Wednesday, December 24, 2014

Lezatnya Membaca Buku Inspiratif : "Mendidik TIDAK BISA Mendadak, Mendadak TIDAK BISA Mendidik"

Lezatnya Membaca Buku Inspiratif : "Mendidik TIDAK BISA Mendadak, Mendadak TIDAK BISA Mendidik"
Oleh: Iwan Sumantri

"Lezatnya Baca Buku MTBM 2"
Cibadak, 24 Desember 2014, disela-sela mengisi liburan, saya mendapatkan sebuah buku inspiratif sebagai bingkisan dari hasil menulis di Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, karena artikelku "Menjadi Guru Berprestasi Adalah Cita-cictaku Sejak Kecil " terpilih menjadi artikel inspiratif pada lomba menulis Teruslah Menjadi Guru Yang Menginpirasi dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2014.

Melihat judulnya saja, " Mendidik Tidak Bisa Mendadak, Mendadak Tidak Bisa Mendidik" sudah menginpirasi buat para pembacanya. Buku ini penulisnya adalah Kang Sudarma, S.Pd,SST.MT.

Buku ini diawali dengan Sekapur Sirih para pakar pendidikan seperti OM JAY (Penulis buku-buku Kreatif), Kang Namin AB Ibnu Solihin (Penulis Buku Saya Mau Jadi Guru Go Blog dan Buku Mendidik Dengan Keteladan),  Ang Deden (Master Trainer Guru Asyik &Menyenangkan) yang menambah kekuatan isi buku ini. 

Ini sebagian isi buku MTBM2
Isi buku ini mengupas tuntas tentang bagaimana sosok guru sebagai pilar pembanguan bangsa, rumor guru tidak becus, bagaimana anak menjadi obyek kekerasan, fenomena bunuh diri dikalangan pelajar sampai stres yang dialami pelajar denagan segala penyebabnya. Yang paling menarik buat saya dari isi buku ini adalah pada Bab 3 sampai dengan Bab 5 yang membahas tentang Hypno For Edu, Materi Workshop H4E dengan slide materi-materi yang disajikan yang membuat pembaca asyik membacanya, ditambah dengan penutup Ice Breaker H4E...pokoknya buat saya selain menginspirasi tentunya menambah wawasan keilmuan untuk tetap menjadi guru yang bisa menginspirasi rekan lainnya. 

Terakhir...benar kata Om Jay, Mas Namim dan Ang Daden...Kang Darma adalah sosok guru inspiratif, bukunya adalah buku yang kreatif dan Inspiratif yang wajib di baca oleh para guru dinegeri ini, selain menambah keilmuan dalam mendidik anak, di buku ini juga banyak trik dan tips khusus dalam mendidik anak yang asyik dan menyenangkan....sehingga akhirnya memperkuat saya untuk tetap belajar menulis dan menulis sambil menunggu terbitnya buku saya " Bukan Mimpi Guru Jadi Blogger ", Mohon Doanya !