Thursday, December 19, 2013

Seminar Sehari Pembuatan PTK Guru Matematika dan Bahasa Inggris Kabupaten Sukabumi

Seminar Sehari Pembuatan PTK Guru Matematika dan Bahasa Inggris Kabupaten Sukabumi
Oleh: Iwan Sumantri
Bertempat di SMP Negeri 3 Cibadak para Guru Matematika dan Bahasa Inggris yang tergabung dalam MGMP Matematika gugus Cibadak, MGMP Matematika gugus Cikembar dan MGMP Bahasa Inggris gugus Cibadak mengadakan seminar sehari dengan tema "Pembuatan PTK dalam Rangka Meningkatkan Profesionalisme dan Pengembangan Guru Matematika dan Bahasa Inggris".

Kegiatan seminar tersebut diselenggarakan dalam rangka menutup kegiatan MGMP di tiga gugus yang menyelenggarakan pengembangan karir PTK Dikdas tahun anggaran 2013.
 
Seminar sehari tersebut dikukuti seluruh anggota MGMP ketiga gugus yang berjumlah 90 orang guru Matematika dan Bahasa Inggris yang berada di gugus Cikembar dan Cibadak dengan guru-guru yang tersebar di sekolah-sekolah negeri dan swasta yang ada di kabupaten Sukabumi.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi P2TK Kabupaten Sukabumi bapak H.Drs. Ujang Syarief M.Pd. Dalam sambutan serta arahannya beliau menyampaiakan kegembiraannya dengan adanya seminnar sehari tersebut. 20 administrasi guru yang harus diasiapkan oleh para guru di kabupaten Sukabumi setidaknya sudah di penuhi oleh guru-guru yang tergabung di MGMP di ketiga gugus tersebut. selain itu beliau juga menyampaikan bagaimana tantangan guru kedepannya dengan adanya PKG (Penilaian Kinerja Guru) yang akan digulirkan 100% di bulan Juli 2014. Salah satu indikator dalam PKG adalah guru harus membeuat PTK atau Karya Tulis Ilmiah. Jadi kegiatan seminar ini sudah tepat keberdaannya dalam mensikapi aktifitas guru kedepannya.

Seminar sehari yang diselenggarakan oleh MGMP ketiga gugus tersebut menampilkan ketiga nara sumber (penulis).

1) Iwan Sumantri, S,Pd ( Guru SMP Negeri 3 Cibadak) memaparkan Karya Tulis Ilmiahnya dengan Judul:" Guru SMP Negeri 3 Cibadak Kabupaten Sukabumi Belajar Internet Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa, Kenapa Tidak?

2) Herni Satriawati,S.Pd ( Guru SMP Negeri 3 Cikembar) dengan Makalah Seminar tentang PTK dengan judul : " Meningkatkan kemampuan Pemahaman Matematika Peserta Didik Pada Materi Persamaaan Linear Satu variabel Menggunakan Alat Peraga Manupulatif"

3) Ramli Sofyan,S.Pd (Guru SMP Negeri 1 Cikidang) dengan Makalah Seminar tentang PTK dengan judul:" Penerapan Model Pembelajaraan Penemuan Terbimbing Pada Materi garis Singgung Lingkaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VIIIE SMP Negeri 1 Cikidang"

Para peserta seminar antusias sekali mendengarkan,menyimak dan berdiskusi untuk bertanya dan memberi masukan serta tanggapannya pada ketiga penyaji makalah tersebut. Banyak pembelajaran yang bisa diambil dari seminar sehari tersebut. Jika guru menyempatkan diri, punya niat, dan keinginan untuyk jadi guru profesional, Penelitian Tindakan Kelas ternyata bisa di dilakukan dan dibuat oleh para guru.

Akhirnya kegiatan selesai tepat pada pukul 15.00 dengan di tutup melalui kesimpulan akhir :
1) Untuk Jadi Guru Profesional salah satunya harus bisa membuat Karya Tulis Ilmiah/ PTK
2) Guru Harus Melek dengan Internet
3) Untuk mencerdaskan anak bangsa menjadi generasi emas, tentunya harus diawali oleh guru untuk cerdas menggunakan internet, cerdas membuat PTK/KTI dan menggali permasalahan-permasalahan dikelas untuk menjadi bahan kajian dan penulisan ilmiah.

Catatan:
Album Kegiatan seminar bisa dilihat disini !

No comments: