Senin, 22 April 2013

Serena Biskuit Untuk Alat Peraga Pembelajaran, Kenapa Tidak?


Dear Serena Biskuit,
Aku seorang guru Matematika di salah satu SMP Negeri di Sukabumi . Suatu hari, aku harus mengajarkan materi bangun ruang pada para siswa yang terdiri dari kubus, balok,tabung, prisma dan bangun ruang lainnya. Tak sengaja, ketika itu aku bersama keluarga ke supermarket, dan melihat kemasan unik Kukis dari Serena. Biasanya dikemas dalam wadah plastik ataupun kotak persegi namun ini berbeda. Dikemas dalam bentuk kubus dengan 6 sisi, setiap sisinya seakan-akan menjadi dadu dengan biji berupa kukis. Nah…di situlah muncul ide dan kreatifitasku. Kenapa tidak di manfaatkan Serena Broniz ini untuk menjadi media dan alat peraga dalam pembelajaran. Akhirnya aku membelinya.  Pas dan menarik sekali ini menurut ku.  Tersedia dalam tiga rasa, kemasan putih (coklat),kemasan coklat (kacang) dan yang terbaru kemasan warna hijau (kelapa), ketiga kemasan tersebut aku membelinya. Setelah di rumah, aku penasaran, aku coba ketiga rasa tersebut bersama keluarga…..wow nikmat sekali. Apalagi yang warna hijau dengan rasa kelapanya. Mudah-mudahan dengan rasa yang nikmat di rasakan oleh keluarga kami, juga bisa di nikmati oleh peserta didikku saat aku menerangkan materi bangun ruang di kelas nanti (harapanku dalam hati).
Esok harinya, aku berangkat kesekolah berbekal RPP dengan media dan alat bantu Serena Broniz.

Hari itu, kebetulan jam pelajaranku adalah jam pertama. Seperti biasa aku mengajar dengan pendahuluan dan apersepsi. Aku keluarkan Serena Broniz dalam tasku. Wow….peserta didikku kaget dan terkesima. Kok pak guru bawa biskuit ke kelas…apa mau jualan? (mungkin itu yang ada dalam pikiran mereka).
Aku berdiskusi dengan mereka tentang bangun ruang kubus dengan alat bantu serena bronis tersebut. Alhasil……mereka tertarik dan memahami materi bangun ruang tersebut.. Dalam diskusi itu, selain materi pembelajaran yang bisa mereka terima, juga sebagian siswa bisa merasakan nikmatnya serena broniz. Dalam diskusi, siapa yang bisa menjawab, saya beri satu isi serena borniz tersebut. Bisa di bayangkan bagaimana suasana pembelajaran dengan hadiah serena broniz yang bisa dinikmati langsung ,dengan kemasan yang unik yang membuat ketertarikan para siswa dan membuat penasaran.

Dear serena Biskuit,
Terima kasih, atas kemasan dan isi serta rasanya. Sehingga aku sekarang di kenal dengan guru Serena, sebutan yang menarik dan tak akan terlupakan dalam perjalanan hidupku jadi seorang guru.
Semoga kedepannya, serena biskuit bisa menginspirasi para guru dan siswa dalam KBM.

Jumat, 19 April 2013

Asyik APRIL, Tunjangan SERTIFIKASI Guru Cair!

Asyik APRIL, Tunjangan SERTIFIKASI Guru Cair! 
Oleh : Iwan Sumantri 

Memasuki bulan April puluhan ribu guru yang sudah tersertifikasi menanti akan nasibnya, bagaimana tunjangan sertifikasinya cair atau...?
Berikut, kami coba copy pasteken berita yang menggembirakan, setidaknya membawa angin segar buat guru yang sudah tersertifikasi . Beriku beritanya, yang di dapat dari sumber nya. 
Sambas – Mendikbud Muhammad Nuh mengatakan macetnya pencairan tunjangan profesi guru senilai Rp10 triliun yang dialokasikan untuk Tunjangan Profesi Pendidik (TPP), karena mengendap di rekening pemerintah kabupaten/kota (pemkab/pemkot).
Mendikbud menyatakan begitu setelah mendapat laporan tentang hal tersebut sehingga terlambatnya pencairan dana sertifikasi guru. Pihaknya telah membentuk tim pengusut. “Tim inilah yang nantinya mengecek masalahnya di mana, kalau diendapkan ya dicairkan,” ujar M Nuh.
Kedatangan Mendikbud Muhammad Nuh ke Sambas ternyata belum diperoleh kejelasan mengenai diblokirnya anggaran Kemendikbud oleh Menteri Keuangan hingga Rp62,1 triliun.
Lebih dari itu, tersendatnya pembayaran sertifikasi guru dan mengendapnya dana sertifikasi lima kabupaten di Kalbar di Senayan menurut Kadis Dikbud Kalbar, belum ada jawaban.
Hanya saja, ketika menyinggung sertifikasi guru dalam sambutan meresmikan Politeknik Negeri Sambas, Sabtu (9/3), Muhammad Nuh melempar janji.
Katanya, apabila pendataan tuntas, diperkirakan bulan April 2013 ini tunjangan sertifikasi guru cair.
“Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah membentuk tim untuk memproses tunjangan sertifikasi guru. Termasuk jika ada kemacetan pencairan tunjangan sertifikasi,” ungkap Mendikbud di Sambas, kemarin.
Mendikbud mengakui adanya keterlambatan bahkan masih simpang siurnya pelunasan dana sertifikasi guru.
“Sertifikasi guru tetap jalan terus. Saat ini kita bentuk tim terkait pencairan dana tersebut. Saat ini tim sedang melakukan pendataan dan validasi. Jika semua selesai, diperkirakan April ini sudah bisa dibayarkan,” ujar M Nuh.
Menyinggung soal tunjangan khusus guru perbatasan, Mendikbud meminta pembayaran tunjangan guru perbatasan agar dipermudah dan diperlancar. “Tunjangan guru perbatasan itu dibayar setiap triwulan sekali dengan besaran satu bulan gaji pokok,” katanya.
Karena itu ia menekankan agar masalah tunjangan tersebut diperhatikan dinas pendidikan kabupaten/kota wilayah perbatasan. Ia menegaskan, setiap guru yang bertugas di wilayah perbatasan otomatis menerima tunjangan khusus perbatasan.
“Semua guru yang bertugas di wilayah perbatasan diberikan tunjangan khusus guru perbatasan sebagaimana aturan berlaku,” ingatnya. (Muhammad Ridho)
Sekedar berbagi informasi, silahkan Ibu/Bapa guru CEK data pribadinya disini untuk info SK nya
Untuk LOGIN masukan NUPTK dengan Pasword : Tahun lahir bulan lahir tanggal lahir misalnya: 19750430.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat !  

Kamis, 11 April 2013

Data Penerima Tunjangan Profesi Guru SD dan SMP Kab.Sukabumi 2013

 Data Penerima Tunjangan Profesi Guru SD dan SMP Kab.Sukabumi 2013
Setelah jalan-jalan di dunia maya dan singgah di FB Forum Diskusi Pendidikan Kabsi, Bu Hellia  Mbu Yaya Khansa menggugah File berikut ini :
Data Penerima Tunjangan Profesi SD dan SMP berdasarkan hasil sinkronisasi Dapodik per 11 April 2013, (kategori Data : belum update, tdk memenuhi syarat, memenuhi syarat, siap SKTP dan Sudah SKTP /terlampir NO SKTPnya).
Setelah saya simak dan di teliti berikut isinya :
Berisi : Laporan Koreksi Data Tunjangan Profesi per tanggal 11 April 2013 dari Direktorat P2TK Ditjen Dikdas dengan katagori Data untuk Kabupaten Sukabumi :
Guru SD + SMP : 
Sudah Siap SK = 5.348 orang
Siap SK = 234 orang  
Memenuhi syarat = 254 orang
Tidak Memenuhi = 269 orang
Belum Update = 409 orang
Jumlah = 6.514 orang
Tunjangan profesi disalurkan kepada rekening guru yang memenuhi persyaratan antara tanggal 9 - 16 setiap triwulan (9 – 16 April 2013 untuk triwulan I, 9 – 16 Juli 2013 untuk triwulan II, 9 – 16 Oktober 2013 untuk triwulan III, dan 9 – 16 Desember 2013 untuk triwulan IV). Sebelum tunjangan profesi guru dicairkan, sebelumnya telah diterbitkan SKTP untuk satu tahun berjalan.
Jika SKTP anda sudah cetak, pencairan tunjangan sertifikasi tinggal menunggu waktu. Jadi bersyukurlah dengan rezeki yang akan diterima dengan tidak melupakan jasa operator sekolah yang mungkin belum pernah merasakan tunjangan profesi sebagaimana yang Anda alami.

Rabu, 10 April 2013

Solusi Nonton TV Online Pengganti Siaran TV Yang Diacak

Solusi Nonton TV Online Pengganti Siaran TV Yang Diacak
Oleh : Iwan Sumantri

Akhir-akhir ini para penggemar olahraga terutama Siaran Langsung TV tentang sepak bola terganggu kenyamanannya untuk bisa melihat langsung pertandingan-pertandingan sepak bola bermutu dan berkelas dibeberapa stasiun TV. Kita tak bisa lagi melihat pertandingan tersebut, karena siarannya di ganggu ( diacak) entah itu lewat parabola maupun TV kabel. 

Berikut salah satu solusinya adalah menonton lewat TV Online Streaming Indonesia. Lumayan kegemaran kita untuk menonton TV secara langsung bisa teratasi.
Silahkan di coba...mau TV yang mana sesuai jadwal pertandingannya. Selamat menyaksikan, di bawah ini !