh persahabatan dari ONE SM !

Nama : Iwan Sumantri,S.Pd

Peserta Diklat Online P4TK Matematika 2013 Nomor Urut: 57


No comments: