Saturday, September 12, 2015

Proses Pembelajaran Abad 21 dengan "BEL ME LOG TWEET"

Proses Pembelajaran Abad 21 dengan "BEL ME LOG TWEET"
Oleh : Iwan Sumantri (Guru Matematika SMPN 3 Cibadak)


Tantangan Pendidikan Era  21 menurut rektor UPI yang merangkap sebagai Ketua Majelis Eksekutif Asosiasi LPTK Indonesia Bapak Sunarto Kartadinata adalah (1) Komunitas manusia menjadi satu; (2) Keterpaduan hidup,belajar dan bekerja; (3) Keunggulan Individualistik dan Partisipatoris; (4) Belajar Sepanjang dan sejagat Hayat; (5) Individu Warga masyarakat masa depan :-mengahrgai keragaman,- karakter dan ketaqwaan,- kecakapan hidup,- penguasaan ilmu dan teknologi; (6) Pendidikan Bermutu dan Pendidikan Guru. 

Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan Negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan untuk itu setiap waraga negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama, dan gender. Pemerataan dan mutu pendidikan akan membuat warga negara memiliki keterampilan hidup (life skill) sehingga memiliki kemampuan mengenal dan mengatasi masalah diri dan lingkungannya, mendorong tegaknya masyarakat madani dan modern yang dijiwai nilai-nilai Pancasila.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Bab. I Pasal 1 ayat (1) menjelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Potensi diri yang dikembangkan diharapkan dapat menjawab setiap permasalahan dan tantangan pada zamannya. Atas dasar tersebut diatas, saya mencoba melaksanakan proses pembelajaran di era 21  ini dimana sarana teknologi yag sudah memadai dan begitu maju serta serta digital yaitu dengan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dengan "BEL ME Log Tweet" (Belajar Melalui Blog dan Twitter) pada proses pembelajaran matematika.

Bagaimana penerapannya?
1) Siswa belajar di rumah dengan video-video pembelajaran yang sebelumnya di siapkan oleh guru

2) Video-video tersebut bisa di download di Blog Pribadi Guru ( PBM Matematika Iwan Sumantri / http://iwansmtri.blogspot.co.id/2015/07/video-pembelajaran-ala-one-sm.html) atau di youtube dengan url https://www.youtube.com/user/iwansmtri 

3) Siswa belajar di rumah dengan video-video tersebut sesuai dengan materi yang akan di pelajari di kelas
(Flipped Classroom)

4) Guru dan siswa melaksanakan proses pembelajaran di kelas sessuai RPP dan skenario pembelajaran yang sudah disiapkan oleh guru.

5) Tugas dan Pekerjaan rumah para siswa di kirimkan ke akun Twitter @onesmmat dengan hastag

  • #Tugas19ASMPN3 
  • #Tugas19BSMPN3 
  • #Tugas19CSMPN3 
  • #Tugas19DSMPN3 
  • #Tugas19GSMPN3 
  • #Tugas19HSMPN3 
dan seterusnya sesuai dengan tugas tinggal mengganti 1 dengan 2, untuk bisa melihatnya harus memiliki akun twitter.


Berikut aktifitas siswa dalam proses pembelajaran Flipped Classroom dengan "Bel Me Log Tweet" tersebut :
1) Video Pembelajaran ada disini
2) Kumpulan Tugas siswa ada disini : (untuk bisa melihatnya harus memiliki akun twitter)
3) Aktifitas siswa belajar di rumah bisa di lihat disini :
4) Kesan pesan para siswa selama proses pembelajaran bisa di lihat disini:
Demikian sekilas tentang proses pembelajaran sederhana yang memanfaatkan teknologi ICT di era 21 saat ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi !

No comments: