Friday, March 27, 2015

Supervisi Kepala Sekolah Di PBM Iwan Sumantri

Supervisi Kepala Sekolah Di PBM Iwan Sumantri
Oleh: Iwan Sumantri (Guru SMPN 3 Cibadak)

Persiapan Sebelum di Supervisi
Cibadak, Kamis 26 Maret 2015 sesuai jadwal dan agenda kegiatan sekolah yaitu supervisi kelas oleh kepala sekolah, KBM Iwan Sumantri mendapat giliran untuk di supervisi.

Pada jam ke 5-6 untuk mata pelajaran Matematika di kelas 8A, PBM Matematika Iwan Sumantri Alhamdulilah mendapatkan giliran untuk disupervisi. Seperti guru lainnya jika akan disupervisi tentunya minimal kelengkapan proses pembelajaran harus lengkap. Diawali dengan diskusi kecil sebelum masuk kelas serta penyerahan RPP saya berbincang dengan kepala sekolah. Materi yang akan di sampaikan adalah Menentukan Nilai phi dan mencari luas kelilingf lingkaran dan Luas lingkaran dengen metode discovery learning yang di gabung dengan metode eksperimen.

Saat Siswa Mencoba Menemukan Rumus Luas Lingkaran (Foto Dok,.Pribadi)
Saat Siswa Diskusi Memecahkan Masalah (Foto Dok.Pribadi)
Tepat pukul 10.40, saya memasuki ruangan, seperti biasa untuk mengawali pembelajaran para siswa berdoa dipimpin salah seorang siswa. Setelah ini saya baru beraksi, mulai dari apersepsi, menyampaiakan tujuan pembelajaran, kegiatan ini, diskusi sampai penutup sesuai skenario yang telah disusun melalui RPP saya jalankan seoptimal mungkin. KBM berjalan sesuai dengan rencana yang saya susun. Pak Kepala juga mencermati dan mencatat aktivitas proses pembelajaran mulai dari guru, siswa, ineraksi dan aktifitas lainnya yang terjadi di kelas saat itu.

Tepat pukul 12.00 aktifitas PBM telah selesai dengan ucapan dan doa penutup pembelajaran. Supervisi juga selesai !

Berikut saya mencoba membuat catatan sekedar evaluasi dalam supervisi kelas :
1) Supervisi kelas jangan jadi hambatan dan  sesuatu yang menakutkan bagi guru, jalani,rasakan dan evaluasi apa mnfaat buat guru dan siswa.
2) Biasakan proses pembelajaran sehari-hari seperti kita akan di supervisi oleh kepala sekolah. Persiapan, pelaksanaan an evaluasi harus tetap dilakukan secara kontinyu dan konsisten.
3) Lengakapi administrasi guru (kuarang lebih ada 20 Admnistrasi Guru yang harus di lengkapi, bisa dilihat disini )
4) Jadikan hasil supervisi kelas raport pembelajaran di kelas yang harus bertambah nilai kualitas pengajaran di kelas dan adminitrasi KBM di kelas.
5) Disupervisi adalah salah satu jembatan kita untuk menjadi Guru Profesional.
6) Bersyukur kita di supervisi, karena dengan demikian kelebihan dan kekurangan kita tercatat dan jadi bahan evaluasi kedepannya !

1 comment:

Dedeh Kurniasih said...

Menarik sekali Pak Guru...supervisi bahan pembelajaran guru untuk meningkatkan profesi dan keprofesionalannya juga untuk evaluasi diri guru tersebut !