Tuesday, March 24, 2015

Pendidikan Karakter itu Masih Perlu

Pendidikan Karakter itu Masih Perlu !
Oleh : Iwan Sumantri (Guru SMPN 3 Cibadak)

Akhir-akhir ini kita disuguhi berbagai informasi dan fenomena karakter yang membuat kita para guru miris melihatnya. Mulai dari perselisihan para petinggi negara, korupsi, bahkan cara bicara para anggota dewan bisa kita simak dan cermati. Ini adalah konsumsi yang kurang baik buat kita dan tentunya anak-anak didik kita. 

Itulah sebabnya kita para guru harus tetap dan konsisten mengajar, mendidik dan melatih peserta didik dengan sistem among yang di terapkan oleh Kihajar Dewantara dalam bersikap dan menanamkan karakter pada peserta didik dengan sistem Amongnya : Ing Ngarso Sung Tuloda, Ing Madya Mangu Karso, Tut Wuri Handayani.

Karakter adalah watak,tabiat,akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak.

Kebajikan terdiri atas sejumlah nilai, moral, dan norma, seperti jujur, berani bertindak, dapat dipercaya, dan hormat kepada orang lain. Interaksi seseorang dengan orang lain menumbuhkan karakter masyarakat dan karakter bangsa. Pengembangan karakter bangsa hanya dapat dilakukan melalui pengembangan karakter individu seseorang. Karena manusia hidup dalam lingkungan sosial dan budaya tertentu, maka pengembangan karakter individu seseorang hanya dapat dilakukan dalam lingkungan sosial dan budaya yang bersangkutan. Artinya, pengembangan budaya dan karakter bangsa hanya dapat dilakukan dalam suatu proses pendidikan yang tidak melepaskan peserta didik dari lingkungan sosial , budaya masyarakat, dan budaya bangsa.

Lingkungan sosial dan budaya bangsa adalah Pancasila, jadi pendidikan budaya dan karakter bangsa haruslah berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

Pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah mengembangkan nilai-nilai Pancasila pada diri peserta didik melalui pendidikan berpikir, bersikap, bertindak, dan berempati.

Mudah-mudahan dengan tulisan ini kita para guru terbuka wawasannya bahwa ada tugas besar yang tak akan berhenti untuk kita para guru yaitu mengajar,mendidik dan melatih mereka untuk berkarakter sesuai dengan harapan bangsa dan negara Indonesia tercinta ini !

3 comments:

yusrizal panjaitan said...

Benar pak banyak hari ini siswa memiliki skill yang pintar tetapi kurang memiliki kepekaan terhadap sekitarnya.. maka karakter perlu dibangun kembali.. persiapkan siswa yang bukan melulu memiliki SKILL yang mumpuni...

salam Blogger dari Pembelajaran Online Guru Elektronik

Iwan Sumantri said...

@Yusrizal Panjaitan : Makasih Pak Guru Master SEO...setuju sekali dengan pernyataannya...ini semua tugas kita para pendidik di sekolah untuk menyiapkan generasi emas yang berkarakter kelak dikemudian hari !

Krani Pratiwi said...

Perlu Sekali Pendidikan Karakter itu ! Modal kaum muda untuk jadi orang yang berkarakter kelak....ngga kaya pemimpin2 kita yang so dan tinggi hati untuk korup !