Thursday, June 5, 2014

[Hari Ke-3 Gupres Provinsi 2014] : Wawancara Profesionalisme Guru

[Hari Ke-3 Gupres Provinsi 2014] : Wawancara Profesionalisme Guru
Oleh: Iwan Sumantri,S.Pd (Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)

Peserta Gupres SMP Tk.Prov 2014 (Foto Dok.One sm)
Kamis, 5 Juni 2014 adalah hari terakhir dalam seleksi Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat dengan materi uji adalah wawancara. Tidak seperti dua hari sebelumnya, di hari ketiga para peserta  berkompetisi dalam seleksi tersebut dengan materi wawancara sekitar komptensi keprofesionalan seorang guru yang meliputi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

Ketegangan dan rasa tidak tenang terlihat di 27 peserta yang mewakili utusan kota/kabupaten di Jawa Barat pada kegiatan wawancara tersebut. Tepat pukul 07.00 kegiatan tersebut di mulai dengan 3 orang juri yang pakar dibidangnya masing-masing. Dengan teknik di undi satu persatu para peserta memasuki ruangan wawancara secara bergiliran dengan materi kepedagogikan, kepribadian, sosial dan profesional.

Wawancara terasa penuh kekeluargaan yang diciptakan oleh ketiga juri. Dengan ramah dan penuh kekeluargaan para peserta sharing dan berbagi pengalaman selama menjadi guru. Pengalaman apa yang pernah dirasakan para peserta ketika melakukan proses belajar mengajar di kelas. Bagaimana tentang penilaian yang dilakukan oleh peserta selaku guru terhadap siswa. Bagimana sikap dan upaya yang dilakkukan para peserta dengan kurikulum 2013.

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki, para peserta menyampaikan pengalaman dan sharingnya selama jadi guru dengan gaya dan cara masing-masing. Para peserta berupaya untuk bisa tampil optimal dengan segala ilmu yang dimilkinya untuk menjadi guru profesional. Mulai dari komponen-komponen yang ada di KTSP, kode etik guru,pengembangan diri yang pernah dilakukan , bagaimana belajar di kelas dengan RPP yang dibuat, bagaimana hidup dan bersikap dimsyarakat, semua disharing dengan para juri yang merupkan para pakat dibidangnya.

Tepat pukul 12.00 kegiatan wawancara yang merupakan materi terakhir di seleksi Gupres 2014 selesai....tentunya disambut dengan segala ekspresi oleh para peserta, termasuk saya. Alhamdulilah saya menjalani wawancara dengan optimal.

Jumat, 6 Juni 2014...tepat pukul 10.00..rencana pengumuman peserta terbaik Gupres yang akan menjadi wakil provinsi ke tingkat Nasional.

Semua peserta berharap tentunya untuk menjadi yang terbaik dari para peserta terbaik yang mewakili kota dan kabupaten.

Sambil berdoa dan berharap tentunya....nama saya bisa muncul! Siapapun besok yang meraih peringkat 1....itulah yang terbaik pilihan para juri sesuai dengan aturan dan syarat yang diberlakukan !

Foto lengkap bisa dilihat disini !

No comments: