Friday, August 2, 2013

#HandinHand : Semangat Berbagi Pada Sesama Ala S3 Cita Idola

#HandinHand: Semangat Berbagi Pada Sesama Ala S3 Cita Idola
Oleh: Iwan Sumantri,S.Pd

Bulan Ramdhan sudah tidak di ragukan lagi oleh semua umat Islam, merupkan bulan yang penuh barokah. Bulan Ramadhan kerap dijadikan ajang untuk meningkatkan keimanan, dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan akhlak mulia dengan cara melaksanakan berbagai amal ibadah yang hukumnya sunnah maupun wajib, baik amalan yang rutin dilaksanakan setiap hari terlebih amalan-amalan yang hanya ada pada Bulan Ramdhan. Banyak amalan yang biasa dilakukan oleh Umat Islam, diantaranya: shalat taraweh, tadarus Al-Quran,I'tikaf, zakat, infaq, shadaqoh, dan amalan-amalan ibadah lainnya.

Memanfaatkan momentum bulan Ramadhan, SMP Negeri 3 Cibadak ( biasa disebut S3 Cita Idola) mencoba berbuat sesuatu yaitu berbagi pada sesama dalam bentuk membagikan tajil sederhana pada sesama yang melintas di jalan raya sekitar sekolah. Kegiatan ini terinspirasi oleh #HaninHand Tango lewat video dibawah ini :

"Tunjukan Sedikit Kepedulian Anda Untuk Membuat Mereka Tersenyum...." Sebuah kalimat ajakan yang penuh makna. Dari sinilah kegiatan sederhana "Semangat berbagi Pada Sesama Ala S3 Cita Idola" dilaksanakan.

Saat Para Siswa Berbagi di Jalan raya
Minggu, 28 Juli 2013, kami mengadakan kegiatan berbuat sesuatu yaitu mengumpulkan makanan dan minuman untuk berbagi pada sesama sebagai bahan untuk berbuka pada warga yang melintas di jalan sekitar sekolah SMP Negeri 3 Cibadak.
Di bawah koordinator dan pembina Esktrakurikuler Karate Dozo S3 Cita Idola kegiatan tersebut dikordinir.
Mulai pukul 15.00, para siswa berdatangan dengan membawa makanan dan minuman sederhana yang mereka miliki. Mereka masing-masing membawa makanan dan minuman untuk dibagikan dan untuk di konsumsi sendiri pada saat buka bersama.

Ada yang membawa air aqua gelas, kolek, nasi, ikan, makanan ringan,tango wafer dan minuman serta makanan lainnya yang layak untuk di konsumsi oleh saudara-saudara kami nanti.

Para Siswa siap untuk Membagikan Minuman dan Makanan
Tepat pukul 17.00 minuman dan makan yang sudah di kemas dimasukan dalam plastik untuk siap dibagikan, terkumpul 250 bungkus. Dengan hati yang ikhlas dan tulus kami serta semnagt berbagi pada sesama, kami meluncur ke jalan raya sekitar SMPN 3 Cibadak untuk membagikan 250 bungkus minuman dan makanan untuk dibagikan pada sesama yang melintas di jalan raya tersebut.

Dengan bantuan pak Satpam Sekolah dan pihak Koramil setempat aktifitas dan kegiatan tersebut, Alhamdulilah berjalan lancar.
Tak perlu lama untuk membagikan minuman dan makanan sebanyak 250 bungkus tersebut, tepat pukul 17.40 kegiatan tersebut sudah selesai.
Saat kami di Mesjid Setelah Berbagi sederhana pada Sesama
Akhirnya kami bersama menuju Mesjid sekolah untuk mempersiapkan diri buka bersama. Tepat pukul 17.56 untuk daerah kami, adzhan Magrib berkumandang tandanya untuk buka bersama dan melaksanakan shalat Magrib berjamaah telah datang. Dengan doa buka puasa kami membatalkan puasa bersama-sama, dilanjutkan dengan shalat magrib berjamaah.

Setelah buka dan shalat berjamaah, kegiatan di tutup dengan sambutan dari pembina dan sebuah MIMPI yang mudah-mudahan bisa jadi NYATA untuk berbagi lebih besar lagi seperti halnya Video di bawah ini:



Dua buah tayangan video diatas "Tango Hand In Hand" tentunya menginspirasi Sekolah Kami untuk berbuat sesuatu yang lebih besar lagi, kenapa tidak?
Insya Allah kedepannya, dengan niat, keinginan yang kuat, hati yang ikhlas aktifitas Sekolah Kami akan kesampaian. Tak ada yang tak mungkin selama kita punya keinginan yang kuat dan kerja keras, apapun bisa kita perbuat.
Untuk anak-anakku di SMP Negeri 3 Cibadak, simak dan resapi video-video "Tango Hand In Hand" diatas dengan hati dan penuh kesadaran. Dan untuk saudara-saudaraku para blogger dan para pencinta dunia Maya....Mari kita KOBARKAN SEMANGAT BERBAGI UNTUK SAUDARA-SAUDARA KITA DI NIAS, agar mereka bisa hidup layak dan berkecukupan seperti kita yang ada di kota dan daerah yang sudah sejahtera. Mereka adalah saudara kita di negeri ini, sudah selayaknya mereka kita bantu sebisa dan semampu kita yang bisa kita perbuat.

Tango Hand In Hand:
" Tunjukkan Sedikit Kepedulian Anda untuk Membuat Mereka TERSEYUM...."
" Together Make Them Smile in Smple Way "
" Seharusnya Senyuman Selalu terukir di Wajah Mereka....Namun Sayang, Senyuman itu tak ada pada Anak-anak di Nias...."
" Kecil bagi ANDA... Cukup Untuk Membuat Mereka TERSEYUM "
" Hadiah Apasaja Adalah KEBAHAGIAAN BAGI MEREKA"

TANGO #HANDINHAND
Together,make them smile in simply way

Catatan:
**Foto Aktifitas Berbagi Ala S3 Cita Idola Bisa dilihat Disini
**Batas pengiriman donasi 30 Agts 2013. Alamat kantor Tango : PT. Ultra Prima Abadi, Jl.Lingkar Luar Barat Kav 35 - 36, Cengkareng, Jkt Barat

4 comments:

Yani Sumanti said...

Kegiatan sederhana tapi bermakna besar. Bisa jadi contoh untuk sekolah2 lainnya di negeri ini ! Semoga berbagi utuk NIAS nya bisa tereliasi !

Iwan Sumantri said...

@Bu Yani Sumanti:Terimakasih atas apresiasinya! Mudah2an harapan Ibu bisa terealisasi untuk sekolah kami. Kita ingin berbagi selama kita bisa dan mampu !

Hammam Pratama said...

Semoga sukses Pak dengan Program #HandinHand nya !

Iwan Sumantri said...

@Hammam Pratama: Makasih atas apresiasinya ! Semoga Sukses Program #HandinHand untuk NIAS nya !