Saturday, March 28, 2015

Masih Ada Nilai Karakter di Timnas U-23

Masih Ada Nilai Karakter di Timnas U-23
Oleh: Iwan Sumantri (Guru SMPN 3 Cibadak)

Sujud Syukur, Nilai karakter Yang Ada di Timnas U-23
Menyaksikan Tim Nasional U-23 proyeksi Pra-Piala Asia U-23 yang bertekad untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2016 terasa terulang kembali ke tahun 2013 saat timnas U-19 tahun berlaga saat mengalahkan Korea Selatan, walau hanya lewat layar kaca. Memori itu terulang lagi, bagaimana perkasanya Tim Nasional U-23 membantai dan mempora-porandakan sauadara muda kita Timor Leste 5 - 0 yang secara kualitas memang berada satu level dibawah Timnas kita. 

Pada laga perdana kualifikasi Group H tadi malam (Jumat malam) jika kita cermati para pemain Timnas U-23, mayoritas adalah mantan-mantan pemain Timnas U-19 seperti Evan Dimas, Muklish H, Hansyanmu,Ilhamnudin,I Putu Gede, dan yang lainnya yang sudah terbiasa bermain secara tim yang dilatih oleh Coach Aji Santoso. 


Ada yamg menarik dari pertandingan tadi malam, dengan bermain selama 90 menit, bukan hanya kemenangan telak yang bisa kita rasakan, jika kita cermati selaku pendidik, ada nilai karakter yang yang masih bertahan dan terlihat dalam Tim Nasional U-23. Berikut saya mencermati dan memberikan hal positip dilihat dari sifat karakter yang bisa saya lihat tadi malam yang secara kebetulan menonton pertandingan tersebut bersama sang buah hati, putra bungsu ku yang suka bermain bola.


1. Ada nilai Karakter Religius
Jika kita cermati, setiap memasukan gol ke gawang Timor Leste, mereka melakukan sujud syukur. Ini mencerminkan bahwa mereka memiliki nilai-nilai karakter religius, yang hampir tidak dilakukan oleh pemain bola lainnya ketika menciptakan gol.
M.Natsir Penjaga Gawang Timnas U-23 Sujud Sukur (Foto DokPribadi)

2. Ada Nilai Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air.
Lihat ketika Evan Dimas menciptakan Gol, dia mencium kaos sebelah kiri yang ada logo Garudanya, setelah itu dia sujud syukur. Ini mencerminkan nilai-nilai karakter  semangat kebangsaan dan cinta tanah air ada pada diri Evan Dimas dan kawan-kawan.
Semangat dan kegembiraan saat menciptakan gol (Foto Dok.Pribadi)

3. Ada Nilai Disiplin, Kerja Keras, dan Kreatif serta tanggung jawab
Disiplin, kerja Keras, dan Kreatif tentunya ada dan diperlihatkan pada pertandingan tadi malam, sehingga timnas U-23 bisa mengalahkan Timnas Timor Leste.
Saat Wasit Meniup Pluit tanda akhir pertandinga (Foto Dok.Pribadi)

4. Ada Nilai Cinta Damai dan Bersahabat/Komunikatif
Nilai Karakter cinta damai dan Bersahabat/Komunikatif muncul dalam pertandingan tersebut, bagaiman saat Evan Dimas dilanggar oleh Kapten timnas Timor Leste, dia hanya meluapkan amarahnya sesaat (walau sempat ada keributan kecil). Jika tak memliki karakter cinta damai tentunya akan lain hasilnya.
Saat Gol Masuk Kejaring Timnas U-23 Timor Leste (Foto Dok.Pribadi)

Itulah nilai-nilai karakter yang bisa saya amati, dicermati dan muncul  saat menonton pertandingan tersebut, mudah-mudahan kita bisa meniru, mengaktualisasikan, dan menerapkan dalam aktifitas kita selaku guru, bahwa menonton apa saja jika kita mau dan kreatif ada pembelajaran dari apa yang kita lihat.

Semoga bermanfaat !

1 comment:

Dedeh Kurniasih said...

Inilah implementasi pembelajaran karakter di luar sekolah ! Sukses Pak Guru !