Wednesday, September 25, 2013

Alat Peraga Tangram Ala One SM

 Alat Peraga Tangram Ala One SM
Oleh : Iwan Sumantri

Melanjutkan tulisan saya sekitar jurnal kegiatan diklat Online dengan materi Alat Peraga ( bisa di baca disini ) Berikut saya mencoba berbagi tentang apa itu tangram, sejarahnya dan bukti pembuatan tangram ala One SM.

Sejarah Tangram
Dalam bahasa aslinya tangram di sebut qi qio ban artinya kira-kira adalah tujuh keping ajaib. keping-keping tersebut berupa bangun datar yang disebut tan dan apabila disatukan akan membentuk persegi. Teka-teki ini bertujuan untuk membuat bentuk tertentu menggunakan semua bangun yang tersedia dan tidak boleh ditindih. teka-teki ini disebut-sebut sebagai pemula test psikologi yang digunakan untuk mengetes kemampuan kreatifitas seseorang.

Buku pertama yang menyebut tangram berjudul The Eighth Book Of Tan , yang berisi sejarah fiktif tentang Tangram. Buku menceritakan sejarah fiktif tangram bahwa permainan diciptakan 4.000 tahun sebelum nya oleh seorang dewa bernama Tan. Buku ini meliputi 700 bentuk, beberapa diantaranya tidak mungkin dipecahkan.

Tangram menyebar ke Eropa pada kira-kira abad 19 lewat perdagangan. Diawali di Inggris. Di Denmark tangram menyebar kira-kira tahun 1818. Di Jerman tangram diperkenalkan oleh industrialis Friedrich Adolf Richter sekitar tahun 1891.Penyebaran Tangram ke Amerika diawali oleh Kapten M.Donnaldson di Canton dengan kapal Trader tahun 1815. Kapten tersebut diberi sepasang yang ditulis oleh Sang-hsia-k’o. Buku tersebut kemudian diabawa dengan kapal ke Philadelphia dan berlabuh pada bulan pebruari 1816.


Itulah sedikit tentang sejarah tangram yang saya dapatkan dari modulnya Diklat Online P4TK matematika. Berikut saya coba memberikan contoh tangram sederhana ala One SM dan penggunaanya dalam PBM di kelas.

Bentuk Tangram Buatan Siswa SMPN 3 Cibadak (Foto Dok.Pribadi)

Berikut saya coba juga tugas yang di berikan dalam Diklat Online P4TK Matematika :

Tugas :
Jelaskan bagaimana memanfaatkan tangram dalam pembelajaran di kelas yang Anda ampu. Kaitkan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang sesuai.!
Saya Mengajar Matematika SMP Kelas IX dengan Kurikulum 2006 (KTSP)
Pada semester 1 ada:
Standar Kompetensi :
1. Memahami Kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Komptensi Dasar :
1.1. Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
1.2. Mengidentifikasi sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
1.3. Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
Indikator :
1.1.1. Membedakan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
1.1.2. Mengidentifikasi dua bangun datar sebangun dan kongruen
2.1.1. Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga
2.1.2. Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
1.3.1. Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
1.3.2. Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan
Pemanfaatan Tangram :
Pada saat proses pembelajaran dengan KD 1.1. dengan Indikator 1.1.1. saya mencoba menggunakan alat peraga tangram yang sebelumnya sudah dipersiapkan dan di buat oleh para siswa secara berkelompok.
Aktifitas pembelajaran tersebut saya coba didokumentasikan dengan beberapa foto dalam kegiatan pembelajaran tersebut :

No comments: