Sunday, October 13, 2013

Ada Nilai Pendidikan Karakter Bangsa di Timnas U-19 Saat Mengalahkan Korea Selatan

Ada Nilai Pendidikan Karakter Bangsa di Timnas U-19 Saat Mengalahkan Korea Selatan
Oleh: Iwan Sumantri

Sujud Sykur Ketika Membobol Gawang Lawan
Sabtu Malam, 12 Oktober 2013 tepatnya pukul 19.30 selama 90 menit ( tambahan waktu 2 babak 1 dan 4 menit babak 2) kita para penggila bola di suguhi pertandingan sepak bola yang mengagumkan oleh timnas U-19 Vs Korea Selatan dengan skor akhir 3-2 untuk kemenangan timnas kita.

Kita selaku warga Indonesia tentunya wajib memberikan apresiasi pada timnas U-19. Saya yakin…setelah mengalahkan tim Korea Selatan timnas U-19 akan jadi buah bibir dan headline di media-media massa baik surat kabar maupun media elektronik.

Berikut saya mencoba memberikan apresiasi dan berbagi sesuatu dari hasil timnas U-19 dari kacamata seorang guru. Saya tak akan memberikan reportase bagimana jalannya pertandingan karena so pasti banyak reportase-reportase yang handal di negeri ini. Tapi saya mencoba mengulas, mencermati dan memberikan apresiasinya  dari sisi pendidikan ( dari kaca mata seorang guru Matematika).

Disela-sela maraknya kebrokbrokan karakter bangsa dengan munculnya koruptor-koruptor, para petinggi negeri ini yang tertangkap KPK, tadi malam kalau kita cermati banyak pelajaran karakter bangsa yang di suguhkan oleh anak-anak bangsa generasi emas negeri ini yaitu Timnas U-19 saat mengalahkan Korea Selatan. Pantas rasanya saya seorang guru memberikan reportase hasil pertandingan tersebut dari sisi nilai pendidikan karakter bangsa yang relevan dengan kurikulum 2013 yang saat ini sedang di jalankan oleh beberapa sekolah dinegeri ini.


Sejak dari kejuaraan AFF-U19 dan babak penyisihan AFC-U19 yang juaranya tim Garuda Muda dengan sang kapten anak muda Evan Dimas, banyak karakter bangsa yang di suguhkan dan wajib di contoh oleh anak-anak muda beserta jajaran pelatihnya.
Berikut saya mencoba memberikan pendidikan karakter bangsa yang bisa saya amati dan analisa melalui layar televisi:

1). Nilai Religius
Selalu berdoa sebelum dan sesudah pertandingan. Sikap dan perilaku patuh dalam menjalankan ajaran agama.
Selalu sujud sukur saat mereka membobol gawang lawan. Ini di lakukan oleh semua pemain beserta jajaran tim pelatih.

2).Nilai Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.Kita bisa lihat bagaimana disiplinnya para pemain timnas U-19 di posisinya sesuai dengan intruksi sang pelatih Indra Syafri.

3) Nilai Kerja Keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan, tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
Disela-sela rasa pesimis sebagian orang atas kemampuan timnas U-19 bisa mengalahkan Korea Selatan yang sudah 12 kali juara. Dengan kerja keras mereka bisa membuktikannya siapapun lawannya bisa di kalahkan.

4) Nilai Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.Dengan modal latihan yang rutin mereka tunjukan denga pola penyerangan yang bervariatif sehingga menyulitkan tim lawan, mereka tunjukkan saat mengalahkan Korea Selatan.

5) Nilai Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar. Tentunya sebelum pertandingan mereka melihat dan menyaksikan bagaimana kekuatan tim lawan. Dari situlah mereka mencoba rasa ingin tahu melawan tim lawan di buktikan di lapangan.

6) Nilai Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. Ini di tunjukkan timnas saat bertanding diatas lapangan. Semangat ini ditunjukkam optimal saat mereka bertanding melawan tim Korea Selatan, disela-sela rasa pesimis sebagian orang untuk bisa mengalahkan Korea. Semangat kebangsaan inilah yang bisa mengalahkan Korea.

7) Nilai Cinta Tanah Air
Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. Disuasana nilai karakter bangsa yang sedang luntur dengan berbagai kasus koruptor meraka tunjukkan nilai cinta tanah air dengan prestasi kemenangan atas Korea Selatan.

8) Nilai Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.
Sejaka tahun 1961 timnas tidak berpreatasi, mereka tunjukkan tadi malam dengan meraih prestasi yang luar biasa. sejarah persepakbolaan (PSSI), negeri ini tentunya akan mencatat prestasi mereka.

9) Nilai Bersahabat/Komunikatif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
Ini di tunjukkan mereka saat sebelum dan saat bertanding, bagaimana komunikatifnya lini depan saat menjebol gawang Korea Selatan. Komunikatif saat mereka menjaga daerah pertahanan. Sikap bersahabat dan tidak saling menyalahkan saat Hansamu menjatuhkan pemain Korea yang berakibat tendangan pinalti.

10) Nilai Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya

11) Nilai Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
Negeri ini sedang haus prestasi terutama pada olahraga sepak bola untuk bisa jadi juara. Nilai peduli sosial ini sudah mereka tunjukkan dengan prestasi mengalahkan negara macannya bola yaitu Korea Selatan.

12) Nilai Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Nilai ini oleh Timnas U-19 sudah di suguhkan tadi malam saat mengalahkan Korea Selatan.
Itulah nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang diperlihatkan dan diperagakan oleh timnas U-19 pada semua lapisan masyarakat di negeri ini saat mereka bisa mengalahkan tim Korea Selatan. Semoga apa yang mereka tampilkan tadi malam menjadi inspirasi kita di setiap aktifitas kehidupan terutama di dunia pendidikan. Indra Syafri bersama timnas sudah memberikan pembelajaran hidup bagi kita. Kita Bisa untuk berprestasi selama nilai-nilai karakter bangsa yang kita miliki diaktualisasikan dan diamalkan di setiap aktifitas kehidupan kita.

Semoga timnas U-19, bisa menunjukkan nilai-nilai karakter bangsa negeri ini di event-event berikutnya. Teriring salam sejahtera pada Timnas U-19 beserta jajarannya dan rasa syukur pada sang Pencipta , saya akhiri analisa dari seorang guru matematika ini.

Foto-foto Hasil Jepretan Wartawan Rumah Bisa dilihat disini !

No comments: