Wednesday, September 18, 2013

Apresiasi Guru Matematika Pada TimNas U-19 Di Piala AFF-2013

TimNas Indonesia Vs Malaysia, Sprit Anak Garuda Yang Perlu di Apresiasi
Oleh : Iwan Sumantri

TimNas U-19 (Sumber Foto Google.com)
Lewat layar televisi bersama sang anak, saya mencoba menyaksikan pertandingan sepakbola piala AFF-U19 antara TimNas Garuda VS Malaysia, dengan hati yang deg-degan saya coba reportasenya :
Pertandingan Indonesia vs Malaysia di lanjutan piala AFF U-19 akan segera kick off, pertandingan ini akan menjadi penting karena sangat menentukan untuk lolos ke semifinal piala AFF-19, bagi Indonesia hasil imbang sudah cukup untuk mengantarkan Evan Dimas dkk ke semifinal, sedangkan bagi Malaysia harus menang jika ingin lolos ke semifinal.

Semangat Garuda Muda Indonesia ( Foto Sumber Google.com)
Babak 1:

Indonesia langsung menyerang di menit menit awal ini lewat Armain, serangan yang dibangun Indonesia di menit menit awal ini banyak melalui sayap, dan di menit indonesia di menit ke 7 mendapat peluang emas dari Evan Dimas namun sayang bisa digagalkan pemain bertahan Malaysia.


Tak mau diserang, Malaysia langsung menyerang balik, dengan mengandalkan kecepatan mereka tapi Malaysia mulai melakukan trik trik licik mereka untuk memancing emosi pemain timnas indonesia, beberapa kali malaysia melakukan pelanggaran keras di menit menit awal ini, saat ini sudah masuk menit 10, skor masih 0-0 bagi kedua tim.

Tampaknya di menit ke 15 pertandingan dihentikan sementara karena malaysia protes kepada wasit dengan adanya laser di stadion yang mereka anggap mengganggau pemandangan dalam tendangan bebas, tensi panas begitu terasa bagi kedua tim serupun ini.

Dan apa yang terjadi malaysia mengejutkan indonesia lewat Muhammad jafri yang berhasil mencetak gol di menit ke 20, jafri yang berhasil lolos dari kawalan pemain belakang mampu melepaskan tendangan keras yang tak mampu diantisipasi penjaga gawang indonesia.

Sampai menit ke 20, Malaysia sudah unggul 1-0 atas tuan rumah Indonesia, mampukah Indonesia membalas gol dari Malaysia ini, kita doakan bersama semoga Indonesia bisa membalas, karena waktu yang masih sangat panjang kita doakan saja.

Malaysia tampaknya mulai melakukan trik trik licik dan bermain cenderung kasar untuk memancing emosi Indonesia dan mulai melakukan trik lama dengan cara mengulur ngulur waktu, malaysia tampaknya benar benar memanfaatkan keunggulan 1-0 ini, saat ini sudah memasuki menit 35, skor 1-0 untuk keunggulan Malaysia sementara.

Malaysia mulai menerapkan strategi bertahan ganda pada babak pertama ini, dimana mereka mulai bermain tanpa kompromi, selain menumpuk pemain di pertahanan mereka, malaysia juga tak mau emainkan bola terlalu lama di lini pertahanan mereka, dan terlihat sering membuang bola, Malaysia benar benar puas dengan skor 1-0 ini.

Hingga babak pertama usai skor 1-0 untuk keunggulan Malaysia masih bertahan sementara, kita nantikan saja di babak kedua Indonesia mampu bangkit dan membalas ketinggalan dari malaysia, kita doakan saja.

Babak 2:

Kick off babak kedua Indonesia langsung menyerang tanda mereka tak mau kalah di pertandingan ini, Maldini yang baru masuk langsung menebar ancaman di menit ke 50, namun tendangan keras Maldini berhasil di antisipasi Malaysia.

Dan gol yang ditunggu akhirnya tiba juga, Ilham Udin berhasil menyamakan kedudukan di menit ke 53 yang memanfaatkan bola ribon, skor 1-1 sementara.

Sejak gol yang dicetak Indonesia tampaknya benar benar menaikkan mental Evan Dimas dkk, berkali kali Indonesia menebar ancaman melalui Maldini dan Ilham Udin, permainan Indonesia di babak kedua berubah drastis dari babak pertama.

Namun hingga menit ke 88 skor masih 1-1 untuk hasil imbang bagi kedua tim, jika skor tak berubah hingga peluit panjang babak kedua nanti maka sudah dipastikan Indonesia akan menemani Vietnam ke semifinal.

Dan akhir dengan tambahan waktu 3 menit, Malaysia kali ini tak bisa mengalahkan keperkasaan Garu Muda Indonesia skor 1-1, cukup mengantarkan Garuda Muda melaju ke Semifinal berhadapan dengan Tim Timor Leste sebagai juara grup B yang sudah menunggu.

Selamat garuda mudaku, perjuangan yang tak mengenal lelah perlu di contoh anak-anak muda negeri ini. Semoga bisa sampai di babak Final dan mengakhiri turnamen AFF-U 19 dengan menjadi Sang Juara !

2 comments:

jaket kulit said...

salam hangat ijin menyimak hidup garuda muda

harga power bank said...

semangat terus ak untuk mendukung indoensia!!!!