04 June, 2014

[ Hari Kedua GUPRES Provinsi] : Tes Tertulis dan Presentasi

[Hari Kedua GUPRES  Provinsi] : Tes Tertulis dan Presentasi
Oleh: Iwan Sumantri (Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)

Rabu, 4 Juni 2014 perhelatan seleksi guru berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat memasuki hari kedua dengan materi tes tertulis dan presentasi/ wawancara  untuk masing-masing tingkatan. Untuk tingkatan SMP yang saya ikuti dihri kedua pelaksanaan tes tertulis dan presentasi lebih kompetitif dan meneganggkan.

Pelaksanaan tes tertulis di mulai pukul 07.30 sd 09.30 dengan mengerjakan soal yang berjumlah 100 butir soal. Variasi soal meliputi implementasi kurikulum 2013 dan kemampuan guru di bidang komptensi pedagogik,kepribadian,sosial dan profesional.

Alhamdulilah saya mencoba untuk menjawab seoptimal mungkin sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang saya miliki, dengan harapan mendapatkan nilai optimal.

Tepat pukul 10.00 kegiatan seleksi guru berprestasi untuk tes tertulis selesai. Aktifitas berikutnya adalah presentasi para peserta untuk makalah dan karya inovatif yang telah dibuat sebelumnya di tingkat kota/kabupaten. 

Semakin ketat dan deg-degan para peserta sebanyak 27 orang yang mewakili kota dan kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat.
Presentasi menggunakan sistem undian dimana semua peserta punya kesempatan yang sama untuk tampil. Presentasi yang ditampilkan meliputi PTK, Best Practice dan Masalah Evaluasi Diri. Dengan segala kreasi dan inovatifnya para peserta mempresentasikan hasil karyanya dengan optimal semampu dan sebisa yang mereka miliki dan sudah dipersiapkan sebelumnya.

Saya kebagian presentasi ke-10 dari 27 peserta. Best Practice dengan judul " BEL ME LOG TWEET" yang saya presentasikan. Dengan segala kekurangan dan kemampuan yang saya miliki saya presntasikan makalah tersebut di hadapan 3 juri yang merupakan pakar-pakar pada bidangnya.

Dua puluh menit waktu yang diberikan ketiga juri. Saya manfaatkan waktu tersebut seoptimal mungkin. Hasilnya.......hanya juri yang tahu. Selaku peserta, saya hanya bisa berharap menjadi nilai yang optimal.
Presentasi usai tepat pukul 21.30......! Hari kedua seleksi Guru Berprestasi Tingkat Provinsi usai....dengan harapan yang sama dari semua peserta...mendapatkan nilai yang optimal!.

Foto aktifitas bisa dilihat disini !


No comments: