Monday, April 27, 2015

KSGN Tempatku di Dunia Maya

KSGN Tempatku di  Dunia Maya
Oleh : Iwan Sumantri (Guru SMPN 3 Cibadak)

Menjadi blogger sudah menjadi pilihan saya di dunia maya. Sejak tahun 2008 saya mengenal blog dan belajar menulis di blog. Ketika itu saya menulis di blog hanya sekedar menulis dan menulis saja. Seiring dengan perjalan waktu akhirnya dari hari ke hari saya mencoba memperbaiki diri, baik itu dalam cara menulis dan memposting di blog dengan seringnya berkunjung ke blog-blog lainnya. Dari situlah akhirnya saya bisa memperbaiki cara memposting dan menulis yang baik di blog.

Suatu ketika saya jalan-jalan di dunia maya, saya menemukan suatu komunitas yang bernama KSGN (Komunitas Sejuta Guru Ngeblog) . KSGN adalah sebuah gerakan baru di negeri ini, suatu komunitas para guru yang hobi ngeblog dan menulis.

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) yang di luncurkan oleh OM Jay (Wijaya Kusumah) bersama para pemenang guru era baru acer ini sepintas terlalu bombastis, dan tidak realistis.
Tidak mungkin dalam waktu sekejap dapat mengajak guru untuk ikutan ngeblog. Apalagi jumlahnya sampai 1.000.000 (satu juta). Tapi Om Jay bersama rekan lainnya yakin mimpi itu akan terwujud, dari 3 juta guru yang saat ini terdata menjadi guru, dari 220 juta penduduk Indonesia guru berada di dalamnya. Gerakan guru ngeblog harus terus disebarluaskan ke seluruh Indonesia. Beliau mengatakan :" sudah harus memulainya dari sekarang. Pencapaian sejuta adalah target kita. Mungkin di saat itu saya dan pengurus lainnya sudah tiada. Saya optimis, bila ada sejuta guru ngeblog dan guru menulis di blognya sendiri tentang dunia pendidikan, maka akan ada sejuta konten edukasi tersebar luas di kalangan pendidik sehingga ketergantungan guru kepada media arus utama yang terkadang sudah dikuasai penguasa, dapat diperkecil. Guru dapat saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalamannya amsing-masing melalui tulisan di blog.



Guru punya kekuatan dahsyat bila menulis di blognya sendiri. Tulisannya dapat dibaca oleh banyak orang tanpa harus khawatir idenya dibelenggu oleh pemimpin redaksi, sebab mereka adalah pemimpin redaksi bagi blog mereka sendiri. Mereka adalah para penguasa di blognya masing-masing" Itulah cita-cita Om Jay bersama para pendiri KSGN.

Dari situlah akhirnya, saya masuk dan ada di dalam komunitas tersebut.
Apa yang terjadi setelah ikut di KSGN ?

Sejak Pebruari 2014, kehidupan saya di dunia maya semakin bergairah dan termotivasi untuk selalu menulis dan menulis di blog, baik blog pribadi (http://iwansmtri.blogspot.com) maupun blog lainnya yang saya kelola seperti  : http://www.kompasiana.com/iwansumantris3; http://iwansumantris3.guru-indonesia.net ; web mobile :http://iwansumantri.mywibes.com ; http://iwansumantri.xtgem.com; web sekolah : http://smpn3cbd-citaidola.sch.id ; sosial media FB ( https://www.facebook.com/iwansmtri ), twitter ( @onesmmat) yang semuanya saya manfaatkan untuk pendidikan dan peserta didik.

Buku Karya Pribadiku, bisa di pesan disini

Bersama KSGN, saya bisa menulis dan membuat buku pribadi yang saya idam-idamkan selama ini, walau bukunya masih sederhana, tapi setidaknya sudah bisa mewujudkan cita-cita sejak kecil untuk bisa membuat buku. Selain itu, tentunya bisa bergabung dan saling berbagi bersama guru-guru kreatif dan motivator di negeri ini melalui KSGN tersebut.

Bersama kominitas di KSGN terasa better outside nya ! Bagaimana rasanya menjadi juara ngeblog, artikel kita terpilih jadi pemenang, dapat hadih jalan-jalan ke Bali bersama keluarga! Semuanya terasa membahagiakan dan membanggakan. Yang paling indah lagi, dunia maya bisa jadi dunia nyata. Bertemu dengan orang-orang hebat di dunia menulis, Om Jay, Pak Namin,dan yang lainnya, dan tentunya para pejabat di negeri ini seperti : Dr Wawan Setiawan,M.Kom Dosen TIK UPI, Prof.Dr.Ir.Ivan Hanafi,M.Pd dosen TIK UNJ, Dr.Ramon Mahondas kepala pusat Kurikulum dan perbukuan, Dra.Retno Listiyarti, M.Si Sekjen FSGI, Ir.Dedi Yudiant (Genta Foundation), Doni Koesoema A (Dewan Pakar FSGI), Indra Charismiaji (Eduspek Indonesia),M.Usman Tonda (Ketua PGRI DKI) di acara seminar nasional yang di prakarsai oleh KSGN.

Jadi sejak saat itu, tempat baruku ada di dunia maya bersama KSGN (Komunitas Sejuta Guru Ngeblog ),tempat yang juga berpengaruh dalam kehidupanku, setelah beraktifitas mengajar di kelas bersama anak-anak generasi emas di negeri ini !

#BetterOutside @BettterOutsideID

Bertemu Cesc Fabregas Tahun 2013 Karena Ngeblog
Salah Satu Agenda KSGN Yang Rutinas Tiap Tahun diadakan

Jadi Guru Berprestasi Tahun 2014 karena Ngeblog

Dapat Penghargaan 5 besar Guru Ngeblog Selama sepekan tahun 2015


2 comments:

ika sukmawati said...

Sukses Pak Guru !

Tutarni Aliya said...

Tutarni : Terima kasih atas tutorial yang sangat bermanfaat, saya akan mencoba semoga berhasil, mohon dibanyakin lagi tutorialnya ya...