Tuesday, October 29, 2013

SMP Negeri 3 Cibadak Menuju SSN

SMP Negeri 3 Cibadak Menuju SSN
Oleh: Iwan Sumantri (Wakasek Kurikulum SMPN 3 Cibadak)

Tim Assesor Memberi Arahan (Foto Dok.One sm)
Cibadak, 28 Oktober 2013, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda yang ke-88 SMP Negeri 3 Cibadak di verifikasi oleh Tim Assesor Provinsi Jawa Barat untuk menuju sekolah yang lebih baik dengan label SSN. Tentunya ini suatu kebahagian dan tantangan kedepannya bagi selueuh staf dan keluarga SMPN 3 Cibadak.

Berharap dan bercita-cita menjadi sekolah dengan status dan label yang lebih baik tentunya harapan dan idaman semua stikholeder yang ada di dunia pendidikan. Setelah merintis dari RSSN dan berharap menjadi SSN itu suatu cita-cita sesuai dengan misi visi dan misi sekolah SMPN 3 Cibadak ingin menjadi sekolah yang UNGGUL dan PRIMA kedepannya.

Dua aksesor dari dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jawa Barat menugaskan untuk menjadi tim assesor verifikasi SSN di SMPN 3 Cibadak.

Saat Menunggu Verifikasi SSN (Foto Dok.One Sm)
Tepat pukul 08.00  tim assesor Drs. Iwan Sofwan,M.M.Pd dan Drs. H. Nana Suparman, M.M.Pd tiba disekolah yang berbarengan dengan Kepala Sekolah. Tak lama tim assesor akhirnya memasuki ruangan khusus yang telah disipkan oleh tim verifikasi sekolah SMPN 3 Cibadak. Seperti biasanya kegiatan verifikasi SSN adalah melihat,mencocokkan portofolio dan evaluasi diri yang sudah dilakukan oleh pihak sekolah. Banyak hal yang bisa didapat dari kegiatan verifikasi tersebut. Ada 8 standar sesuai SNP yang diverifikasi oleh tim assesor ( Standar Isi, Standar Proses, Standar Kelulusan, Standar Sarana Prasarana, Standar Pendidik dan Kependidikan, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian).

Kurang lebih 6 jam sampai pukul 14.30 tim assesor memverifikasi 8 standar tersebut dengan bijak dan ramah, dengan harapan yang sama yaitu mendapatkan nilai optimal untuk SMP Negeri 3 Cibadak yaitu menjadi SSN.

Berikut saya mencoba berbagi tentang Rubrik EDS yang harus disiapkan dan diisi secara akurat menuju SSN tersebut :

No comments: