Wednesday, April 1, 2015

#SatuMulai : Bermimpi Mengembangkan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media BEL ME LOG TWEET

#SatuMulai : Bermimpi Mengembangkan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Media BEL ME LOG TWEET
Oleh : Iwan Sumantri (Guru SMPN 3 Cibadak)

Bermimpilah agar kamu bisa mewujudkannya. 27 Tahun sudah saya sudah menjadi seorang guru, banyak sudah mimpi saya jadi kenyataan. Dulu semasa kecil ingin jadi guru, akhirnya tercapai sekarang. Dulu ingin bisa naik kapal terbang,akhirnya bisa kesampaian. Hampir disetiap mimpi yang saya cita-citakan, Alhamdulilah mimpi itu bisa kesampaian. 

Salah satu penunjang mimpi itu adalah kemajuan teknologi, salah satunya adalah dunia internet. Akses internet dijaman serba digital dan majunya teknologi mimpi apapun rasa-rasanya bisa kesampaian, dengan niat, cita-cita yang kuat, belajar,berusaha, dan selalu berdoa, Insya Allah apapun yang jadi mimpi kita akan jadi nyata.

Dengan keinginan dan harapan untuk mencerdaskan anak bangsa, saya mencoba ingi mengembangkan model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Media Bel Me Log Tweet .

Apa itu Flipped Classrom ?
Seperti namanya Flipped Classroom adalah model pembelajaran yang membalik gaya belajar tradisonal/konvensional, yang biasanya siswa belajar di dalam kelas, dalam Flipped Classroom siswa terlebih dahulu belajar dirumah dengan melihat dan menyaksikan video pembelajaran yang sudah disiapkan oleh guru, kemudian untuk belajar dikelasnya, para siswa hanya untuk diskusi dan mengerjakan tugas.
Tentunya Model Pembelajaran Flipped Classroom ini memerlukan media yang bisa diakses, salah satunya adalah internet yang bisa membantu mengakses video secara online (misalnya melalui youtube.com).

Untuk medianya saya mencoba dengan " BEL ME LOG TWEET " ( Belajar Melalui Blog dan Twitter). Dua media belajar ini tentunya bisa diakses melalui internet.

Alur model pembelajaran Flipped Classroom yang akan saya kembangkan adalah sebagai berikut :


Gambar 1 : Blog PBM Matematika Iwan Sumantri (http://iwansmtri.blogspot.com) adalah media pembelajaran yang berupa Blog yang bisa diakses oleh para siswa untuk melihat video atau bahan ajar yang harus di pelajarai dan disimak di rumah masing-masing siswa ( bisa diakses melalui PC atau HP yang bisa internetan tentunya)

Gambar 2 : Video tayangan  yang ada di blog yang disipkan oleh guru (saya) (contohnya disini )

Gambar 3 : Menu /isi materi yang ada di video (contoh nya disini )

Gambar 4: Proses Pembelajaran di kelas ( diskusi dan menyelesaikan tugas)

Gambar 5 : Media atau alat peraga yang disiapkan untuk PBM di dalam kelas

Gambar 6: Media Sosial Twitter ( @onesmmat) yang harus di follow oleh para siswa untuk mengumpulkan atau meyelesaikan/menjawab tugas dengan # enass39A 1; #Enass39D1 dan lainnya.(contohnya disini )

Nah...itulah MIMPI SAYA untuk mengembangkan Model Pembelajaran Flipped Classroom dengan Media BEL ME LOG TWEET (Belajar Melalui Blog dan Twitter) yang aksesnya tentu dengan bantuan INTERNET. Kenapa kita tidak memulai dan memanfaatkan Akses Internet ini untuk pembelajaran Siswa guna menciptakan generasi emas di masa mendatang untuk negeri ini.

#SatuMulai #AndroidOne

3 comments:

Veni Astia Ningrum said...

Pak...Saya mau mencoba untuk bidang studi IPA dan KIMIA di SMK. ..bisa yah pak?

Dedeh Kurniasih said...

kren sekali pak guru inovasinya, semoga sukses !

Veni Astia Ningrum said...

Pak...Saya mau mencoba untuk bidang studi IPA dan KIMIA di SMK. ..bisa yah pak?