Monday, March 30, 2015

Pembelajaran Logika Matematika

Pembelajaran Logika Matematika
Oleh: Iwan Sumantri (Guru SMPN 3 Cibadak)

Matematika bisa dikatakan sebagai dasar dari semua pelajaran. Hampir semua aspek kehidupan manusia tidak lepas dari angka dan perhitungan. Transaksi dalam bisnis,jual beli dalam perdagangan, dan jasa , estimasi dari pengukuran, semua memerlukan perhitungan. Belum lagi Matematika sebagai alat untuk melatih logika dan keterampilan berpikir. Itulah sebabnya metematika memegang peranan vital dalam kehidupan. Mengaplikasikan matematika dalam kehidupan adalah cara terbaik membuat maju sebuah negara. Internalisasinya dalam nilai-nilai kehidupan dapat menjadikan manusia menjadi mahluk yang cerdas, logis, realistis, akuurat dan tepat sasaran.

Ayo kita bermain Matematika !
Tiga orang anak ingin main bola. Karena bolanya belum ada, mereka sepakat untuk patungan membeli bola. Tiap anak megumpulkan Rp 1.000,oo. Berarti totalnya Rp 3.000,oo.

Karena tidak ada anak yang mau pergi untuk membeli bola, mereka sepakat menyuruh orang lain untuk membelikannya dengan imbalan. Ternyata harga bola hanya Rp 2.500,oo berarti sisa uangnya ada Rp 500,oo. Mereka berikan ke orang yang membelikan bola tadi Rp 200,oo. Sisanya jadi Rp 300,oo dikembalikan ke tiap anak masing-masing Rp 100,oo. Uang habis, bola didapat.

Namun setelah bermain mereka menghitung kembali .
Sebenarnya mereka hanya mengumpulkan uang Rp 900,oo. Karena Rp 1.000,oo - Rp 100,oo = Rp 900,oo. Berarti tiap anak patungan hanya Rp 900,oo dan total uang hasil patungan 3 x Rp 900,oo = Rp 2.700,oo. Bila ditambah uang imbalan Rp 200,oo menjadi Rp 2.900,oo.
Lalu kemanakah uang Rp 100,oo nya ?????.


1 comment:

Dedeh Kurniasih said...

sukses Pak guru belajar logikanya!