Sunday, March 29, 2015

Guru Menulis Tiap Hari, Kenapa Tidak?

Guru Menulis Tiap Hari, Kenapa Tidak?
Oleh : Iwan Sumantri (Guru SMPN 3 Cibadak)

Cibadak, Minggu, 29 Maret 2015. Sehabis shalat subuh berjamaah, saya mencoba menulis di hari libur? Kenapa harus menulis?  Berikut saya mencoba berbagi sesuatu dari manfaat menulis tiap hari. Ternyata menulis tiap hari itu mengasyikan selama menulis itu menjadi kebutuhan kita dan memiliki komitmen untuk tetap menulis dan menulis apa saja yang bisa kita tulis.

Guru? Siapa sih yang tak mengenal guru ! Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama,mendidik,mengajar,membimbing,mengarahkan,melatih,menilai dan mengevaluasi siswa pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru merupakan profesi yang mulia dan tertua yang ada di dunia ini. Jutaan guru sekarang ini menghias dan bertugas di negeri ini untuk mencerdaskan anak-anak bangsa agar kelak mereka menjadi generasi emas di negeri ini.

Banyak katagori guru yang kita kenal dan pahami sekarang ini dilihat dari keseharian guru melaksanakan tugasnya atau karakteristik kinerjanya. Dari sekian katagori guru tersebut semuanya tidak lepas dari aktifitas dalam menulis. Suka tidak suka, bisa tidak bsa, menulis adalah aktifitas sehari-hari yang harus di lakukan seorang yang menyandang gelar "GURU". Ibarat obat menulis adalah suplemen super yang harus ada disetiap aktifitas dan kegiatan seorang guru. Tanpa menulis seorang guru, rasa-rasanya gelar yang kita sandang "GURU" perlu dipertanyakan dan tidak pantas kita terima.

Komunitas Para Guru Yang Rajin Menulis (Foto Dok.Pribadi)


Saya yakin, semua guru akan berpendapat sama dengan saya: "Menulis itu Penting Bagi Guru". Tinggal ada kemauan ngga untuk merealisasikan dan mengaktualisasikannya dalam keseharian kita. Di era digital dan kemajuan teknologi sebenarnya banyal ruang, sarana dan fasilitas yang bisa kita manfaatkan untuk menulis.

Hasil Dari Guru Rajin Menulis (Foto Dok.Pribadi)
Menulislah di sosial media seperti FB,Twitter dan medsos lainnya, kenapa tidak? Kita harus ingat orang yang rajin menulis so pasti rajin membaca. Guru harusnya menyadari ini ! Banyak hal yang bisa kita rasakan dari manfaat menulis. 

Guru yang profesional salah satu syaratnya adalah guru yang bisa menulis dan membuat karya tulis ilmiah, bisa dibayangkan jika kita tidak rajin menulis ? Apa kata Dunia?

Jadi, Guru menulis Tiap Hari Kenapa Tidak?
Berikut saya coba berbagi sesuatu yang bermanfaat bagi guru yang suka menulis dan penyaluran hasil dari menulis :

Lomba Guru 2015

Tahun 2015 sudah memasuki bulan ke-3 akhir. Tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya banyak lomba yang hubungannya dengan tulis menulis yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kemendag yang bisa dijadikan ajang buat guru untuk menguji dan memcoba hasil tulisan kita di lomba:

  • 1. Lomba Kreatifitas Guru (LKG) kemdikbud
  • 2. Lomba Best Practice Guru Kemdikbud
  • 3. Lomba INOBEL Kemdikbud
  • 4. Lomba Artiklel Essai Kemdikbud
  • 5. Lomba Kreatifitas Guru LIPI
  • 6. Lomba Oliampiade Sains Nasional Guru Kemdikbud
  • 7. Lomba Olimpiade Seni dan Bahasa PASIAD
  • 8. Lomba Guru Berprestasi Kemdikbud
  • 9. Lomba Guru Berprestasi Kemenag
  • 10.Lomba Kreatifitas Guru Kemenag
  • 11. Lomba Guru Microsoft
  • 12. Lomba Menulis PTK Kemendikbud
  • 13. Lomba Guru Ngeblog
  • 14. Lomba lainnya yang hubungannnya dengan tulis menulis
Cari infonya lewat Mbah Google!
Jadi untuk para guru menulislah tiap hari, kenapa tidak?????

1 comment:

Dedeh Kurniasih said...

Wah Pak guru yang satu ini rajin menulisnya, semoga sukses Pak Guru !